Kamu Mau Pasang Kawat Gigi? Coba Pertimbangkan 4 Hal Ini Terlebih Dahulu!

  • Whatsapp

Kawat gigi atau biasa disebut sebagai behel adalah alat berbasis kawat yang digunakan oleh ortodontis untuk memperbaiki gigi atau rahang yang tidak rata dan gigi yang bertumpuk. Banyak orang yang memakai kawat gigi di usia remaja untuk memperbaiki gigi mereka.

Kalau SmartGirl punya rencana untuk memakai behel, pertimbangkan dengan matang apakah hal itu merupakan keputusan terbaik kamu. Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan kawat gigi, mari kita lihat beberapa kelebihan dan kekurangan memakai kawat gigi berikut ini. Disimak baik-baik yaa!

Read More

  1. Memakai kawat gigi berarti harus siap-siap merasa tidak nyaman.

copyright by mydental.ie

Rasa tidak nyaman ini cukup bervariasi pada tiap individu. Secara umum, gigi mungkin akan terasa sedikit sakit, sedikit longgar, dan kurang memiliki tenaga untuk menggigit pada beberapa hari pertama.

Bagian dari behel dapat menggesek bibir, pipi, atau lidah sehingga menyebabkan nyeri. Terkadang, ada orang yang mengalami sariawan. Selain itu, kamu mungkin juga akan mengalami peningkatan air liur dan sedikit kesulitan untuk berbicara.

  1. Selain merasa tidak nyaman, ternyata behel di gigi menyebabkan pemendekkan akar gigi!

copyright by gulalives.com

BACA JUGA :  Kamu Muslimah Berhijab dan Suka Travelling? Ini 5 Tips Agar Ibadahmu Tidak Terlewatkan

Resorpsi akar adalah pemendekan akar gigi. Beberapa pasien ortodontik cenderung untuk memiliki masalah ini. Perubahan pada panjang akar ini merupakan hal yang normal dalam perawatan ortodontik dan biasanya tidak menyebabkan efek buruk jangka panjang pada mulut yang sehat.

  1. Yang ketiga, kamu akan sering merasakan sariawan dan cedera di dalam rongga mulut.

copyright by www.georgeherald.com

Karena kawat gigi menutupi gigi kamu, maka benturan atau pukulan yang mengenai mulut dapat menggores atau bahkan menggores bagian dalam bibir atau pipimu. Kawat dan bracket yang longgar atau rusak dapat menggores dan mengiritasi pipi, gusi, atau bibir. Ikuti saran dokter gigi ya SmartGirl  perihal kebiasaan makan yang baik atau kebiasaan lainnya untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya cedera.

Tapi tenang aja SmartGirl dibalik itu semua, terdapat banyak manfaat kok kalau kamu memang memutuskan untuk memakasi kawat gigi. Ini dia beberapa manfaatnya:

  1. Dengan memakai kawat gigi, maka secara otomatis kamu menjaga kesehatan gigimu.

sacramentodentistry.com

Masalah ortodontik seperti gigi tidak rata, plak, gigi tidak beraturan, pola gigitan yang tidak benar, bakteri, penyakit gusi, dan lain-lain dapat diatasi dengan penggunaan kawat gigi. Behel akan menyelaraskan struktur gigimu dengan cara yang paling tepat dan hal ini dapat meningkatkan kebersihan gigi kamu.

  1. Dengan kawat gigi, kamu akan menyelesaikan masalah makanan dengan gigi kamu.

copyright by www.vemale.com

Banyak orang yang menghadapi kesulitan dalam mengunyah atau menggigit makanan mereka. Hal itu disebabkan oleh gigi yang tidak rata. Jika hal tersebut tidak diperbaiki, maka akan menyebabkan masalah gizi dan pencernaan. Oleh karena itu, SmartGirl dapat memakai behel untuk menyelesaikan masalah makananmu. Banyak orang yang menghadapi kesulitan dalam mengunyah atau menggigit makanan mereka. Hal itu disebabkan oleh gigi yang tidak rata. Jika hal tersebut tidak diperbaiki, maka akan menyebabkan masalah gizi dan pencernaan. Oleh karena itu, kamu bisa memakai behel untuk menyelesaikan masalah makananmu.

Related posts