Connect with us

Smartnews

31 Pekerja Dibunuh KKB di Papua: Kasus Ini Harus Dikupas Tuntas!

Okti Sulisnia

Published

on

http://lampung.tribunnews.com

GIRLISME.COM – Sebanyak 31 pekerja jembatan di Jalan Trans Papua di Kabupaten Nduga tewas dibunuh oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Memang sudah lama mereka (KKB) memberikan ancaman akan membunuh orang yang lewat dari jalan tersebut,” kata Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Piter Reba, Selasa (4/12/2018).

Pembunuhan tersebut dilakukan lantaran salah satu pekerja mengambil foto saat para anggota KKB sedang merayakan HUT Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM), pada 1 Desember kemarin. Hal tersebut kemudian diketahui oleh anggota KKB dan membuat mereka marah dan membunuh para pekerja tersebut.

“Informasi yang kita terima, di saat KKB merayakan peringatan hari OPM/TPN pada 1 Desember 2018, salah satu dari pekerja mengambil foto. Hal itu kemudian diketahui oleh kelompok KKB, yang membuat mereka marah dan mencari orang yang mengambil foto hingga berimbas pada pekerja lainnya yang ada di kamp pembangunan jembatan,” jelas Yan Reba.

http://banjarmasin.tribunnews.com

Anggota KKB tersebut diperkirakan sekitar 200 orang dengan kelengkapan senjata api dan senjata tajam.

“Mereka ada sekitar 200 orang dan memiliki senjata api dan senjata tajam. Hanya, saya belum tahu berapa jumlah senjata api,” ujarnya.

Mendengar berita tersebut, Presiden Joko Widodo meminta agar seluruh pelaku penembakan di Trans Papua ditangkap dan kasus tersebut ditumpas hingga ke akarnya.

“Saya juga telah memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri untuk mengejar dan menangkap seluruh pelaku tindakan biadab dan tidak berperikemanusiaan tersebut,” kata Presiden Jokowi dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (5/12/2018).

“Kita akan tumpas mereka sampai akar-akarnya,” tegasnya.

Selanjutnya, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengungkapkan bahwa saat ini sebanyak 154 personel gabungan dari TNI dan Polri telah dikirim untuk mengamankan lokasi penembakan pekerja proyek jembatan di jalur Trans Papua. Moeldoko ingin masyarakat setempat merasa aman.

“154 TNI-Polri dikirim untuk pemulihan. Kita tidak ingin masyarakat di sana merasa situasi tidak menentu. Merasa tidak aman dan nyaman,” ucap Moeldoko kepada wartawan di kantornya, Jalan Veteran, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Okti Sulisnia
Content Writer, Books Enthusiast, Public Relations
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending