Inilah Waktu Bertemu Wewe Gombel, Kamu Sudah Tau?

  • Whatsapp

Smartgirl, legenda yang satu ini sepertinya hadir di beberapa bagian daerah di Indonesia. Yaitu mengenai larangan bagi anak-anak untuk keluar bermain jika waktu Maghrib tiba. Dengan kata lain, mereka harus sudah di rumah masing-masing saat waktu senja datang. Yang membuat unik legenda ini adalah penggunaan salah satu tokoh seram khas Indonesia, yaitu Wewe Gombel.

1. “Jangan main pas waktu Maghrib. Nanti disembunyiin Wewe Gombel!”

Di Indonesia, kita terbiasa dengan kisah-kisah seram, dan segala sesuatu tentang makhluk tak kasat mata. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari pun, kita benar-benar menganggap bahwa kita sungguh hidup berdampingan dengan mereka.  Dan ini mengakibatkan hal-hal mengenai mereka, juga mempengaruhi hal-hal yang kita lakukan. Salah satunya masalah waktu bermain, sehingga muncullah si legenda ini.

Read More

2. Wewe Gombel itu apa sebenarnya?

Ssosok seram ini sebenarnya merupakan salah satu hantu yang berasal dari Tanah Jawa, yang digambarkan seperti nenek-nenek dengan payudara yang panjang dan mengganung. Hadirnya Wewe Gombel ini dikatakan adalah untuk menculik anak-anak yang terlantar dan tidak diurus oleh orangtuanya. Namun walaupun diculik, konon Wewe Gombel tidak akan mencelakai mereka. Malahan akan dikembalikan kepada orangtuanya jika sudah tersadar akan kelalaiannya pada anak-anaknya.

BACA JUGA :  Eksorsisme Itu Apa? Kok Di Film-film Kayak Serem Banget! Ini Penjelasannya Smartgirl, Bikin Kamu Nggak takut Lagi!

3. Jangan keluar malam, banyak binatang buas

Ada dua alasan mengapa akhirnya kisah Wewe Gombel dan waktu Maghrib ini menjadi laris di Indonesia. Pertama, adalah ketika zaman itu waktu malam adalah saat-saat yang rawan, sebab dikhawatirkan adanya binatang buas yang berkeliaran. Kemudian adanya tindak kejahatan yang juga begitu identik kejadiannya ketika hari sudah mulai gelap. Itulah sebabnya mengapa kita—anak-anak—ketika itu terpaksa diminta pulang dengan legenda ini, untuk menghindari hal-hal buruk yang kemungkinan terjadi, jika saja kita bermain hingga petang.

4. Kalau tidak becus menjaga anak, akan digantikan oleh Wewe Gombel

Walaupun legenda ini diturunkan dari orang tua ke anak-anak, namun sebenarnya pesan yang ada di dalam kehadiran Wewe Gombel ini juga ditujukan bagi para orangtua. Perhatian orangtua kepada seorang anak merupakan hal yang sangat penting. Karena hal-hal buruk yang menimpa seorang anak tidak akan terlepas dari seberapa besar perhatian yang diberikan oleh orangtua kepadanya. Karena itulah, bahkan sampai dihadirkan tokoh mistis yang menggambarkan bahwa, bahkan makhluk gaib pun terkadang lebih becus untuk memperhatikan anak-anak dibandingkan orangtuanya sendiri.

Jadi itu penjelasannya smartgirl, kenapa legenda wewe gombel masih melekat di masyarakat! Apa keluarga kamu termasuk yang mengamini legenda wewe gombel ini? Like dan Komen ya! 🙂

Editor : Syifa Rosyiana Dewi

 

Related posts