Udah Ngapain Aja di Tahun 2017? Ini 5 Alasan Kenapa Self Reflection adalah Hal Pertama yang Harus Kamu Lakukan di Tahun 2018!

  • Whatsapp

Nggak terasa setahun sudah berlalu ya Smartgirl. Banyak kejadian yang sudah kamu lewatin, kejadian sedih, bahagia, membingungkan, dan sebagainya. Tahun baru udah datang aja saat ini, dan artinya kamu harus bisa memulainya dengan hal-hal yang lebih baik. Gimana ya caranya memulai dengan lebih baik? Jalannya adalah self reflection atau refleksi diri. Yuk, Girisme jelasin pentingnya self reflection buat hidupmu di 2018 ini!

1. Mengizinkan kamu untuk menyadari kesalahan-kesalahan yang kamu lakukan…

http://sailmates.org

Read More

Refleksi diri ini mengizinkan kamu untuk menyadari langkah-langkah keliru yang telah kamu ambil. Entah itu dalam urusan kerjaan, cinta, pertemanan, ataupun prinsip yang kamu tetap pegang selama ini. Ketika kamu memikirkan lagi mengenai kesalahan-kesalahan tersebut, kamu secara nggak langsung mengakuinya sebagai sesuatu yang harus diperbaiki. Kamu menemukan letak kelirunya, dan kedepannya kamu paham bahwa itu adalah hal buruk untukmu.

2. Refleksi memberikan gambaran hidup yang lebih besar…

https://www.pexels.com

Self reflection ngizinin kamu untuk merangkum hidupmu, layaknya sebuah resume. Kamu jadi lebih mengetahui hidupmu secara seluruhnya. Hal ini yang bakal ngasi kesempatan ke kamu untuk tahu dimana kurangnya, dimana hal-hal yang sudah cukup, dan ke depannya kamu ingin melakukan apa. Biasanya jika nggak melakukan refleksi ini, kamu nggak akan ngeh perjalananmu selama setahun yang lalu sudah seperti apa. Dan karena itu kamu juga luput untuk set goal terbaru kedepannya.

BACA JUGA :  Bosan dengan Gaya yang Itu-itu Aja? Mending Kamu Coba Deh 5 Gaya Cewek Korea yang Super Cute Ini!

3. Berhenti mengkhawatirkan hal-hal yang memang bukan dalam kontrolmu…

https://weheartit.com

Badai pasti berlalu yaa Smartgirl.

Refleksi di tahun sebelumnya adalah bukti nyata dimana hal-hal yang kamu anggap berat dan nggak mungkin berlalu, nyatanya terlewati juga. Refleksi ngasi kamu gambaran bahwa di tahun berikutnya nanti, kamu nggak perlu khawator pada hal yang sama, sebab memang ada beberapa yang bukan kuasamu untuk menentukannya…

4. Kamu mampu mendefinisikan kebahagiaanmu…

https://ghandar.wordpress.com

Waktu yang mana yang paling kamu ingat?

Momen apa yang kamu sangat sukai?

Orang-orang yang mana yang membuatmu terkesan dan bahagia?

Self reflection ngebantu banget kamu untuk bisa tahu tentang kebahagiaan dan orang-orang terdekat yang selalu peduli. Sehingga kedepannya kamu tahu bagaimana cara mendapatkan kebahagiaan itu lagi. Kamu tahu sumber energi positifmu ada di mana, dan bagaimana cara mendapatkannya lagi.

5. Coba lagi jalan lain…kalau jalan kemarin belum berhasil…

https://www.huffingtonpost.com

Refleksikan jalan-jalan yang sudah kamu coba ambil, apakah berhasil atau belum. Kedepannya kamu bisa mencoba jalan lainnya, sehingga kamu bakalan nemu hasil yang beda. Banyak jalan menuju roma, dan kuncinya adalah relfeksi diri yang baik.

Koreksi diri adalah hal yang wajib kamu lakukan, sebagai pengingat akan tujuan-tujuanmu yang belum tercapai, pengingat kesalahan hingga kedepannya jangan diulangi lagi, dan juga pengingat betapa berharganya momen-momen yang sudah kamu miliki selama 1 tahun ini. Menyadari abhwa suatu anugerah ketika kamu mampu melewti semuanya dan bertahan hingga saat ini. Yuk semangat lagi untuk petualangan baru!

Related posts