Pindah ke Kantor Baru Bikin Keder? Santaaai, Ayo Mulai Hubungan dengan Rekan Kerjamu Lewat 5 Hal Menarik Ini!

  • Whatsapp

Sosialisasi merupakan hal yang penting banget ya Smartrgirl. Saking pentingnya, kamu harus bisa lakukan hal ini setiap hari dengan orang-orang di sekitarmu. Begitu juga kalau misalnya kamu baru aja pindah ke kantor baru, ninggalin tempat kerjamu yang lama. Kamu harus bisa membaur dan nyoba bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di sana. Tapi biar nggak kagok dan keder gimana ya? Biar sosialisasinya nggak lebay gitu?

1. Bangun PD mu lewat outfit yang chic!

https://www.huffingtonpost.com

Read More

Salah satu aspek yang bakal bikin kamu bisa ngeblend atau membaur di kantor pada hari-hari pertama adalah dengan berusaha terlihat normal. Normal di sini artinya kamu nggak salah kostum ketika berangkat ke kantor. Memulai sosialisasi di tempat baru, kamu bisa tingkatkan rasa percaya dirimu dengan menggunakan setelan pakaian yang nyaman, enak dipandang, dan juga sesuai dengan lingkungan kamu berada. Jadinya kamu nggak bakal merasa insecure atau nggak punya nyali buat memulai percakapan. Kamu akan fokus ke lingkunganmu, ketika memang kamu nggak perlu khawatir tentang pakaianmu.

2. Manfaatkan sesi kenalan sebaik mungkin!

https://www.towershotelsorrento.com

Ada kalanya perkenalan anak baru di kantor diumumkan oleh bagian HRD di dalam suatu forum. Jika kamu berada di situasi ini, maka jangan sampai kamu lewatkan ya Smartgirl. Gunakan sebaik mungkin untuk mulai membranding dirimu. Kamu bisa branding dirimu sebagai seseorang yang santai, punya pembawaan yang tenang, pekerja keras, atau seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkngannya. Nah, dalam sesi ini juga kamu bisa memperhatikan karyawan-karyawan lain yang ada di perusahaan itu, untuk selanjutnya bisa kamu ajak ngobrol di kesempatan lain.

BACA JUGA :  Raih 31 Emas, Atlet Indonesia Penuhi Target Kemenpora Pada ASEAN School Games (ASG) 2018

3. Santaai. Nggak usah antusias berlebihan…

https://ocean.ie

Biasanya kalau kamu berada di kantor baru, kamu bakalan merasa antusias nih untuk bangun percakapan-percakapan baru. Kamu tertarik buat cari tahu banyak hal, baik itu tentang spot-spot di akntor ataupun tentang rekan kerjamu. Dalam melakukan hal ini, kamu baiknya bisa memberi rem ya Smartgirl. Jangan terlalu lebay atau kelewat proaktif dalam memulai pembicaraan, karena bisa jadi jatuhnya kamu curcol, dan terlalu banyak bicara. Jaga juga volume suaramu agar nggak over atau naik dengan berlebihan. Kamu lebih baik ada di pihak yang mengamati dan mengobservasi, darpada jadi tipe yang sangat menunjukkan antusiasme.

4. Siapin tema untuk bangun obrolan ya!

https://www.huffingtonpost.com

Nah, ini penting juga nih, Smartgirl. Kamu bisa mulai untuk membangun percakapan dengan tema-tema yang ringan dulu. Jauhi hal-hal yang sensitif, layaknya bahasan yang mengandung SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan). Kamu bisa angkat perbincangan tentang berita yang sedang booming, isu-isu yang berkaitan dengan kerjaan, ataupun mungkin tentang hobi satu sama lain.

5. Pastikan kamu bersikap sopan ke setiap orang…

Jangan pilh-pilih ya, kamu harus mencoba untuk sopan ke siapa aja, bukan hanya pada atasan. Ketika kamu berpapasan dengan orang kantor, usahakan kamu memberikan senyuman yang ramah kepada mereka. Hal ini baik untuk memulai perkenalan dirimu, agar mereka mulai menyadari keberadaanmu di sana. Kalau memungkinkan, kamu juga bisa menciptakan basa-basi yang ramah, untuk membangun percakapan ringan di antara kalian.

Nah itu dia 5 hal tentang kerjaan baru, karyawan baru, dan sosialisasi yang nggak kagok ya Smartgirl. Intinya selalu mencoba untuk jadi seseorang yang berusaha membuka diri dan mau belajar, agar kamu juga gampang menerima dan mencari tahu tentang budaya kerja di kantor barumu. Selamat bekerja!

BACA JUGA :  Rencana Pembatasan Jam Kerja Ojek Online Dibatalkan

Related posts