Kamu Ngaku Pecinta Mie? Sudah Mencoba 5 Macam Mie Ini Belum?

  • Whatsapp

Bisa dibilang, mie adalah jenis karbohidrat favorit masyarakat Indonesia untuk menggantikan nasi. Teksturnya yang kenyal dan lembut cocok dipadukan dengan beraneka bahan dan bumbu khas nusantara. Bahkan, warung makan atau restoran yang mengunggulkan mie sebagai menu utama pun mulai menjamur di Indonesia.

Dari sisi sejarah, mie memang bukan bahan asli Indonesia. Bangsa Tionghoa mengenalkannya pada masyarakat asli Indonesia sejak puluhan tahun lalu. Karena keterbukaan masyarakat kita pada bahan-bahan makanan baru, mie tersebut pun diolah dan disesuaikan dengan lidah Indonesia. Uniknya, beberapa daerah di nusantara punya ciri khas hidangan mie yang unik dan tentunya menggoda untuk dicoba. Penasaran apa saja macamnya? Simak daftarnya berikut ini ya SmartGirl!

Read More

  1. Dijamin Mie Aceh akan menggoyang lidah Kamu, SmartGirl!

copyright by www.rumahmesin.com

Serambi mekah di ujung pulau Sumatera ini punya mie yang sangat populer. Mie aceh sudah banyak dijajakan di luar provinsinya dan terkenal dengan bumbu rempah yang pedas. Mie ini terbuat dari mie kuning yang ditumis dengan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, adas, jinten, kapulaga, dan cabai. Selain bumbu, mie aceh juga diberi campuran udang, cumi, dan irisan daging sapi, tapi ada juga yang memakai daging kepiting, nih. Mantap, kan? Apalagi penyajiannya didukung acar dan emping, dijamin bikin perut kenyang dan puas, deh! Nah kalau beli di restoran Aceh, kamu bisa request apakah mienya mau digoreng kering, tumis dengan sedikit kuah, atau berkuah.

  1. Tak kalah dengan Mie Aceh, Mie Celor khas Palembang juga juara rasanya!

copyright by www.travellingyuk.com

BACA JUGA :  Bosan Dengan Tampilan Brownies yang Gitu-Gitu Aja? Ini 3 Resep Brownies yang Unik!

Bergeser sedikit ke bagian selatan pulau Sumatera, SmartGirl bisa menemukan mie celor khas Palembang. Sepintas saya kira mie ini didominasi oleh telur (dari kata “celor”), tapi ternyata sajian mie kuning ini lebih menonjolkan citarasa seafood yang kuat. Maklum, daerah Sumatera Selatan memang kaya akan hasil lautnya. Uniknya lagi, mie kuning sebagai bahan dasar sajian ini dimasak terpisah dengan kuahnya. Kuah mie celor terdiri dari santan, terigu, kuah kaldu udang, dan bumbu lainnya yang dimasak tumis. Ketika akan disajikan, mie kuning tadi baru dituang kuah berwarna putih dan ditambahkan telur rebus sebagai topping-nya. Wah yummy!

  1. Mie yang memili nama unik dan rasa yang menarik, Mie Koba!

copyright by www.goodindonesianfood.com

Sajian mie kuah dari Pulau Bangka ini juga punya keunikkan tersendiri. Mungkin tampilannya cukup sederhana, yakni mie kuning yang ditumis dengan kuah kecoklatan. Namun, kuah kecoklatan ini ternyata dibuat dengan ikan tenggiri dan aneka bumbu yang kaya. Wah, pasti gurih dan super nikmat ya? Supaya makin lengkap, mie yang namanya diambil dari salah satu kabupaten di Bangka Tengah ini disajikan dengan jeruk kunci yang mirip jeruk nipis tapi punya rasa lebih khas. Bayangkan anda menikmati mie ini saat udara sedang dingin-dinginnya, hmm pasti wisata di Pulau Bangka akan makin berkesan!

  1. Ternyata Cirebon punya mie andalan juga, Mie Koclok namanya!

copyright by bicilthebaker.wordpress.com

Di kota Cirebon, ada satu sajian mie yang kuahnya mirip bubur. Namun ternyata, kuah yang mirip bubur ini bukan bubur asli lho, tapi karena dibuat dari santan, tepung beras, dan tepung maizena sehingga berwarna putih dan teksturnya kental. Mie koclok adalah mie kuning yang ditumis dengan kuah kental tersebut plus tambahan kol, tauge, irisan daging ayam, dan irisan telur rebus. Rasanya gurih dan aromanya wangi sekali, pokoknya pas banget dimakan saat masih hangat. Oh ya, koclok ini bukanlah istilah dari bahasa Cirebon lho, tapi merupakan singkatan dari “Khasnya Orang Cirebon yang Lebih OK”. Ada-ada saja, ya SmartGirl!

BACA JUGA :  5 Manfaat Tersembunyi dari Cangkang Telur, Ternyata Nggak Kalah Bermanfaat dari Isinya

Wah terlihat enak-enak ya mie khas nusantara! Kalau SmartGirl penasaran bisa loh sekalian travelling dan icip-icip mie khas daerah tersebut. Dijamin pasti bakalan ketagihan deh! Atau SmartGirl tau mie khas daerah lain? Bisa loh komen di kolom komentar …

Related posts