Kegiatan Kamu Padet Sampe Sering Ngerasa Nyeri di Bagian Leher? Ini 5 Tips Cara Mengobatinya!

  • Whatsapp

SmartGirl pernah ngga sih ngerasain lehernya sakit atau tegang? Nah, Sakit leher sendiri  adalah nyeri yang terjadi pada area leher, yaitu dari atas bahu hingga bawah kepala. Masalah kesehatan ini cukup umum dialami, terutama oleh orang-orang lansia yang berusia di atas 50 tahun. Sakit leher biasanya akan membaik dalam beberapa hari. Kondisi ini jarang sekali berkembang menjadi gejala kondisi yang lebih serius dan umumnya bukan merupakan hal yang perlu diwaspadai.

Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya sakit leher, seperti posisi tidur yang salah, bekerja di depan komputer atau laptop terlalu lama, otot yang terkilir, dan postur leher yang salah akibat terlalu sering menunduk atau menengadah. Sebagian besar kasus sakit leher disebabkan oleh aktivitas yang membuat leher menjadi tegang. Selain itu, sakit leher juga bisa disebabkan oleh cedera akibat kecelakaan. Nah sebenarnya hal apa yang harus SmartGirl lakukan saat leher terasa nyeri? Yuk disimak baik-baik yaa

Read More

BACA JUGA :  Hari Gini Masih Cemberut? Ah Ngga Asik! Ketawa Dong, Selain Menyenangkan juga Banyak Manfaat Buat Kesehatan!
  1. Gunakan bantal keras dan dengan ketinggian rendah saat tidur.

copyright by coolthings.com

Leher rentan mengalami cedera atau nyeri karena sifatnya yang lentur. Beberapa orang dapat bangun di pagi hari dengan kondisi leher terpelintir ke satu sisi dan tidak dapat digerakkan. Kondisi ini disebut dengan tortikolis akut, dan diduga disebabkan oleh cidera pada otot-otot leher.

Selain itu bantal yang terlalu tinggi bisa membuat leher merasa sakit karena posisi leher terlalu membungkuk dan hindari memakai penyangga leher yang belum terbukti dapat membantu kesembuhan sakit leher.

  1. Olahraga lah setiap hari, minimal Lakukan latihan khusus untuk leher!

copyright by hellosehat.com

Terlalu lama menunduk, sering mengertakkan gigi, atau membaca di atas tempat tidur bisa menyebabkan otot leher menjadi kaku dan berlanjut pada sakit leher.

Oleh sebab itu SmartGirl kita perlu Latihan khusus leher, latihan ini bertujuan meningkatkan jangkauan gerakan yang bisa dilakukan leher secara keseluruhan. Gerakan yang bisa dilakukan adalah dengan mencondongkan kepala ke atas dan ke bawah, atau memiringkannya ke kanan dan kiri untuk membantu merenggangkan otot leher dan mengatasi leher yang kaku.

  1. Beri perhatian pada bagian leher kamu, Kompres dengan air hangat misalnya

copyright by prootit.ru

Sebagian besar kerusakan sendi disebabkan oleh osteoarthritis. Kondisi yang berkembang seiring penuaan usia ini menyebabkan tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan di antara ruas tulang belakang memburuk dan memicu terbentuknya taji tulang. Taji tulang tersebut  menyebabkan pergerakan sendi leher dan menimbukan nyeri.

Salah satu cara menanganinya adalah mengopres leher dengan air hangat. Gunakan botol berisi air hangat atau alat kompres lainnya untuk meredakan kram otot dan rasa sakit pada bagian leher. Tidak hanya kompres hangat, kompres dingin juga bagi sebagian penderita dianggap dapat membantu mengatasi sakit leher.

  1. Ber-istirahatlah! Hindari aktivitas yang butuh banyak gerakan leher.

copyright by psst.ph

BACA JUGA :  Pengen Masak Tapi Ngga Mau Dapur Terlihat Kotor? Ini nih 5 Tipsnya!

Aktivitas seperti mengemudikan kendaran bisa terganggu ketika seseorang mengalami sakit leher. Untuk sementara waktu, disarankan untuk tidak melakukan kegiatan yang memerlukan banyak gerakan kepala dan leher, terutama jika mengalami kesulitan menggerakkan leher.

  1. Jaga postur leher agar tetap seimbang juga agar meminimalisir rasa sakit yang kamu rasa!

copyright by google.com

Posisi dan postur leher dalam beraktivitas harus diperhatikan. Posisi dan postur yang salah bisa memperparah sakit yang dialami atau bahkan menjadi penyebab awal terjadinya sakit leher.

Oke SmartGirl sudah tahu kan bagaimana menanggulangi rasa nyeri di lbagian leher, Stay Healthy ya!

Related posts