Udah Liburan tapi Gatau Mau Kemana? Ke Negri Para Dewa Aja Yuk, Dijamin Jadi Momen Travelling yang Ngga Terlupakan

  • Whatsapp

Negeri para dewa. Itulah julukan yang disematkan bagi kawasan dataran tinggi Dieng yang terletak di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Kawasan berhawa dingin ini menjadi salah satu tujuan wisata yang paling populer di Jawa Tengah. Tak cuma punya wisata alamnya yang mempesona, Dieng juga sarat dengan nilai-nilai sejarah dan budaya.

Dieng memang memiliki pesona yang unik, selain kulinernya yang membuat ketagihan, pesona alamnya pun jangan kalian lewatkan loh. SmartGirl mau tahu nih apa saja? Yuk kita simak baik-baik ya!!!

Read More

  1. Ngga Ada Hasil yang Mengkhianati Usaha, Mendaki ke Puncak Si Kunir terbayar dengan meliha golden Sunrise yang mengagumkan.

copyright by diengjavatourandtravel.com

Dieng Plateau dikenal juga dengan sebutan Negeri di Atas Awan. Kalau kamu ingin tahu kenapa kawasan itu dianamakan begitu, naiklah sebelum fajar menuju Bukit Sikunir yang terletak di Desa Sembungan. Dari sinilah kamu bisa menemukan negeri indah itu, di mana kilau golden sunrise menyinari gumpalan awan di bawah kakimu.

Bukit Sikunir dan golden sunrise-nya memang menjadi destinasi favorit wisatawan saat berlibur ke Dieng. Dengan trek yang mudah dan singkat, tak heran kalau tiap musim liburan tempat ini selalu dipenuhi wisatawan yang ingin menikmati indahnya pesona golden sunrise.

  1. Menginaplah di Tenda, Nikmati suasana Syahdu diatas Gunung Prau, Dieng

copyright by rilis.id

BACA JUGA :  Bingung Merayakan Malam Pergantian Tahun? Ini dia 5 Tempat Melihat Pesta Kembang Api di Jogja!

Selain Bukit Sikunir, ada lagi tempat istimewa untuk menyaksikan indahnya golden sunrise, yaitu di puncak Gunung Prau. Gunung Prau ini adalah gunung yang santai tapi menantang dengan puncaknya yang sangat luas. Tak heran jika di akhir pekan para pendaki berbondong-bondong nge-camp di atas sana, sampai-sampai puncaknya penuh tenda.

Ada dua jalur yang biasa dilewati pendaki, salah satunya adalah jalur pendakian melalui Desa Patak Banteng, Dieng. Jalur ini lumayan curam tapi juga jalur tersingkat untuk sampai ke puncak. Cukup 3 jam mendaki, kamu udah bisa sampai ke puncak. Makanya, gunung ini pas buat pendaki yang masih pemula.

  1. Bukan Cuma Gunung saja, Dieng menawarkan berbagai kawah. Salah satunya Kawah Sikidang

dok.pribadi

Di Dieng Plateau ini, sejumlah kawah yang masih menampakkan aktivitasnya, membuat kita sadar bahwa Dieng adalah kawasan vulkanik yang masih aktif. Ada kawah Sikidang dengan pesonanya menjadi salah satu kawah yang paling populer di Dieng zona satu. Tempat ini dinamakan Sikidang yang berarti kijang karena tempat keluarnya gas seringkali berpindah-pindah. Di sini, kamu juga bisa menjajal spa dengan lumpur kawah.

Sementara, kawah Sileri yang terletak di Dieng Kulon ini adalah kawah terluas dan yang paling aktif di Dieng. Kamu bisa menyaksikan kepulan asap putih yang membumbung dengan latar perbukitan yang indah.

Warga Dieng sudah terbiasa dengan kemunculan kawah yang tiba-tiba. Selain dua kawah tersebut, masih ada beberapa kawah lain, seperti kawah Sibanteng, kawah Candradimuka, kawah Sikendang, Sinila, dan Timbang. Beberapa berpotensi mengeluarkan gas beracun, jadi jangan lupa mengenakan masker dan berhati-hati.

  1. Candi-candi nan apik juga menghiasi kawasan ini, membuatnya genap disebut sebagai Negeri Para Dewa

copyright by pegipegi.com

BACA JUGA :  Selain Wisata Alam yang Mengagumkan, Ini Dia 6 Fakta Mengejutkan Tentang Pulau Lombok!

Tak cuma punya memiliki objek wisata alam yang unik dan memukau, Dieng juga kental dengan nilai sejarah. Terbukti dengan sejumlah kompleks candi Hindu yang masih berdiri sampai sekarang. Candi-candi ini konon dibangun pada abad ketujuh. Uniknya, candi-candi ini dinamai dengan nama tokoh pewayangan, antara lain candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Bima, Candi Semar, dan Candi Srikandi.

Nah, itulah dia destinasi wisata lengkap yang bisa kamu sambangi saat liburan di Dieng. Kalau ada tempat favoritmu yang belum masuk ke sini, bantu GirlIsMe melengkapinya dong lewat kolom komentar! Happy Hloliday!

Related posts