Ada Berapa Ounce dalam Satu Cangkir? Yuk Cari Jawabannya!

ada berapa ounce dalam satu cangkir
Alamy

Ada Berapa Ounce dalam Satu Cangkir? Penasaran dengan jawabannya? Temukan cara hitungnya dibawah.

Saat melihat suatu resep menu baik minuman atau makanan, terkadang kita bingung akan takaran satuan ukuran. Seperti ada berapa ounce dalam satu cangkir. Yang biasanya kita hafal dengan istilah satuan “gram”, disebutkan menjadi dalam satuan “ounce”, atau berbagai satuan lainnya. Tak jarang juga, ada pemberi resep yang merekomendasikan untuk mengukur menggunakan cangkir kopi agar sesuai dengan contoh yang mereka berikan dengan apa yang kita praktikan. Atau bisa juga dengan menggunakan sendok takar.

Oleh sebab itu, sebenarnya penting bagi kita untuk memahami tentang satuan ukuran termasuk ounce. Karena, akan sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari. Hal itupun pasti tidak hanya berguna untuk kegiatan memasak saja. Terdapat banyak kegiatan yang tentunya membutuhkan kemampuan mengukur satuan ukuran. Hal tersebut diperlukan agar setiap hal yang membutuhkan perhitungan satuan ukur, dapat kita hitung dan takar secara benar dan pas. Agar hasil dari pembuatannya dapat bagus dan maksimal.

Ounce

Sebelum menghitung ada berapa ounce dalam satu cangkir, mari kita mengenal terlebih dahulu apa itu istilah ounce.

Ounce merupakan istilah yang ditulis dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia disebut ‘Ons’. Merupakan satuan massa yang mempunyai beberapa arti tergantung dalam sistem satuannya. Kata yang berasal dari bahasa Latin ‘uncia’ ini setara dengan 100 gram. Di beberapa negara perhitungan ounce dikonversikan ke satuan lain yang berbeda-beda.

Seperti contoh 1 ounce ini dapat disamakan dengan seperduabelas pon Romawi. Istilah pon sendiri merupakan nama hari dalam sepasar atau dalam 5 hari sesuai perhitungan waktu tradisi Jawa dan Bali.

Satuan yang biasa disingkat Oz sering kita temui disetiap gelas, botol, atau alat ukur minuman lain. Namun, di negara Indonesia kita lebih kerap menggunakan satuan ukur seperti kg, hg, dag, g, dg, cg, dan mg dalam menghitung satuan ukuran. Nah, dalam satuan ukur ini, ukuran Ons itu sama dengan ukuran hg atau memiliki kepanjangan hektogram.

Konversi Ounce

Kita pasti sudah tidak asing juga dengan tangga satuan ukuran. Karena sejak Sekolah Dasar (SD) kita sudah diajarkan mengenai materi tersebut. Namun, karena sudah lama tidak mempelajari mengenai materi tersebut, kita lupa mungkin lupa akan bagaimana cara menjalankan tangga perhitungan itu.

Padahal sebenarnya kita masih membutuhkannya untuk memperhitungkan kegiatan sehari-hari kita seperti untuk menakar bumbu masakan agar menghasilkan cita rasa yang sedap. Untuk rumus perhitungan sudah terdapat pada gambar diatas. Yaitu setiap penurunan satu tangga perhitungannya dikalikan dengan 10. Dan setiap naik dalam satu tangga dihitung dengan cara dibagi dengan angka 10. Jadi sudah tahukan ada berapa ounce dalam satu cangkir?

Karena pada pembahasan ini kita mempelajari ada berapa ounce dalam satu cangkir. Maka, untuk mengetahui lebih banyak tentang pertukaran satuan satu dengan satuan lainnya. Berikut paparan mengenai konversi satuan ounce ke satuan lainnya. 1 (Ons) sama dengan:

0.1 Kg (Kilogram)

1 Hg (Hektogram)

10 Dag (Dekagram)

100 Gr (Gram)

1.000 Dg (Desigram)

10. 000 Cg (Sentigram)

100.000 Mg (Miligram)

Ada Berapa Ounce dalam Satu Cangkir Kopi?

Setelah mengerti mengenai pengertian dari istilah ounce. Mari kita ukur terlebih dahulu ukuran ounce dalam satu cangkir kopi.

Berbicara mengenai cangkir kopi, cangkir disetiap negara atau daerah pastinya berbeda-beda. Karena tergantung dari budaya dan pembuatannya. Misal saja kebiasaan orang luar negeri yang memiliki porsi makan atau minum yang lebih banyak. Tentu ukuran gelas disana bisa lebih besar-besar daripada ukuran gelas yang diproduksi di Indonesia.

Untuk menyamakan, kita tentukan terlebih dahulu cangkir kopi yang akan digunakan untuk pengukuran. Agar mempermudah penjelasan dan penangkapan dari pemahaman mengenai perhitungan ini.

Starbucks. Siapa yang tak mengenal coffeshop tersebut. Tentu nama ini pasti sudah tidak asing di telinga kita. Sekalipun kita belum pernah datang kesana, tentu diri kita sudah pernah mendengar mengenai nama tersebut.

Tak perlu mengulas mengenai harganya atau rasanya. Kita hanya memerlukannya untuk menyamakan pengukuran satuan ounce. Karena Starbucks menawarkan beberapa ukuran untuk tipe minumannya.

Starbucks

ada berapa ounce dalam satu cangkir
Kompas money

Dikutip dari berbagai sumber di Google, ukuran gelas yang ada distarbucks dibedakan menjadi 5 tipe. Yaitu short, tall, grande, venti, dan trenta.

Dalam ukuran short yang merupakan ukuran gelas terkecil menampung sebanyak 236 ml atau jika dikonversikan ke dalam ounce menghasilkan ukuran 8 Oz. Namun ukuran ini sulit ditemukan dibeberapa gerai Starbucks yang ada di Indonesia.

Untuk tipe tall terdapat 354 ml, dipindah ukuran menjadi 12 Ons. Ukuran gelas ini tentu tersedia di Starbucks Indonesia di berbagai daerah. Malah, ukuran  ini sering disalah artikan menjadi ukuran terkecil oleh para penikmatnya.

Berikutnya merupakan ukuran sedang yang sesuai untuk penikmat minum yang tidak ingin isiannya terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Karena isinya sebanyak 473 ml atau 16 Ounce.

Tipe selanjutnya adalah tipe venti. Tipe ini memiliki 2 ukuran yaitu untuk minuman panas 20 Oz atau 591 ml. Dan untuk minuman dingin 24 Oz atau 709 ml.

Ukuran terbesar yang disediakan Starbucks ini kemungkinan akan sulit ditemukan di Indonesia. Karena tipe dengan ukuran 916 ml atau 31 Ons ini memang tidak disediakan dibeberapa negara. Mudah bukan mengetahui ada berapa ounce dalam satu cangkir starbucks.

Ada Berapa Ounce dalam Satu Cangkir Plastik?

ada berapa ounce dalam satu cangkir
Toko Kemasan Kita

Selain cangkir kopi, ounce juga memiliki perbedaan ketika ditakar menggunakan canglir gelas plastik. Mari kita bahas.

Dengan merebaknya bisnis minuman kekinian di Indonesia, membuat kita sering membeli produk tersebut untuk mencicipi dan membandingan rasa satu dengan yang lainnya. Dan kerapnya, packaging di beberapa outlet  tersebut menggunakan gelas plastik karena dianggap lebih praktis. Seperti contoh beberapa usaha minuman kekinian yang menggunakan gelas plastik tersebut yaitu Es Teh Indonesia, Menantea, dan masih banyak lainnya. Ada pula yang memiliki perbedaan tipe ukuran seperti yang ditawarkan Starbucks. Namun, biasanya hanya menawarkan ukuran kecil atau besar.

Namun untuk pengukuran ada berapa ounce dalam satu gelas plastik ini tidak memiliki ukuran tetap karena tergantung dengan bahan yang digunakan.

Untuk mempermudah terkait pemahaman dalam satu gelas plastik terdapat berapa ounce, berikut merupakan ukuran satuan ounce dari ukuran terkecil hingga terbesar yang biasa digunakan di Indonesia.

Ukuran 10, 12, 14 (Ons) digunakan dalam kemasan untuk minuman jenis kopi.

Ukuran 16 dan 22 (Oz) dipakai untuk minuman seperti teh manis, teh tarik, dan minuman jenis lainnya. Jumlah ada berapa ounce dalam satu cangkir memang disesuaikan dengan isinya.

Ada Berapa Ounce dalam Satu Cangkir?

Dari penjelasan diatas mengenai ukuran berapa ounce dalan satu cangkir kopi dan  berapa ounce dalam satu cangkir plastik, kini tidak perlu bingung lagi dalam mengukur ada berapa ounce dalam satu cangkir. Pada intinya, di beberapa negara memiliki perbedaan mengenai ukuran ini. Namun di Indonesia sering disebutkan bahwa dalam 1 Oz setara dengan 100 gram. Dan dalam satu cangkir dengan ukuran 240 ml berarti sama dengan 8 Ons.

Dan jika ingin mengetahui satuan Oz lain dari hitungan berapa ml tentu tinggal menelik lagi pembahasan diatas yang telah dideskripsikan dengan beberapa contoh gelas penggunaan.

Kini, jika kamu sudah memiliki ide jualan yang akan menggunakan perhitungan tersebut, kamu tak perlu bingung dan bertanya-tanya lagi untuk menakar takarannya. Terutama bagi yang memiliki niat untuk membuka usaha minuman seperti minuman kekinian pada umumnya yang sedang merebak di pasar Indonesia. Karena sudah terjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai satuan ukuran ounce dalam satu cangkir.

Materi tersebut sudah dapat digunakan untuk memperkirakan resep minuman yang akan kamu perjualbelikan. Tidak perlu lama-lama berfikir, kamu langsung bisa memulai bisnis usaha yang ingin kamu jalankan.

Sukses selalu untuk bisnis kamu:)

Penulis: Sheila Octarina Nur Azizah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.