Masih Bingung? Begini Cara Download Sertifikat Vaksin Dosis 1 dan 2!

  • Whatsapp

Pemerintah sedang gencar melaksanakan Vaksinasi di Indonesia. Ada beberapa macam vaksin yang kini beredar, namun tujannya tetap sama yaitu memperkuat kekebalan tubuh kita dari virus. Setelah melakukan vaksinasi tentunya kita akan mendapatkan sertifikat vaksin yang dapat kita akses melalui laman resmi yang telah disediakan pemerintah. Berikut ini akan Girlsme ulas tentang bagaimana cara untuk mendownload sertifikat vaksin.

Cara Download sertifikat Vaksin

Untuk saat ini pemerintah menetapkan bahwa Sertifikat Vaksin menjadi dokumen penting dalam persyaratan perjalanan luar kota bahkan untuk masuk ke pusat-pusat perbelanjaan misalnya mall, untuk itu kita harus tau cara mudah untuk mengakses sertifikat vaksin ke 1 dan ke 2 agar dapat menyimpannya dalam smart phone dan tidak perlu mencetaknya.

Read More

Seperti yang kita lihat, kini banyak orang yang menawarkan jasa untuk mencetak kartu vaksin. Namun, hal ini malah menimbulkan permasalahan baru, yaitu banyak oknum tidak bertanggung jawab yang menyalah gunakan data kita. Kenapa hal ini dapat dikatakan berbahaya? karena di  dalam sertifikat vaksin covid-19 ini terdapat data pribadi yang kita miliki yakni berupa Nama lengkap, NIK (Nomor Induk Kependudukan), tanggal lahir dan juga merk vaksin yang digunakan.

QR Xode di sertifikat vaksin itulah yang kemudian memudahkan orang-orang jahat yang tidak bertanggungjawab mencuri data informasi kita yang mungkin saja disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, sebenarnya kita disarankan untuk tidak mencetaknya melainkan mengunduhnya di ponsel kita, karena QR Code yang ada didalamnya itu sudah sangat modern, apabila ada pengecekan anda tinggal menunjukkan sertifikat Vaksin Covid-19 yang sudah didownload tadi dan kemudian petugas dabat menscan barcode dan mencocokan dengan kartu identitas kita.

BACA JUGA :  Gimana Caranya Ngilangin Rasa Bersalah Karena Hubungan yang Kandas?? Hmm, Girls, Coba Lakuin 4 Hal Ini Yuk...

Cara Download sertifikat Vaksin

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mendownload sertifikat vaksin ke 1 dan ke 2 ini ada 2 cara yaitu dengan mengakses laman PeduliLindungi.id atau melalui link yang ada di SMS dari 1199 (setelah selesai vaksin akan mendapatkan SMS). Mari kita simak beberapa langkah untuk mendownload sertifikat vaksin.

Download Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi.id

  • Silakan untuk mengakses website pedulilindungi.id
  • Langkah selanjutnya buat akun terlebih dahulu karena kita wajib login.
  • Setelah selesai membuat akun dan berhasil login, silakan klik kolom namaAnda yang ada di pojok kanan atas
  • Nantinyaakan muncul sertifikat vaksin ke 1 dan ke 2 jika apabila Anda telah selesain divaksin
  • Untuk menyimpan di dalam gawai , Anda hanya perlu klik “Unduh Sertifikat” untuk download sertifikat vaksinnya.

Download melalui link SMS 1199

  • Apabila Anda telah menyelesaikan vaksin covid-19 ke 1 dan 2 maka secara otomatis akan mendapatkan sms dari 1199 yang berisikan link sertifikat vaksinnya.
  • Jika Anda telah mendapatkan sms dari pedulilindungi maka Anda dapat mengakses dan klik link yang ada dari 1199 tadi kemudian akan masuk browser dan kemudian akan muncul tampilan sertifikat vaksin dalam format gambar png. lalu tekan sertifikatnya dan simpan ke dalam ponsel Anda.

Apabila sertifikat Vaksin Tidak Muncul atau Salah

Masalah sertifikat vaksinasi COVID-19 seringkali menjadi keluhan tersendiri di kalangan masyarakat. Berikut ini akan kita ulas juga mengenai solusi bagi yang sertifikat vaksin masih juga belum muncul di pedulilindungi.id.

Masih banyak terdengar keluhan masyarakat mengenai  sertifikat vaksinasi COVID-19. Ada yang mengalami kesalahan data, ada juga yang belum kunjung mendapatkan sertivikat vaksin padahal sudah divaksin.

Sertifikat vaksin memang sangat penting, terlebih untuk perjalanan dan juga nantinya akan berlaku juga ketika kita mengunjungi mall atau yang lainnya.

BACA JUGA :  Karya Andra Matin Berhasil Dapatkan Special Mentions Award di 16th International Architecture Exhibition of La Biennale di Venezia

Hanya saja di lapangan kita masih menemukan beberapa kendala yang harus secepatnya ditangani.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan drg. Widyawati mengatakan bahwa masyarakat dapat menyampaikan kendala yang mereka hadapi dengan menyampaikannya melalu email sertifikat@pedulilindungi.id.

“Proses perbaikan dapat dilakukan dengan mudah melalui e-mail sertifikat@pedulilindungi.id,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (16/8).

Masyarakat yang mengalami kendala dalam hal sertifikat vaksin dapat mengirimkan e-mail dengan format:

  • Nama lengkap sesuai KTP
  • NIK KTP
  • Tempat tanggal lahir
  • Nomor HP
  • Melampirkan foto dan kartu vaksin

Hal ini agar dapat segera diproses. drg. Widyawati juga menambahkan, Anda bisa langsung menyampaikan biodata lengkap, swafoto dengan memegang KTP, dan menjelaskan keluhannya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *