Penting! Ini Syarat Terbaru dan Cara Daftar Prakerja Gelombang Selanjutnya  

  • Whatsapp
Cara Daftar Prakerja
Cara Daftar Prakerja

Melanjutkan salah satu program andalan pemerintah di tahun sebelumnya, rencananya tahun ini program Kartu Prakerja akan kembali diselenggarakan. Dibuka sejak tahun 2020 lalu, program Kartu Prakerja kini sudah mencapai gelombang 12.

 Cara Daftar Prakerja

Menurut Menaker Ida Fauziyah, pemerintah saat ini sudah menyiapkan anggaran hingga 20 T untuk program Kartu Prakerja tahun 2021. Program ini sendiri merupakan pengganti untuk bantuan subsidi upah atau yang sering disebut BLT BPJS Ketenagakerjaan. Kabarnya ada beberapa perubahan yang akan diberlakukan pada Kartu Prakerja gelombang 12 dan selanjutnya. Lalu akan seperti apa program ini dan bagaimana cara daftar prakerja gelombang selanjutnya? Berikut ulasan selengkapnya.

Sekilas Mengenai Program Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan sebuah program yang digagas oleh pemerintah Indonesia dalam rangka memfasilitasi orang-orang yang ingin mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan mereka. Program ini dikemas sedemikian rupa sehingga dapat memberikan manfaat dan nilai positif bagi pengguna, dan juga memberikan dampak positif bagi sektor swasta yang berperan sebagai penyedia layanan belajar atau pelatihan.

Program ini dilaksanakan secara online atau mengandalkan digital karena dianggap lebih efektif. Dengan penggunaan digital, pengguna dapat lebih mudah dalam mencari, membandingkan pelatihan yang satu dan lainnya, memilih serta memberi evaluasi pada pelatihan yang diikuti.

Menggandeng berbagai pihak swasta sebagai penyelenggara pelatihan, pemerintah berharap program ini dapat berjalan dengan baik hingga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan maju.

Manfaat Program Kartu Prakerja

Jika Anda sudah terdaftar sebagai penerima manfaat Program Kartu Prakerja, maka ada beberapa benefit atau keuntungan manfaat yang bisa Anda dapatkan, misalnya:

  • Mendapatkan keringanan biaya pelatihan yang ditanggung oleh pekerja dan perusahaan.
  • Berkurangnya biaya untuk mencari informasi tentang pelatihan yang akan Anda ikuti.
  • Prakerja dapat dijadikan sebagai komplemen dari pendidikan formal.
  • Daya beli semakin meningkat dengan adanya insentif, ini sangat berguna bagi para pekerja yang terdampak covid-19.

Sasaran atau Target Penerima Manfaat Program Kartu Prakerja

Sebelum membahas tentang cara daftar prakerja gelombang selanjutnya, alangkah baiknya Anda memahami terlebih dahulu setiap detail informasi mengenai program ini, termasuk salah satunya sasaran atau target penerima manfaat program.

Pada dasarnya program Kartu Prakerja ini diperuntukkan bagi Anda yang sedang mencari kerja, para pekerja yang baru saja mengalami pemutusan hubungan kerja dari perusahaan sebelumnya, pekerja yang merasa butuh meningkatkan kompetensi kerja mereka, dan juga para pelaku usaha mikro dan kecil.

Di waktu pandemi ini, rupanya pemerintah akan lebih mengutamakan mereka yang baru saja terkena PHK dan juga para wirausaha kecil.

Siapa Saja yang Tidak Dapat Menerima Manfaat Program Kartu Prakerja?

Menurut informasi yang dihimpun dari situs www.prakerja.go.id, ada beberapa golongan pekerja yang tidak diperbolehkan menjadi penerima manfaat Program Kartu Prakerja, diantaranya adalah:

  • Pejabat Negara.
  • Kepala Desa beserta perangkat desa.
  • Prajurit TNI atau Tentara Nasional Indonesia
  • Pimpinan beserta anggota DPRD atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
  • ASN atau Aparatur Sipil Negara.
  • Anggota Polri atau Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas BUMN dan BUMD.

Selain beberapa golongan diatas, ada juga beberapa golongan masyarakat yang sudah dipastikan tidak akan lolos menjadi penerima manfaat Program Kartu Prakerja. Siapa sajakah mereka ini?

  • Para penerima manfaat pada gelombang sebelumnya, sehingga jika Anda sudah pernah menjadi anggota pelatihan Kartu Prakerja digelombang sebelumnya secara otomatis Anda tidak boleh mendaftar kembali.
  • Para peserta yang diblacklist, mereka adalah orang yang sudah lolos pada gelombang sebelumnya namun tidak juga melakukan pembelian pelatihan. Dengan demikian mereka tidak akan lolos dalam seleksi Program Kartu Prakerja tahun 2021.
  • Anda yang tidak memenuhi persyaratan, misalnya saja Anda seorang perangkat desa maka secara otomatis tidak bisa mendaftar sebagai anggota pelatihan Kartu Prakerja.
  • Jika Anda sudah terdata sebagai penerima bantuan lain baik dari kemnaker maupun Kemensos, maka sudah bisa dipastikan Anda tidak akan lolos pada seleksi anggota pelatihan Kartu Prakerja.

Persyaratan Mendaftar Program Kartu Prakerja Tahun 2021

Sebelum berbicara tentang cara daftar prakerja gelombang selanjutnya, ada beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan. Setelah diperbarui pada tanggal 11 Agustus 2020 lalu, berikut adalah syarat bagi pengguna dan pendaftar di situs www.prakerja.go.id:

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian.
  • Tidak sedang kuliah atau sekolah.
  • Jika usia kurang dari 21 tahun, maka diperlukan pengawasan penuh dari orang tua atau wali.

Begini Cara Daftar Prakerja Gelombang Selanjutnya

Bagi Anda yang sudah mendaftar pada gelombang sebelumnya namun belum lolos, maka tak perlu melakukan pendafataran kembali. Hal ini karena data Anda telah tersimpan dalam sistem Kartu Prakerja. Anda akan secara otomatis masuk dalam daftar calon peserta yang akan diseleksi untuk gelombang selanjutnya.

Namun pabila Anda belum pernah mendaftar menjadi peserta Kartu Prakerja di gelombang 11 atau yang sebelumnya, berikut adalah cara daftar prakerja gelombang selanjutnya:

  1. Buka browser Anda dan masuk ke laman website www.prakerja.go.id.
  2. Setelah itu pilih menu “Daftar”.
  3. Isi data nama lengkap, alamat email beserta kata sandi yang akan Anda gunakan.
  4. Buka akun email Anda di tab yang lain, cek email dari Prakerja dan lakukan verifikasi email sesuai petunjuk yang diberikan.
  5. Jika verifikasi sudah selesai, Anda bisa kembali ke halaman Kartu Prakerja dan melakukan log in menggunakan email dan kata sandi yang sudah Anda buat sebelumnya.
  6. Masukkan data diri, no handphone dan juga verifikasi foto KTP.
  7. Jangan lupa melengkapi data nomor NIK dan nomor KK, juga data lain yang diminta seperti alamat, status pekerjaan, pendidikan, dan sebagainya. Isi dengan lengkap dan benar.
  8. Masukkan kode OTP yang dikirim melalui nomor hp Anda.
  9. Ikuti tes yang akan diberikan oleh pihak pelaksana Kartu Prakerja.
  10. Jika sudah, klik menu “Gabung” untuk proses pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 12.

Bagaimana Agar Tahu Lolos atau Tidak?

Untuk mengetahui apakah Anda lolos menjadi anggota Kartu Prakerja atau tidak, Anda bisa melakukan pengecekan melalui situs www.prakerja.go.id tepat pada hari pengumuman seleksi gelombang.

Apabila Anda dinyatakan lolos dan masuk dalam daftar penerima manfaat Kartu Prakerja maka Anda akan memperoleh notifikasi pada dashboard dan juga melalui SMS pada nomor hp yang Anda daftarkan.

Pada bagian dashboard Anda juga bisa melihat saldo pelatihan, status insentif dan beberapa kelas yang bisa Anda pilih untuk mengikuti pelatihannya.  Namun jika Anda gagal, maka Anda bisa mengikuti pada gelombang selanjutnya tanpa harus mengulang cara daftar prakerja gelombang selanjutnya dari awal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *