Detail Tata Cara Daftar CPNS 2021, Awas Jangan Sampai Terlewat!

  • Whatsapp
Cara Daftar CPNS 2021

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) memang impian bagi banyak orang. Tiap tahunnya, setiap kali pendaftaran CPNS dibuka, ratusan ribu orang mendaftarkan diri dan mengikuti tes yang cukup sulit dan kompetitif. Padahal Anda sendiri mungkin tahu, kemungkinan untuk lolos bisa saja hanya 1:1.000. Meski begitu tak menyurutkan niat orang-orang untuk menjadi bagian dari ASN atau PNS.

Cara Daftar CPNS 2021

Bukan tanpa sebab, nyatanya banyak pemikiran yang menyebutkan bahwa menjadi ASN atau PNS adalah sebuah jaminan hidup yang meyakinkan. Dimana Anda tak perlu khawatir pada masa tua karena sudah ada dana pensiun. Selama masa kerja pun gaji terhitung besar, belum lagi tunjangan kerja lainnya. Tak heran bukan kalau akhirnya posisi ASN selalu jadi incaran banyak orang.

Untuk Anda yang juga ingin mencoba peruntungan menjadi PNS atau ASN, berikut ulasan mengenai persyaratan dan juga tata cara daftar CPNS 2021. Namun sebelum itu, pahami juga apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi anggota ASN atau PNS.

Keuntungan Menjadi Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Tentu ada banyak alasan yang membuat banyak orang sangat menginginkan posisi PNS ini. Salah satunya adalah manfaat atau keuntungan yang akan didapatkan, yang mungkin tidak akan didapatkan ketika Anda bekerja di perusahaan swasta atau berwirausaha.

Beberapa keuntungan menjadi seorang PNS atau ASN diantaranya:

  • Anda akan mendapatkan tunjangan dengan nominal yang cukup besar, biasanya tunjangan ini diberikan sekaligus dengan gaji pokok bulanan.
  • Adanya uang pensiun, dan ini juga yang menjadi daya tarik utama PNS. Umumnya orang akan beranggapan bahwa menjadi PNS sudah tentu masa tuanya terjamin, tak perlu repot lagi memikirkan keuangan di masa mendatang.
  • Adanya jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan bagi para anggota PNS.
  • Besaran gaji yang sesuai dengan golongan dan juga masa kerja Anda.
  • Sering kali, PNS akan dipandang sebagai seseorang dengan kelas sosial yang lebih tinggi di masyarakat. Itulah mengapa di Indonesia seorang PNS kerap mendapatkan penghormatan di kalangan masyarakat mereka.

Syarat-Syarat Jika Ingin Mendaftar CPNS

Meski informasi mengenai pendaftaran dan cara daftar CPNS 2021 belum resmi dirilis, namun secara umum mengaca pada pelaksanaan seleksi tahun-tahun sebelumnya, berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi:

  • Seorang Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia pendaftar minimal 18 tahun dan maksimal adalah 35 tahun.
  • Tidak pernah terkait dengan hukuman pidana, termasuk pidana penjara berdasar hasil putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum atas kasus narkoba atau tindak pidana lainnya.
  • Belum pernah diberhentikan secara tidak hormat atau secara hormat tanpa permohonan sendiri dari jabatan CPNS/PNS/Polri/TNI maupun dari pegawai swasta.
  • Tidak sedang dalam status sebagai PNS/CPNS/Calon Anggota TNI/Polri dan juga Anggota TNI/Polri/Siswa Sekolah Ikatan Dinas Pemerintah.
  • Tidak terlibat politik praktis.
  • Bukan anggota atau pengurus partai politik.
  • Kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
  • Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 untuk perguruan tinggi negeri dan minimal 3,00 untuk perguruan tinggi swasta.
  • Dalam waktu 10 tahun sejak TMT CPNS, Anda harus bersiap mengabdi dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun.
  • Lulusan dari perguruan tinggi dalam negeri yang sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada saat Anda lulus.
  • Untuk Anda yang lulusan perguruan tinggi luar negeri, maka harus mendapatkan penetapan penyetaraan yang bisa didapatkan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri.
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Ini dibuktikan dengan hasil tes TOEFL/TOEFL Preparation/TOEFL Prediction minimal 450 dalam kurun waktu 2 tahun terakhir.
  • Baik pria atau pun wanita tidak diizinkan memiliki tato, dan bagi pria juga tidak diizinkan memiliki tindik.

Tata Cara Daftar CPNS 2021

Sebelum sampai pada tahap seleksi administrasi, Anda terlebih dulu harus membuat akun dan juga mengunggah beberapa persyaratan. Berikut cara daftar CPNS 2021:

  1. Buka browser di laptop atau komputer Anda, lalu akses situs https://sscn.bkn.go.id.
  2. Pilih menu “Registrasi” untuk membuat akun baru.
  3. Masukkan NIK atau Nomor Induk Kependudukan dan Nomor KK atau Kartu Keluarga. Bisa juga menggantikan nomor KK dengan NIK Kepala Keluarga.
  4. Segera lengkapi data diri Anda dengan lengkap dan benar, mulai dari data nama tanpa gelar, jenis kelamin, tanggal lahir, email, password, dan pertanyaan pengaman.
  5. Unggah pas foto dengan background warna merah.
  6. Setelah proses pendaftaran selesai, cetak Kartu Informasi Akun Anda.

Saat proses pendaftaran dan pembuatan akun, atau proses selanjutnya akan lebih baik jika Anda menggunakan laptop atau komputer, dan juga lebih baik untuk menghindari mengakses situs SSCN dengan handphone.

Cara Mudah Memilih Instansi untuk CPNS 2021

Setelah akun Anda berhasil dibuat, maka langkah selanjutnya adalah mengisi atau memilin instansi yang ingin Anda daftar. Berikut tata cara daftar CPNS 2021 untuk tahapan memilih instansi:

  1. Login ke akun SSCN Anda, gunakan NIK dan password yang Anda buat saat mendaftar.
  2. Unggah foto diri Anda sembari memegang KTP dan juga Kartu Informasi Akun Anda.
  3. Lengkapi terlebih dahulu data diri Anda sesuai dengan yang diminta.
  4. Pilihlah jenis instansi, formasi, pendidikan dan juga jabatan.
  5. Lengkapi seluruh data pada kolom yang diminta.
  6. Upload dokumen pendukung sesuai yang disyaratkan SSCN.
  7. Setelah proses berhasil, jangan lupa untuk mencetak Kartu Pendaftaran SSCN.

Dokumen yang Harus Anda Siapkan untuk Mendaftar CPNS 2021

Ketika Anda mendaftar CPNS, ada beberapa dokumen yang harus diunggah. Dokumen ini juga yang nantinya akan digunakan untuk proses seleksi administrasi sebelum menuju ke seleksi tahap selanjutnya. Untuk itu, persiapkan berkas Anda dengan seksama dan teliti agar tidak terjadi kesalahan yang dapat membuat Anda tidak lolos pada seleksi tahap 1.

Berikut adalah beberapa berkas dokumen yang harus Anda persiapkan:

  • Pas foto dengan background merah.
  • Foto selfie dengan membawa KTP dan Kartu Informasi Akun.
  • Scan KTP.
  • Scan Ijazah dan Sertifikat Pendidik (untuk guru) atau STR (Bagi Tenaga Kesehatan khususnya perawat).
  • Scan Surat Lamaran.
  • Scan Transkrip Nilai.

Beberapa instansi mungkin akan menambahkan syarat lainnya, sehingga Anda harus lebih teliti dalam membaca setiap detail informasi. Adanya kekurangan atau kekeliruan berkas dokumen dapat berakibat fatal hingga Anda dinyatakan tidak lolos pada tahap awal seleksi administrasi.

Pastikan juga Anda membaca dengan teliti persyaratan akreditasi, sebab beberapa instansi terkadang juga meminta syarat untuk akreditasi minimal B atau lainnya. Jika akreditasi kampus Anda belum masuk kriteria, Anda bisa memilih untuk mendaftar di instansi lainnya.

Nah itu tadi beberapa detail tentang tata cara daftar CPNS 2021, semoga bermanfaat bagi Anda.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *