Catat! Ini Dia Cara Daftar Bantuan UMKM Rp 2,5 Juta dan Rp 3,4 Juta

  • Whatsapp
Bansos BLT pemerintah
Bansos BLT pemerintah

Cara daftar bantuan umkm – Salah satu golongan masyarakat yang merasakan dampak buruk pandemi covid-19 adalah mereka yang bergelut di bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM. Lemahnya daya beli masyarakat membuat omzet usaha yang mereka jalani otomatis ikut turun juga. Meskipun ada juga beberapa bidang UMKM yang justru berjaya saat pandemi covid-19. Beberapa diantaranya misalnya UMKM yang bergerak di bidang obat-obatan tradisional, jamu, makanan organik, makanan sehat dan sebagainya.

Bansos BLT pemerintah

Untuk membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM ini pemerintah Indonesia rupanya telah mencanangkan program bantuan langsung tunai UMKM atau BLT UMKM. Kali ini ada dua jenis BLT UMKM yang diberikan, yaitu senilai Rp 3,5 juta dan Rp 2,4 juta.

Lalu apa perbedaan keduanya? Berikut ulasan lengkap mengenai BLT UMKM, persyaratan yang harus dipenuhi dan bagaimana cara daftar bantuan umkm.

Bantuan Langsung Tunai UMKM Rp 2,4 Juta

Bantuan Langsung Tunai UMKM yang pertama merupakan bantuan yang besarnya Rp 2,4 juta. Bantuan ini bukan dalam bentuk dana pinjaman, akan tetapi merupakan dana hibah. Itu artinya dana tersebut tidak harus dikembalikan oleh penerima dan boleh dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha yang dijalankan.

Cara daftar bantuan UMKM ini cukup mudah dan tidak terlalu rumit. Hanya saja ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi untuk dapat mendaftarkan diri sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai UMKM Rp 2,4 juta.

Berikut syarat yang harus Anda penuhi:

  • Anda adalah seorang pelaku usaha mikro yang saat ini sedang tidak menerima investasi ataupun kredit modal kerja dari pihak bank.
  • Anda terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) secara resmi serta memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), dibuktikan dengan surat usulan yang dibuat oleh pengusul.
  • Anda tidak atau bukan berasal dari anggota ASN, pegawai BUMN/BUMD ataupun TNI/Polri.

Apabila Anda warga pendatang dan membuka usaha bukan di alamat KTP Anda, maka Anda masih bisa mengajukan permohonan untuk menjadi penerima Bantuan Langsung Tunai UMKM ini.

Hal yang harus Anda lakukan adalah:

  • Meminta Surat Keterangan Usaha atau SKU dari pihak desa setempat dimana Anda membuka atau menjalankan usaha.
  • SKU yang sudah Anda peroleh untuk selanjutnya akan digunakan untuk prose pendaftaran Bantuan Langsung Tunai UMKM.

Jika Anda merasa semua syarat di atas sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran.

Tata Cara Daftar Bantuan UMKM

Untuk bisa menerina BLT UMKM, berikut tata cara yang harus Anda ikuti:

  1. Pengusulan Data Penerima

Sebenarnya proses pendaftaran BLT UMKM ini dilakukan atau diusulkan oleh pengusul, yaitu Banpres Produktif. Dalam hal ini yang dimaksud Banpres Produktif adalah Dinas Koperasi dan UKM, kementerian terkait, Koperasi yang berbadan hukum serta perbankan maupun perusahaan pembiayaan lain yang sudah terdaftar OJK.

  1. Melengkapi Persyaratan Berkas

Untuk melanjutkan proses selanjutnya, Anda harus mempersiapkan beberapa berkas. Mulai dari KTP dan juga Surat Keterangan Usaha (SKU). Nantinya Anda akan diminta untuk mengisi data berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap sesuai KTP, alamat tempat tinggal, bidang usaha serta nomor telepon.

  1. Melakukan Pengecekan Pasca Pendaftaran

Untuk mengetahui status Anda apakah masuk dalam daftar penerima bantuan atau tidak, Anda hanya perlu melakukan pengecekan pada laman website https://eform.bri.co.id/bpum.

Untuk melakukan pengecekan Anda diminta untuk memasukkan data berupa nomor KTP serta jawaban kalkulasi matematika yang berfungsi sebagai verifikasi. Jika sudah, pilih menu “inquiry” dan tunggu beberapa saat hingga proses pengecekan selesai.

  1. Proses pencairan dana BLT UMKM

Jika Anda sudah masuk dalam daftar penerima dana Bantuan Langsung Tunai UMKM, maka Ada hanya cukup menunggu uang sebesar 2,4 juta rupiah masuk ke dalam rekening. Jika sebelumnya Anda belum pernah memiliki nomor rekening, maka akan dibantu untuk pembuatan rekening oleh bank penyalur seperti PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), dan Bank Syariah Mandiri (BSM).

Bantuan Langsung Tunai UMKM Rp 3,4 Juta

Selain BLT UMKM senilai Rp 2,5 juta pemerintah melalui Kementrian Sosial juga memberikan bantuan UMKM senilai 3,4 juta rupiah. Bantuan ini disasarkan kepada beberapa jenis bidang usaha diantaranya pelaku usaha toko kelontong, kuliner, pedagang, penjahit, pertanian, dan juga peternak.

Program Bantuan Langsung Tunai UMKM ini merupakan bantuan untuk modal wirausaha, dan penerimanya adalah khusus bagi mereka yang telah lolos dalam Program Keluarga Harapan (KPM PKH).

Meski begitu tidak semua Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH akan mendapatkan bantuan tersebut. Mereka yang akan mendapat bantuan ini adalah mereka yang lulus dalam program PKH dan saat ini memiliki rintisan usaha. Pra lulusan PKH ini biasanya terdiri dari dua grup yaitu mandiri dan alamiah.

Lulusan atau Graduasi Mandiri adalah mereka yang menerima manfaat program PKH namun akhirnya memilih mengundurkan diri karena merasa sudah mampu mencukupi kebutuhan hidup mereka sendiri.

Tata Cara Daftar Bantuan UMKM Rp3,4 Juta

Sebelum Anda mengetahui tata cara daftar bantuan UMKM sebesar Rp 3,4 juta ini, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi, seperti diantaranya:

  • Anda termasuk dalam daftar warga miskin atau rentan miskin.
  • Anda masuk dalam daftar Keluarga Penerima Manfaat PKH.
  • Anda memiliki atau sedang merintis usaha.

Kemensos selanjutnya akan melakukan seleksi pada calon penerima bantuan. Apabila Anda masuk dan lolos sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai UMKM maka akan diinformasikan oleh pendamping PKH Anda. Setelah dana bantuan sudah dicairkan, selanjutnya penggunaan dana juga akan disupervisi oleh pendamping PKH pada tingkat kecamatan.

Poin penting yang perlu diperhatikan setelah mendapat dana bantuan adalah:

  • Setelah dana bantuan berhasil dicairkan, maka selanjutnya petugas pendamping dari kecamatan akan mendampingi dan membantu Anda dalam proses merintis usaha. Dana sebesar Rp 3,4 juta ini memang secara khusus diberikan untuk modal usaha tersebut.
  • Program bertajuk Program Kewirausahaan Sosial ini nantinya akan didampingi oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Cara Mengecek BLT UMKM Program Kewirausahaan Sosial

Untuk mengetahui apakah Anda sudah terdaftar dalam data penerima bantuan Program Kewirausahaan Sosial, berikut cara yang bisa Anda ikuti:

  1. Buka laman website dtks.kemensos.go.id melalui hp atau komputer.
  2. Silakan pilih ID Kepesertaan yang diinginkan, misalnya KTP.
  3. Jika Anda memilih KTP pada menu sebelumnya, maka masukkan NIK Anda.
  4. Masukkan nama lengkap sesuai dengan pilihan ID Anda sebelumnya.
  5. Masukkan kode captcha yang terterapada layar.
  6. Klik ‘Cari’ untuk mulai melakukan proses pengecekan.
  7. Tunggu hingga muncul hasil pencarian, hasil yang ditampilkan adalah status Anda terdaftar atau tidak di DTKS.

Jika Anda menjadi salah satu penerima bantuan ini, maka pencairan akan dilakukan melalui bank anggota Himpunan Bank-bank Negara (Himbara) seperti BNI, BRI, Mandiri dan BTPN. Namun jika Anda belum memiliki nomor rekening bank, proses pencairan akan dilakukan melalui PT. Pos Indonesia.

Demikian beberapa informasi mengenai tata cara daftar bantuan UMKM, semoga bermanfaat bagi Anda yang tengah merintis usaha ditengah pandemi ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *