Begini 5 Cara Mudah Daftar Bansos Pemerintah Tahun 2021

  • Whatsapp
Cara daftar bansos
Cara daftar bansos

Dalam upaya menjaga stabilitas ekonomi, pemerintah Indonesia masih akan terus memberikan beberapa bantuan sosial pada masyarakat terdampak pandemi covid-19. Seperti yang Anda ketahui, dalam kondisi pandemi seperti saat ini, daya beli masyarakat turun, belum lagi mulai banyak terjadi pemutusan hubungan kerja atau PHK yang secara otomatis akan memperparah kondisi ekonomi Indonesia.

Cara daftar bansos

Dengan adanya bantuan sosial ini, diharapkan kondisi ekonomi masyarakat kecil akan sedikit terbantu dalam menghadapi pandemi yang belum kunjung usai ini. Beberapa bantuan yang masih akan diberikan diantaranya bantuan sosial tunai, bantuan anak sekolah, bantuan untuk ibu hamil dan balita serta beberapa jenis bantuan lainnya.

Untuk Anda yang belum mendapatkan bantuan dan ingin mendaftar sebagai penerima, berikut panduan taat cara daftar bansos pemerintah.

Cara Daftar Bansos BST Non PKH 2021

Program bantuan ini diberikan untuk keluarga Non PKH dan sistem pendaftaran dilakukan secara offline. Berikut adalah tata cara mendaftar Bansos BST Non PKH 2021:

  1. Jika Anda masuk dalam daftar DTKS dan Non PKH, daftarkan diri Anda menjadi peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ke ketua RT dan Kelurahan tempat tinggal Anda.
  2. Pihak pemerintahan akan memberikan detail surat informasi yang berisi tata cara lengkap untuk melakukan proses pendaftaran.
  3. Persiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan, mulai dari NIK KTP dan Kartu Keluarga (KK).
  4. Fotocopy semua berkas yang Anda bawa, persiapkan jumlah lembar lebih dari satu untuk masing-masing berkas.
  5. Berkas yang sudah Anda lengkapi selanjutnya akan diproses oleh HIMBARA atau Himpunan Bank Milik negara, kantor kelurahan dan juga kantor Kabupaten / Walikota.
  6. Jika pengajuan pendaftaran Anda diterima, Anda akan segera mendapatkan rekening bank dan juga Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Bansos BST Non PKH akan disalurkan kepada penerima berupa uang tunai dalam sekali transfer yang besarnya Rp 500 ribu. Keluarga penerima Bansos BST Non PKH merupakan keluarga yang termasuk dalam daftar pemilik kartu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Cara Daftar Bansos Tunai Anak Usia Dini

Bantuan Sosial Tunai Anak Usia Dini sebesar Rp 3 juta akan dicairkan dalam empat tahap. Pencairan bantuan sosial anak usia dini ini nantinya akan dilakukan pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Syarat untuk mendapatkan bantuan ini adalah:

  • Anak-anak dengan usia antara 0-6 tahun.
  • Dalam satu kepala keluarga maksimal penerima adalah 2 orang anak.
  • Telah terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH).

Seandainya Anda merasa berhal mendapatkan bantuan namun belum terdaftar dalam daftar penerima, maka berikut ini hal yang perlu Anda lakukan:

  1. Melakukan pendaftaran ke kantor kelurahan setempat dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga beserta fotocopy.
  2. Setelah berkas masuk, pihak kelurahan akan melakukan Musyawarah Desa guna menentukan apakah Anda masuk dalam kategori masyarakat yang layak menerima bantuan atau tidak.
  3. Musyawarah Desa akan menghasilkan berita acara yang berfungsi sebagai data identifikasi akhir. Berita acara ini ditandatangani oleh kepala desa dan perangkatnya.
  4. Data identifikasi akan diserahkan ke Dinas Sosial untuk selanjutnya dilakukan validasi dan identifikasi lebih lanjut dengan mendatangi langsung rumah pendaftar calon penerima bantuan.
  5. Jika Anda layak mendapatkan bantuan, maka data Anda akan dimasukkan sebagai penerima manfaat Program Keluarga Harapan.

Cara Daftar Bansos Tunai Anak Sekolah

Bantuan sosial anak sekolah ditujukan bagi siswa SD hingga SMA. Besaran bantuan yang akan diberikan pada siswa SD adalah Rp 900.000/tahun, SMP Rp 1.500.000/tahun dan siswa SMA Rp 2.000.000/tahun. Bantuan akan disalurkan selama 12 bulan melalui bank BNI, Mandiri, BRI dan BTN.

Adapun cara mendaftar bantuan anak sekolah adalah sebagai berikut:

  1. Siswa telah memiliki KIP atau Kartu Indonesia Pintar.
  2. Jika belum memiliki, siswa yang kepala keluarganya terdaftar dalam PKH tetap berhak mendapat BLT dengan cara mengajukan permohonan. Orang tua siswa dapat membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke Lembaga Dinas Sosial terdekat.
  3. Jika keluarga siswa tidak memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), orang tua tetap bisa mendapatkan BLT Anak Sekolah 2021 dengan cara meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW hingga Kelurahan. STKM ini nantinya digunakan untuk mengajukan permohonan Bantuan Langsung Tunai Anak Sekolah ke Dinas Sosial setempat.

Cara Daftar Bansos Ibu Hamil

Bagi Anda para ibu hamil yang ingin mendapatkan bantuan sosial senilai Rp 3 juta rupiah, ada beberapa aturan yang sebelumnya harus Anda perhatikan, diantaranya:

  • Ibu hamil penerima BLT harus melakukan pemeriksaan kehamilan setidaknya empat kali di fasilitas kesehatan seperti puskesmas. Pemeriksaan harus dilakukan ketika usia kandungan 0-3 bulan, 4-6 bulan dan dua kali saat sudah berusia 7-9 bulan.
  • Ibu hamil wajib melakukan proses persalinan di fasilitas kesehatan.
  • Pemeriksaan pasca melahirkan atau pada masa nifas wajib dilakukan, hingga ibu hamil mendapatkan layanan KB.

Lalu, bagaimana cara agar Anda bisa mendapatkan bantuan tersebut? Begini ulasan lengkapnya:

  1. Memiliki KPS atau Kartu Perlindungan Sosial.
  2. Jika Anda adalah warga miskin yang belum memiliki KPS, segera ajukan permohonan ke RT untuk diteruskan ke kelurahan. Keputusan mengenai kelayakan Anda mendapatkan KPS ada ditangan pihak kelurahan setempat.
  3. Jika masuk dalam kategori layak, Kepala Desa akan melaporkan data Anda ke Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan.
  4. Anda akan terdaftar di Program Keluarga Harapan (PKH) jika sudah resmi mendapatkan KPS, dan berhak mendapat Bantuan Langsung Tunai Ibu Hamil sejumlah Rp 3 juta.

Cara Cek Bantuan Sosial Sembako

Para penerima bantuan sembako 2021 adalah mereka yang terdaftar dalam data DTKS Kemensos. Penyaluran bantuan dilakukan melalui transfer dari Himpunan Bank Milik Negara atau HIMBARA ke masing-masing rekening. Besar bantuan sembako ini adalah senilai Rp200.000 dan akan diberikan kepada penerima selama satu tahun penuh.

Untuk Anda yang ingin melakukan pengecekan mandiri untuk mengetahui status pasti apakah Anda masuk dalam daftar penerima bantuan sembako, berikut cara-cara yang bisa Anda ikuti:

  • Akses laman website https://dtks.kemensos.go.id/ .
  • Pilih menu “Daftar Ruta” atau Rumah Tangga DTKS
  • Lakukan filter wilayah, caranya isilah pilihan provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan serta desa.
  • Tuliskan kode keamanan yang tertera pada layar Anda.
  • Klik menu “Cari Rumah Tangga”.
  • Website DTKS selanjutnya akan menampilkan hasil pencarian yang dimaksud.
  • Anda dapat melihat daftar peserta penerima di sebelah kanan. Apabila Anda masuk dalam salah satu penerima bantuan ini maka pada kolom BSP akan tertulis keterangan “YA”.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara mendaftar masing-masing bantuan diatas, Anda bisa datang langsung ke kantor kelurahan tempat Anda tinggal dan menanyakan dengan detail apa saja persyaratan dan bagaimana cara daftar bansos tersebut.

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *