4 Hal Wajib diketahui Soal Kesehatan Lidah

  • Whatsapp

Selama ini, masalah kesehatan mulut hanya berfokus pada gigi dan gusi saja. Padahal, kebersihan lidah juga mempunyai andil besar untuk menjaga agar mulutmu  tetap sehat dan terbebas dari bau mulut.

Lidah adalah bagian penting dari mulut, kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara.Juga membantu membolak balik makanan dalam mulut.Sehingga kamu nggak boleh melupakan untuk selalu membersihkannya setiap kali menggosok gigi. Berikut adalah empat hal yang harus kamu ketahui tentang kesehatan lidah:

Read More

1. Ngga Mau Bau Mulut? Jangan Lupa bersihkan Lidahmu

copyright by baumulut.org

Tips Mencegah dan Menghilangkan Bau Mulut – Bagi kebanyakan kita, kebersihan lidah mungkin kurang mendapat perhatian. Padahal lidah yang kotor dapat menyebabkan bau mulut dan nafas tidak segar. Hal tersebut nantinya tentu akan mengganggu penampilan kita dan membuat orang-orang disekeliling kita merasa kurang nyaman. Oleh karena itu penting bagi kita untuk selalu memperhatikan kebersihkan lidah.

Jika diperhatikan, permukaan lidah sesungguhnya memiliki benjolan kecil, yang disebut papila. “Permukaan lidah merupakan tempat pelabuhan bakteri,” kata Dr Euan Swan, program manager dari Dental Association, Ottawa.
Kuman yang terjebak di lidah dapat menyebabkan bau mulut dan mempengaruhi indera perasa. Pertumbuhan bakteri yang berlebih pada lidah dapat mengubah lidah anda kuning, putih atau bahkan hitam dan tampak berbulu. Biasakan untuk membersihkan lidah setiap kali kamu menyikat gigi. Kamu bisa menggunakan pembersih lidah, sebuah alat kecil yang dirancang untuk mengikis lidah. Jika tidak mempunyai alat pembersih khusus, kamu juga bisa menggunakan sikat gigi (bagian belakang).

BACA JUGA :  Mengintip Karya Seni yang Epik di Bienalle Jogja XIV

2. Memberi perlakuan Ekstra untuk Lidahmu

copyright by www.mnn.com

Jika kamu belum mengerti mengenai bagaimana cara membersihkan lidah yang kotor maka, kamu harus cepat-cepat menyadari betapa pentingnya menjaga kebersihan lidah. Lidah kotor ini biasanya ditandai dengan noda putih atau bintik-bintik putih pada bagian tengah lidah. Jika tidak dibersihkan, kotoran akan terus mengumpul dan menyebabkan bau mulut tidak sedap saat kamu sedang berbicara.

Lidah yang jarang dibersihkan lama-kelamaan akan mulai menebal dan mengeras.  Kamu harus berhati-hati ketika akan mengikisnya, karena bukan tidak mungkin dapat merusak jaringan pada lidah. Kamu bisa melindungi lidah dengan memberikan semprotan pelembab mulut atau gel dan menunggu 10 sampai 15 menit, kemudian baru menyikatnya.

Cara membersihkan lidah yang kotor yang kedua yaitu dengan rajin minum yogurt. Yogurt merupakan salah satu minuman probiotik yang dapat membantu membersihkan bakteri-bakteri pada lidahmu . Oleh karena itu sering mengkonsumsi yogurt merupakan salah satu cara membersihkan lidah yang kotor dengan tepat.

3. Perhatikan Perawatan Lidah ternyata bisa menjauhkan kita dari Kanker

copyright by merdeka.com

Berdasarkan data riset kanker WHO (Globocan 2008), kanker mulut merupakan jenis kanker yang paling banyak diderita pria di Asia Tenggara setelah kanker paru-paru. Kanker yang tumbuh pada lidah bagian depan ini termasuk di dalam kategori kanker mulut. Sementara kanker yang tumbuh pada bagian pangkal lidah termasuk di dalam kanker orofaring.

Masih menurut riset Globocan, diperkirakan ada sekitar 5.000 kasus kanker mulut di Indonesia pada 2008 dengan jumlah kasus kematian mencapai 2.143 orang.Angka kasusnya relatif cukup tinggi karena memang sulit untuk mendeteksi perkembangan kanker mulut. Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan untuk melakukan skrining atau pemeriksaan kesehatan mulut seminggu sekali (bila usia diatas 40 tahun).

BACA JUGA :  Girls Generations Akan Comeback Dengan Sub Unit Baru Bernama Oh!GG

“Periksa lidahmu di cermin dan lihat kondisi disekitarnya. Periksa bagian bawah, atas dan samping. Carilah jika ada perubahan pada kulit lidah, luka, bercak putih atau merah yang tidak kunjung sembuh setelah satu atau dua minggu,” ucap Swan.

4. Ternyata Banyak Bahaya nya, “SAY NO”! untuk Menindik Lidah

copyright by kanalsatu.com

Demi penampilan, sudah tidak sedikit orang melakukan tindik di beberapa area atau organ tubuh. Tahukah kamu, sebenarnya tindik pada beberapa area tubuh tersebut ada risiko dan konsekuensi kesehatan bagi tubuh?

Mungkin anak jaman muda sekarang banyak yang memilih tindak pada bagian lidah. Ketahuilah, tindakan menindik area yang dimaksud pada prinsipnya memiliki risiko. Bahaya dari menindik disembarang tempat berisiko akan terjadinya infeksi kronis, alergi, perdarahan, abses, tetanus, HIV, cacat kulit permanen.
Para ahli kesehatan gigi dan mulut menyatakan, risiko infeksi akibat tindikan di lidah lebih tinggi ketimbang tatto. Peneliti berasalan karena pada dasarnya mulut seseorang sudah penuh dengan bakteri, dan bila ditambah dengan perhiasan logam di lidah, akan menambah kerusakan gigi dan gusi. Bahkan prosedur menusuk lidah sendiri (tindik) diketahui dapat merusakan saraf dan mengganggu indera perasa.

Waaa ternyata banyak juga tips-tips menjaga kesehatan lidah. Jadi sobat Girlisme jangan malas-malas buat menjaga kesehatan lidah masing-masing dari kita yaa!! Stay healthy!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *