Berkali-kali Rapat, Ternyata Pemerintah Masih Dilema Tetapkan Libur Cuti Bersama Lebaran

  • Whatsapp
copyright by renespoints.boardingarea.com

GIRLISME.COM – Pemerintah sedang dilema dalam menetapkan cuti bersama untuk lebaran. Pasalnya, keputusan pemerintah yang menetapkan cuti bersama untuk lebaran ditambah tiga hari pada 11, 12, dan 20 Juni, menuai banyak protes dari pihak pengusaha dan pelaku bisnis.

Read More

https://theworldnews.net

Kabarnya para pengusaha tersebut merasa tidak pernah diikutsertakan dalam pembahasan terkait penambahan cuti bersama selama tiga hari tersebut. Padahal, penambahan jumlah cuti bersama dapat mempengaruhi beberapa hal penting dalam dunia usaha. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi B Sukamdani.

“Ya, memang kalau masalah penambahan cuti bersama akan berpengaruh dari segi produktivitas, lalu juga akan berpengaruh pada biaya,” ujar Hariyadi, Senin (23/4).

Protes tersebut membuat pemerintah memutuskan untuk meninjau kembali Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri,  yang telah ditandatangani pada Rabu (18/4) lalu.

Pada Senin (30/4), Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menggelar rapat evaluasi cuti bersama yang dihadiri oleh Menteri PAN dan RB Asman Abnur, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Sekjen Kementerian Keuangan Hadiyanto.

Rapat evaluasi tersebut ternyata belum membuahkan hasil. Sehingga pada Rabu (2/5), Presiden Joko Widodo memutuskan untuk turun tangan dengan memanggil sejumlah menteri dan menggelar rapat tertutup untuk membahas cuti bersama tersebut.

Menteri-menteri yang hadir dalam rapat tertutup tersebut adalah Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution,  Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, Menteri Perhubungan Budi Karya, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

BACA JUGA :  Kita Patut Bangga, Indonesia Terpilih Jadi Tuan Rumah Untuk Dua Agenda Besar Ini

Sayangnya, rapat tersebut bernasib sama dengan rapat-rapat sebelumnya. Sehingga sampai saat ini, belum ada keputusan final terkait cuti bersama untuk perayaan Idul Fitri mendatang.

“Jadi dalam waktu satu atau dua hari ini secepatnya kita akan kumpul lagi untuk kemudian menyamakan persepsi dengan semua kementerian terkait dan juga mengundang BI, OJK, dan tentu saja perwakilan dari pengusaha,” kata Puan seusai rapat dengan Presiden Jokowi.

Menteri Puan Maharani juga mengatakan bahwa pemerintah tidak ingin tergesa-gesa dalam membuat keputusan, sebab banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Wah Smartgirl, jangan bilang kamu sudah beli tiket mudik?

Related posts