Kamu Anak Rantau? 6 Masakan Ibu Ini yang Membuat Kita Kangen Rumah

  • Whatsapp

Sebagai anak rantau yang jarang pulang, pasti akan merasa kangen dengan masakan ibu di rumah. Memang ada beberapa tempat makan yang menjual masakan rumahan, tapi tetap saja cita rasa yang dihasilkan akan berbeda. Walaupun sederhana, tapi makanan rumah rasanya paling juara dan penuh cinta. Beberapa makanan ini akan membuat kamu kangen dengan rumah:

  1. Nasi Goreng, Makanan khas rumah yang selalu ada di saat sarapan.

copyright by deliciousbali.wordpress.com

Read More

Masakan ini sering kali dijadikan menu sarapan pagi atau bekal ke sekolah. Banyak tempat makan atau pedagang kaki lima yang menjual nasi goreng. Tapi nasi goreng masakan rumah punya rasa khas yang berbeda dari segi bumbunya. Apalagi bahan campurannya bisa ditentukan sesuai keinginan sendiri mulai dari telur mata sapi, ayam, sosis, bakso, seafood.

  1. Sayur Asem, masakan khas Ibu yang membuat ketagihan.

copyright by foodblogs.com

Menu favorit ibu. Biasanya jadi salah satu makanan yang sering dihidangkan di rumah. Lebih enak lagi jika di beri tambahan makanan pelengkap seperti ikan asin, tempe dan tahu goreng, serta sambal. Sayur asem juga menyehatkan karena di dalamnya terdapat banyak sayuran seperti jagung, daun melinjo, kacang, pepaya muda, dan lain-lain.

  1. Opor, special lebaran pasti masakan yang selalu kalian tunggu-tunggu.

copyright by vebma.com

BACA JUGA :  Suka Makanan Yang "Challeng-ing"? Samyang Wajib Kamu Coba!

Makanan yang berbahan dasar ayam, telur, kentang dan kuah yang bersantan ini mengingatkan kita akan hari raya seperti Idul Fitri. Ayam yang dimasak dalam opor ini sangat empuk. Biasanya, ibu membumbui dengan kunyit, ketumbar, santan dan bawang merah tentu akan memberikan sensasi tersendiri bagi orang yang mengkonsumsinya.

  1. Makanan sejuta rempah, Rendang Makanan sejuta fans.

copyright by www.ceritaindonesia.web.id

Walaupun makanan berbahan dasar daging yang di olah dengan beraneka ragam rempah-rempah ini bias ditemukan di berbagai restoran Padang. Tapi sama halnya seperti Opor Ayam, kita akan teringat kebersamaan menyantap rendang di rumah saat Iduh Adha. Dengan berbahan dasar daging dan beberapa bumbu rempah-rempah yang ada di dalamnya seperti kunyit, ketumbar dan beberapa bumbu lainnya membuat Rendang membuat kita rindu dengan rumah. Kita tentu ingat, ketelatenan ibu saat memasak rendang semalaman.

  1. Rawon, Makanan khas Jawa Timur yang menggoyang lidah

copyright by sajiansedap.grid.id

Bagi perantau dari Jawa, khususnya Jawa Timur, pasti akan merasa kangen dengan rawon. Masakan berkuah yang berbahan dasar daging sapi dan kluwek ditambahi tauge muda dengan sambal trasi lengkapi dengan telor asin, tempe goreng begitu nikmat disantap. Beberapa Ibu biasanya akan memasak rawon dalam porsi besar untuk 2–3 hari. Setelah dihangatkan berkali-kali, kuah rawon justru semakin nikmat.

  1. Pepes, makanan unik khas Sunda buatan Ibu memang yang paling juara

copyright by www.siteadvisor.com

Makanan yang satu ini memang sangat mudah untuk ditemukan, pasalnya makanan ini biasanya di jual di penjual lauk pauk. Namun rasanya lebih enak pepes buatan Ibu, apalagi dinikmati bersama nasi putih hangat sambil mengobrol dengan keluarga tercinta. Berbagai macam isi seperti pepes yaitu tahu, ikan, ayam, telur dan berbagai jenis macam pepes lain.

Related posts