Pertaruhan Hidup Jonghyun Shinee Saat Menjadi Artis K-Pop !

  • Whatsapp

Girlisme.com– Meninggalnya artis korea Jonghyun Shinee menjadi duka bagi para fans fanatiknya. Diketahui bahwa JonghyunShinee meninggal karena depresi parah yang dialaminya.

Kasus bunuh diri Jonghyun memicu desakan akan perubahan besar-besaran pada ekosistem K-pop yang kompetitif, penuh tekanan, dan pengawasan ketat dari agensi-agensi artis.

Dalam wawancara dengan media Korea, member girl group T-ara, Hyomin, mengungkap betapa ketatnya aturan yang harus mereka jalani untuk menjadi seorang idola.

“Begitu ponsel kami disita agensi, kami menggunakan ponsel prabayar. Kami juga menyelinap diam-diam keluar dari asrama meskipun itu dilarang,” tutur Hyomin seperti dikutip dari Korea Herald dalam artikel “Trading personal life for fame“, Rabu (20/12/2017) dilansir dari Kompas.com

Berkembangg bersama dalam satu asrama, mereka dijejali dengan aturan-aturan, latihan yang tidak ada hentinya dan tekanan yang begitu besar dari berbagai pihak. Inilah yang membuat ekosistem K-Pop perlu dilonggarkan sehingga artis-artis tidak mengalami depresi yang besar.

Pengawasan ketat terhadap para idola itu berakar dari ekosistem K-pop yang unik, yakni bintang jarang ditemukan, mereka diciptakan.

 

Related posts