Jangan Duduk Lama-lama, Ini Bahaya Nya!

  • Whatsapp

Apakah kamu memiliki pekerjaan yang mengharuskan kamu duduk terlalu lama? Tanpa disadari sebenarnya ada banyak orang yang memiliki aktivitas atau pekerjaan yang harus dikerjakan dengan duduk. Misalnya saja seperti profesi penjahit, operator mesin otomatis di pabrik, pekerja kantoran dan beberapa profesi lain. Bahkan kebiasaan duduk lama sebenarnya juga dialami saat melihat televisi. Sudah sejak lama masalah duduk yang terlalu lama memang menjadi perhatian khusus. Dampak dari duduk terlalu lama berhubungan dengan sistem metabolisme. Bahkan dalam jangka panjang bisa meningkatkan resiko penyakit berat tertentu dan masalah kesehatan jangka panjang.

Banyak orang yang tidak berpikir mengenai resiko akibat duduk terlalu lama. Namun beberapa peneliti dan pemerhati kesehatan sudah lama memberikan peringatan mengenai hal ini. Dibawah ini adalah ulasan mengenai dampak kesehatan yang bisa terjadi jika kamu duduk terlalu lama.

Read More

1. Hobi Duduk berjam-jam? Waspada Penyakit Jantung

copyright by lifestyle.okezone.com

Duduk terlalu lama akan meningkatkan peluang sakit jantung termasuk serangan jantung dan kategori penyakit jantung lain. Penyebabnya adalah ketika posisi duduk lama maka tubuh akan menjalankan metabolisme lambat. Darah yang mengalir dalam tubuh berjalan lebih lambat sehingga menyebabkan otot tidak bisa membakar kalori seperti lemak. Akibatnya maka ada banyak lemak yang menumpuk otot dan pembuluh darah. Resiko panjangnya adalah lemak akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan gangguan jantung. Laki-laki dan perempuan yang duduk selama lebih dari 10 jam per hari maka akan memiliki resiko tinggi terkena penyakit jantung

BACA JUGA :  Gisel dan Gading Resmi Bercerai! Majelis Hakim Ungkap Alasannya

2. Tidak Hanya Jantung, duduk yang lama pun bisa menyebabkan Penyakit Diabetes

copyright by lagostelevision.com

Sebagai penyakit paling mematikan di dunia, anda wajib menghindari diabetes. Ketika kamu duduk terlalu lama maka akan menurunkan sistem kerja pankreas. Pankreas akan menghasilkan lebih sedikit insulin dari jumlah yang seharusnya. Bahkan ketika kamu sudah duduk lama  lebih dari 1 jam saja maka produksi insulin sudah berkurang banyak. Ketika pankreas tidak bisa memproduksi insulin maka tubuh kekurangan insulin dan akibatnya ada banyak gula di tubuh. Jika hal ini terjadi terus menerus maka risikonya adalah penyakit diabetes.

3. Jika sudah berlebihan, Bahaya duduk lama pun menyebabkan Resiko Tinggi Kanker

copyright by lifestyle.analisadaily.com

Dalam sebuah penelitian terbukti bahwa duduk terlalu lama bisa menyebabkan resiko penyakit kanker payudara, kanker rahim dan kanker usus besar. Resiko kanker ini menjadi lebih tinggi karena tubuh kurang aktif sehingga menurunkan potensi zat antioksidan dalam tubuh, produksi insulin yang lebih lemah, dan pertumbuhan sel yang lebih cepat namun ternyata justru sel yang tidak normal pemicu kanker. Sementara menggerakkan tubuh akan memulihkan semua kondisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan kanker.

4. Komplikasi Pencernaan

udemy.com

Duduk terlalu lama menyebabkan tekanan yang sangat besar untuk isi perut. Tekanan inilah yang akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih lambat dari sebelumnya. Sistem pencernaan yang terlalu lambat maka bisa menyebabkan organ pencernaan tidak bekerja dengan baik.  Beberapa gejala yang paling sering terjadi adalah perut kembung, kram, sembelit, mulas dan buang gas berlebihan. Semua masalah ini sebenarnya dipicu karena pencernaan tidak berjalan dengan baik sehingga menyebabkan pekerjaan mikroba dalam pencernaan juga bermasalah.

BACA JUGA :  Belum Lama Menikah, Istri Ceraikan Daus Mini Lewat WhatsApp

5. Penurunan Fungsi Otak

copyright by google.com

Ketika Anda terlalu banyak duduk maka bisa mengalami penurunan fungsi otak. Hal ini bisa terjadi karena terlalu banyak duduk akan membuat otak tidak mendapatkan asupan darah dan oksigen yang lebih cukup seperti ketika tubuh aktif. Otak membutuhkan oksigen dan darah yang cukup berkualitas untuk bisa melepaskan beberapa bahan kimia alami untuk tubuh. Jika terlalu banyak duduk maka bisa menyebabkan otak tidak bisa menerima semua ini dan fungsinya akan lebih cepat menurun

Itulah 5 bahaya duduk terlalu lama yang tentunya tidak ingin kamu alami. Jika memang kamu tidak dapat menghindari duduk terlalu lama saat bekerja, cobalah untuk menjadwalkan pergerakan tubuh setiap setengah jam sekali seperti pergi ke toilet, berjalan di sekitar kantor dan berinteraksi dengan rekan kerja, atau melakukan beberapa latihan otot yang dapat dilakukan sambil duduk.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *