Ternyata Menyapu Halaman Berhadiah Jodoh Lho!

  • Whatsapp

Ketika seorang perempuan menyapu halaman rumah, pantang hukumnya bagi dia untuk menyapu setengah hati, atau membiarkan masih ada sampah yang tercecer. Mengapa?

Karena nanti akan mendapatkan suami yang brewokan, katanya!

Read More

1.Dimana sebenarnya hubungan antara si halaman dan si jodoh?

Hal unik dari mitos ini adalah penggambaran efek atau akibat yang akan diterima oleh seorang perempuan jika saja ia nekat menyapu halaman dengan sok-soan. Yaitu, kedepannya dia akan mendapatkan suami yang katanya brewokan, alias wajahnya tidak bersih, dan kinclong, melainkan ditumbuhi dengan bulu-bulu. Wajah sang lelaki diibaratkan sebagai halaman rumah, dan brewoknya tadi diibaratkan sebagai sampah atau sisa kotoran yang tidak dibersihkan dengan baik dan masih tertinggal

2. Mengapa suamiya? Kenapa tidak tetangganya saja, atau mungkin nanti si perempuannya sendiri yang akan tumbuh brewok?

Dari mitos itu sendiri sebenarnya kita bisa melihat cuplikan kehidupan yang dijalani oleh masyarakat Indonesia ketika itu. Pemilihan tokoh suami sebagai penerima efek dari mitos ini adalah juga sebagai salah satu penggambaran situasi zaman dulu di Indonesia.

BACA JUGA :  Smartgirl Pernah Ke Taman Sari ? Ada Mitos Bohong Yang Sengaja Disebarkan Lho! Ini Penjelasannya...

Jika mendapatakan suami yang brewokan adalah sebuah akibat buruk,berarti menggambarkan selera dan model lelaki Indonesia ketikaitu, yaitu sebagai lelaki yang baik adalah yang klimis, bersih, rapi, tanpa pelihara brewok. Dan menjelaskan juga mengenai bagaimana perempuan memandang suami sebagai tokoh yang sangat penting, karena itu dijadikan sebagai target sasaran mitos, yang brewoknya saja, dikatakan bisa menjadi sesuatu yang berimbas pada perempuan. Dengan memahami ini, kita bisa melihat perubahan-perubahan nilai yang ternyata sudah terjadi pada masyarakat itu sendiri. Karena kalau sekarang, maka perempuan-perempuan Indonesia justru mulai menyukai lelaki yang brewokan. Menjadikan lelakinya sendiri juga justru yang bersemangat untuk menumbuhkan brewok.

3. Jadi, alasannya adalah? Perempuan jangan jorok!

Bahwa sejatinya, perempuan diharuskan untuk tetap menjaga kebersihan, baik dirinya sendiri maupun lingkungannya. Sampai sepenting itu hingga halaman pun menjadi salah satu dalam daftarnya. Perempuan jangan sampai tidak mampu mengerjakan hal-hal dasar dalam rumah tangga, karena hal tersebut nantinya akan berefek buruk bagi keluarganya kelak.

Karena itulah menyapu saat ini akibatnya akan ditanggung oleh suami. Maksudnya adalah hal yang tidak baik dilakukan perempuan saat ini, akan memberikan akibat buruk saat ia dewasa kelak.

Related posts