Sering Gonta-Ganti Lipstick? Hati-hati 5 Bahaya Ini!

  • Whatsapp

Saking tingginya pasar make up saat ini menjadikan hampir setiap tahunnya produsen kecantikan mengeluarkan jenis produk yang sangat bermacam-macam. Perempuan yang jadi target pasar tentu saja nggak ada yang mau kalah. Keluar satu, langsung coba. Nanti keluar yang lain, harus coba lagi. Hal ini juga berlaku pada lipstick. Dari jenis yang liquid, stick, balm, tint, sampai powder, perempuan pasti langsung ngerasa bukan perempuan kalau belum coba semua. Tapi tahukah kamu Smartgirl, kalau gonta-ganti lipstick ternyata berbahaya?

1. Bibir menghitam.

https://www.glamour.com

Read More

Bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang sensitif, karena itu pemakaian lipstick secara sembarangan bisa mempengaruhi kesehatan maupun tampilannya. Penghitaman pada bibir akibat lipstick ini dikarenakan penggunaan yang sembarangan. Penumpukan pigmen warna yang dimiliki oleh produk lipstick tersebut di bibirmu, bisa bikin bibirmu berubah gelap. Apalagi jika gonta-ganti merk liptcik tanpa hati-hati.

2. Bibir kering dan pecah-pecah.

https://www.huffingtonpost.com

Nggak semua bibir cocok dengan merk lipstick terntentu. Terlebih lagi bagi kamu yang hobi banget liat tutorial make up, harus hati-hati. Belum tentu lipstick yang terlihat cocok di bibir idolamu itu, pas juga untuk bibirmu. Sensitifitas bibir ini akan membuatnya menjadi kering jika bereaksi pada bahan kimia yang nggak cocok. Karenanya bibirmu biasanya akan pecah-pecah dan terkelupas.

BACA JUGA :  Bingung mengolah kulit ayam? Ini dia 3 resep mudah yang bisa kamu praktekkan di rumah

3. Bibir terasa ketat dan perih.

https://www.rd.com

Setiap lipstick punya formula yang berbeda ya Smartgirl. Seperti yang tadi sudah dijelaskan, ada beragam sekali modelnya, mulai dari matte, glossy, tint, balm, liquid sampai powder. Bahan-bahan ini nantinya belum tentu cocok semua untuk kamu. Ketika bahan lipstick terlalu keras untuk bibirmu, biasanya bibir akan bereaksi dengan memberikan rasa ketat dan susah untuk digerakkan. Inilah yang sering menimbulkan kekeringan dan terkelupas parah juga di bibirmu.

4. Bisa menyebabkan kanker.

https://www.rd.com

Hal ini disebabkan karena adanya kandungan methylparaben dan merkuri. Senyawa kimia yang ada di beberapa merk lipstick, yang ternyata penggunaannya bisa menimbulkan reaksi kanker pada tubuhmu. Karena itu hendaknya sebelum mengganti lipstick, kamu perhatikan dulu komposisinya, dan lakukan pencarian informasi dan review di internet. Juga jangan membeli lipstick sembarangan karena tergiur harga yang murah atau tampilannya yang lucu. Kesehatanmu tetap yang nomer satu ya Smartgirl.

5. Menyebabkan alergi.

http://www.fashionlady.in

Pergantian lipstick yang dilakukan dengan sembarangan bisa membuat bibirmu lelah bereaksi dengan kandungan kimia di dalamnya. Reaksi alergi yang diperlihatkan oleh bibirmu ketika terkena bahan yang nggak cocok dengannya bisa berupa rasa gatal, menebal, dan juga sensasi panas. Hal ini disebabkan karena kandungan pigmen maupun kimia lainnya yang ada di lipstick tersebut nggak bisa dihandle oleh sistem kekebalan di tubuhmu. Jika sudah mulai merasakan ini baiknya kamu hentikan pemakaian produk yang bersangkutan.

Beauty and smart, lebih baik daripada beauty is pain, apalagi ini mengenai kesehatan jangka panjang. Kamu baiknya hati-hati dalam gonta-ganti merk kosmetikmu ya, Smartgirl. Jika sudah mulai terasa nggak nyaman, baiknya kamu hentikan pemakaiannya.

Related posts