Kamu Muslimah Berhijab dan Suka Travelling? Ini 5 Tips Agar Ibadahmu Tidak Terlewatkan

  • Whatsapp

SmartGirl seorang muslimah yang berhijab? Suka travelling juga? Biasanya kebanyakkan cewek pada ribet perihal masalah packing dan barang apa saja yang harus dibawa. Apalagi seorang muslimah kita diwajibkan untuk beribadah lima kali sehari.

Nah menyikapi masalah tersebut, GirlIsme punya tips dan trik nih biar travellingmu tetap menyenangkan, ibadahmu pun tak terlewatkan. Mau tahu apa saja? Yuk disimak baik-baik yaa!

Read More

  1. Tentukan Tempat Apa yang Akan Kalian Kunjungi

copyright by dianpelangi.net

Kalian bisa menentukan tempat apa yang akan kalian tuju, mungkin bisa disesuaikan dengan bawaan yang kalian akan bawa. Kalian bisa memilih tempat-tempat wisata religi untuk dikunjungi. Sekalian juga menambah wawasan tentang jejak Rasulullah dan para sahabatnya.

Tentukan secara matang agar kalian tetap bisa merasakan perjalanan religi walaupun kalian sedang travelling ke luar kota atau luar negeri. Kalian bisa memilih negarah Jazirah Arab untuk kalian kunjungi. Seperti Arab Saudi, Mesir, Mekkah, Madinah, ataupun Turki. Kalian juga bisa menyusun jadwal perjalanan kalian, dan memesan tiket pesawatnya.

2.      Bawa Perlengkapan Seperlunya

copyright by google.com

Bawa barang-barang yang diperlukan saja, secukupnya. Jangan sampai barang bawaanmu justru menjadi beban dan menjadi penyebab kalian kelelahan yang akhirnya ibadah kalian batal ditengah jalan. Kalau seperti itu jadinya, kegiatan travellingmu justru akan menimbulkan mudharat. Jadi, kalau bisa kalian meminimalisir barang bawaan kalian.

BACA JUGA :  Kamu Suka Posting Momen Travelling di Instagram? Terapkan 4 Tips Ini Agar Fotomu Lebih Bersenyawa!

3.      Bawalah Daypack Saat Berkeliling, Kalian Tak Perlu Membawa Carrier

copyright by //djafa.org

Kalian bisa menggunakan Daypack saja untuk berkeliling. Jadi, kalian tak perlu berat-berat membawa tas carrier yang besar. Perjalanan kalian menjadi nyaman dan tenagamu tidak terlalu dikuras habis. Kalian bisa meninggalkan koper kalian di hotel ataupun loker hostel kalian. Cukup membawa peta, gadget, dokumen penting dan bekal untuk berbuka.

4.      Jadi Volunteer di Tempat Ibadah

copyright by twitter.com

Agar perjalanan kalian menjadi bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri saja, kalian bisa bergabung dalam kegiatan sosial. Kalian bisa menjadi relawan yang menyediakan takjil, mengajar anak-anak di TPA sampai membantu merapikan masjid. Dengan cara begitu, tentu travellingmu tidak akan sia-sia begitu saja, selain bermanfaat bagi orang banyak, menambah pahala, tentunya menambah pengalaman juga.

5.      Manfaatkan Gadget Untuk Ibadah

copyright by islamidia.com

Nah, yang satu ini memang sangat krusial. Gadget kalian yang biasa kalian gunakan untuk selfie boarding pass sebaiknya kalian alih fungsikan. Alih fungsi menjadi apa? Menjadi barang yang bermanfaat dan bisa menambah pahala kalian di saat bulan suci Ramadhan ini. Kalian bisa download aplikasi yang mendukung ibadah puasa kalian, seperti aplikasi Al-qur’an digital, pengingat waktu shalat, kumpulan hadist-hadist shahih dan aplikasi lainnya. Aplikasi ini bisa kalian gunakan disaat waktu senggang, seperti dalam kendaraan. Kalian bisa membaca Al-qur’an ataupun hadist selama perjalanan, tanpa perlu repot membawa Al-qur’an atau buku-buku lainnya.

Related posts