Ngga Mau Keluar Rumah Karena Mata Bintitan? Tenang, Ini Tips Mengobatinya!

  • Whatsapp

Bintitan atau yang dalam bahasa medis disebut hordeolum adalah kondisi ketika bintil menyakitkan yang mirip jerawat atau bisul tumbuh di tepi kelopak mata. Sebagian besar bintitan hanya muncul pada salah satu mata. Kondisi ini juga umumnya tidak berdampak buruk pada kemampuan penglihatan pengidap.

Bintitan biasanya terjadi di kelopak mata bagian luar, tapi terkadang juga bisa muncul di bagian dalam. Bintil yang tumbuh di bagian dalam lebih menyakitkan daripada yang tumbuh di luar.Nah sebenernya ada ngga sih obat alami untuk bintitan? Simak terus yaa

Read More

  1. Manjakan matamu, dengan mengompres nya dengan air hangat.

copyright by www.cerpen.co.id

Saat mata terasa kering dan gatal-gatal, cobalah untuk mengompresnya dengan air hangat agar mata menjadi lebih nyaman. Cukup dengan membasahi kain dengan air hangat dan tempelkan pada mata yang tertutup selama beberapa saat, maka peredaran darah di area mata akan menjadi lebih lancar sehingga mata pun akan terasa lebih baik. Untuk menghindari masalah mata kering atau mata lelah, kita juga bisa melakukan hal ini setiap hari setelah pulang dari tempat kerja.

  1. Bukan sembarang obat, Bawang putih bisa kamu gunakan sebagai obat bintitan!

copyright by www.vehicleforge.org

BACA JUGA :  Rambut Kamu Sering Kusut dan Rapuh? Coba deh 3 Resep Obat Alami Ini, Dijamin Baka buat Rambut Sehat dan Halus!

Mata bintitan memang dapat menyebabkan ketidaknyamanan kita dalam melihat. Mata bintitan terjadi karena adanya bakteri stapylococcal aureus yang terdapat pada kelopak mata. Mata bintitan dapat membentuk abses di kelopak mata dan pecah dengan mengeluarkan nanah.

Bawang putih memang kaya akan manfaat, selain dapat digunakan untuk bumbu dapur ternyata bawang putih juga memiliki manfaat dalam mengobati mata bintitan. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung antibakteri yang dapat membasmi bakteri penyebab mata bintitan.

Untuk menghilangkan bintitan dengan bawang putih cukup mudah, caranya adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan terlebih dahulu mata Anda dengan air hangat.
  • Siapkan 1 siung bawang putih.
  • Kemudian haluskan bawang putih dengan blender, diparut atau ditumbuk.
  • Setelah itu, oleskan bawang putih tersebut pada area kelopak mata yang mengalami bintitan. Lakukan hal tersebut secara teratur dan berkala.
  1. Daun Sirih, daun sejuta manfaat. Bisa kamu coba juga sebagai obat mata bintitan

copyright by tanamanhiasan.com

Bintitan yang merupakan infeksi akibat bakteri Stafilikokus ini bisa disembuhkan dengan daun sirih yang mana Zat kavikol dari daun sirih tersebut secara perlahan membunuh bakteri stafilikokus yang menyerang kelopak mata.

Cara yang paling efektif membunuh bakteri stafilikokus pada mata ini yaitu dengan cara membasuh mata dengan menggunakan air rebusan daun sirih. Adapun caranya sebagai berikut

Ambil 4 lembar daun sirih yang tua agak tua kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah dingin gunakanlah air rebusan daun sirih itu untuk mencuci mata anda. gunakanlah piring kecil atau alangkah baiknya anda menggunakan gelas mata ( bisa dibeli apotik) pada saat anda mencuci ( merendam ) mata anda.

Cara penggunaannya :

  • Bersihkan mangkuk/gelas mata sebelum digunakan
  • sekiranya kelopak mata kurang bersih/ ada sisa make up bersihkan terelbih dahulu
  • isi gelas mata dengan air rebusan daun sirih tadi
  • Tundukkan kepala sedikit kedepan, kenakan gelas mata yang berisi air tadi ke kelopak mata. Jaga agar mata tetap terbuka supaya air rebusan daun sirih tadi dapat mengalir bebas diseluruh permukaan mata dan efek pengobatan berlangsung seksama. Lakukanlah kurang lebih setengah menit.
  • Buang isi gelas mata yang berisi air rebusan daun sirih tadi setelah pemakaian dan bersihkan kembali gelas matanya.
  • Setelah pengobatan, tutup mata sebentar lalu bersihkan sisa larutan dengan tisu bersih
  • lakukanlah pengobatan ini 2-3 kali sehari, sampai mata anda sembuh.

Related posts