Jadwal Menstruasimu Ngga Lancar? Ini 4 Penyebabnya!

  • Whatsapp

Smart Girl pernah mengalami Menstruasi tidak lancar atau menstruasi tidak teratur? Menstruasi yang tidak teratur adalah kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim yang keluar menjadi darah, biasanya terjadi selama 3-7 hari. Sewajarnya siklus menstruasi terjadi setiap 28-35 hari atau sebanyak 11-13 kali menstruasi dalam satu tahun. Tiap wanita mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda, bisa lebih pendek atau lebih panjang.

Menstruasi dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklus menstruasi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Juga apabila lamanya menstruasi berubah-ubah setiap bulannya. Volume darah yang tidak sama, kadang banyak atau kadang sedikit, juga menjadi tolak ukur menstruasi tidak lancar. Nah sebenernya apa sih penyebabnya menstruasi tidak lancar ini? Mau tahu? Check this out!

Read More

  1. Perhatikan Makanan keseharianmu, Pola Hidup sehari-hari juga menyebabkan jadwal menstruasi mu berubah-ubah loh!

copyright by wral.com

Kalau kamu melakukan diet atau olahraga yang berlebihan dan berat kamu turun drastis, hal itu bisa menyebabkan menstruasi tidak lancar atau tidak teratur. Begitu pula dengan berat badan yang berlebih atau obesitas. Tidak hanya perubahan berat badan, stres juga bisa memengaruhi siklus menstruasi mu loh.

Jadi jangan pernah bosan untuk memperhatikan makanan yang kamu makan ya SmartGirl, karena ternyata apa yang kamu makan berpengaruh terhadap jadwal menstruasi mu loh!

  1. Berat Badan turun drastis

copyright by merdeka.com

Banyak nih para cewek yang melakukan diet ketat sampai rela tidak makan. Tidak hanya bisa membuat badan sakit, tapi juga membuat jadwal datang bulan mu berantakkan loh girlsss …

Kondisi berat badan yang turun secara drastis akibat gangguan pola makan serius, seperti pada anorexia dan bulimia bisa menjadi penyebab menstruasi datang tidak teratur.Sedangkan penurunan berat badan akan menyebabkan gangguan haid. Gangguan ini dipengaruhi oleh kebutuhan lemak yang berkurang saat pembentukan hormon haid.

  1. Stress Emosional

copyright by artikelhki.blogspot.co.id

Minggu-minggu yang penuh dengan ujian dan tugas membuatmu stress? Pantas saja menstuasimu mundur dari jadwal! Kok bisa?

Stres emosional yang berlaru-larut akan menyebabkan perdarahan yang tidak teratur.Buang jauh-jauh pemikiran seputar deadline tugas kantor, persiapan ujian akhir semester, kehilangan pekerjaan, kehilangan orang terdekat, dsb. Membuang aktivitas di atas bukan berarti tidak memikirkannya. Namun, kurangi apabila menimbulkan rasa stres. Saat kamu stres maka tubuh akan memproduksi hormon stres yang akan berpengaruh pada keluarnya hormon menstruasi.

Kondisi stress yang sedang kamu alami akan berpengaruh pada Hypothalamus, padahal hytpothalamus merupakan bagian dari otak yang menjadi tempat berbagai hormon yang mengatur periode menstruasi. Karena faktor ini, menstruasi akhirnya tidak teratur.

  1. Aktivitas yang seabreg mungkin salah satu sebab menstruasi tak kunjung datang!

copyright by www.entrepreneur.com

Aktivitas yang berlebih yang menimbulkan rasa capek akan berpengaruh pada kelenjar hipotalamus, yang nantinya juga mempengaruhi hormon menstruasi. Hal ini dapat mempengaruhi pelepasan LS dan FSH, yaitu hormon hipofisis yang memicu ovulasi (pelepasan sel telur). Ovulasi ini akan berpengaruh pada haid yang tidak lancar.

Untuk mengatasi keterlambatan menstruasi dengan penyebab ini, dapat dimulai dengan memporsi aktivitas yang menjadi prioritas utama. Kurangii jika memungkinkan, hindari jika tidak merepotkan. Sayangi badanmu juga yaa jangan sampai kelelahan dan akhirnya ambruk ditengah jalan.

Related posts