Takut Travelling Karena Mabuk di Perjalanan? Don’t Worry Ini 5 Tips Mencegahnya!

  • Whatsapp

Bepergian jauh menggunakan transportasi darat, laut, ataupun udara tentu akan sangat menyenangkan. Namun hal tersebut nampaknya tidak berlaku bagi mereka yang sering mengalami mabuk perjalanan. Terkadang, rencana untuk berlibur ke tempat yang jauh akan terganggu ketika kondisi tubuh menurun akibat mabuk kendaraan. Ketika mengalami mabuk perjalanan, perut akan terasa mual, kepala pusing dan terasa sakit, tubuh lelah, muncul keringat dingin, peningkatan air liur, dan juga kulit nampak pucat.

Tentunya kondisi tersebut menjadi gangguan besar bagi orang-orang yang hendak melakukan perjalanan jauh. Bahkan orang-orang yang sering mengalami mabuk perjalanan seringkali merasa malas melakukan perjalanan jauh karena mentalnya sudah takut untuk merasakan mabuk perjalanan. Nah SmartGirl termasuk yang sering mabuk kalau sedang berpergian ngga? Kalau iya tenang aja GirIsMe bakal kasih tips agar selama perjalanan kamu ngga mabuk. Disimak yaa!

Read More

  1. Atur Posisi Dudukmu, Pastikan Kamu duduk di Depan!

 

 

copyright by mediccast.com

Kalau kamu bepergian menggunakan mobil, atur posisimu, pilihlah duduk di kursi depan. Para peneliti menyatakan bahwa mabuk kendaraan terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara apa yang dilihat oleh mata dan bagaimana tubuh menginterpretasikan gerak kendaraan. Hal itulah yang akan menyebabkan mual dan pusing sebagai gejala dari mabuk kendaraan.

BACA JUGA :  Kamu Seorang Introvert? Cobain deh Travelling ke 3 Museum Ini, Dijamin Bakal Jadi Momen Tak Terlupakan!

Untuk mengatasi hal tersebut, duduklah di kursi depan sehingga fokus mata berada di jalan yang kamu lihat di kursi depan. Kondisi itu akan membuat mata dan juga tubuh kamu menginterpretasikan informasi yang sama. Menyetir juga bisa menjadi cara menghilangkan mabuk perjalanan. Dengan menyetir, pikiran kamu akan terfokus untuk melihat jalanan yang ada di depan. Namun, kalau kamu tidak bisa mengemudikan mobil, usahakan kamu duduk di samping kemudi sehingga fokus kamu akan berada di jalan depan.

  1. Bukan hanya pandangan, tapi perhatikan pula sirkulasi udara di dalam kendaraan!

copyright by iqballez.blogspot.co.id

Beberapa faktor yang menyebabkan mabuk kendaraan di antaranya adalah kekurangan oksigen dan juga sensitif terhadap udara dingin AC mobil. Untuk menghindari kondisi tersebut, sebaiknya kamu membuka sedikit kaca jendela mobil untuk menghasilkan sirkulasi udara yang baik. Hal tersebut akan membantu suplai oksigen yang cukup ke dalam kendaraan sehingga tubuhmu  juga tidak kekurangan oksigen. Selain itu, sirkulasi udara yang baik juga akan memberikan rasa nyaman bagi tubuh kamu. Jadi jangan takut muntah saat di perjalanan!

  1. Berfikir tenang saat di perjalanan, pergunakan waktu untuk istirahat

copyright by brilio.net

Tidur bisa menjadi salah satu alternatif yang paling efektif untuk mencegah mabuk perjalanan. Cara ini juga terbukti berhasil dan sering digunakan oleh banyak orang sebagai tindakan antisipasi. Kalau kamu kesulitan untuk tidur di dalam kendaraan, kamu bisa menggunakan bantuan obat tidur agar tubuh bisa beristirahat di dalam kendaraan. Namun, sebelum mengkonsumsi obat tidur pastikan bahwa kamu tidak akan memegang kemudi selama perjalanan.

  1. Ubahlah mindset, jangan lama lama menunduk kebawah ya!

copyright by www.huffingtonpost.com

Hindari terlalu sering melakukan aktivitas yang mengharuskan kepala untuk menunduk dan melakukan pandangan ke bawah. Pandangan ke bawah akan membuat rasa mual datang lebih cepat. Selain itu, kepala juga akan lebih cepat merasa pusing. Hindari beberapa hal yang dapat mendatangkan rasa mual, seperti bermain gadget, membaca, dan lain sebagainya.

BACA JUGA :  Mau Diet Tapi Susah? Yuk Ganti Jajanmu Pake Resep Jus-Jus Ini!

Kalau kamu ingin menghilangkan rasa bosan, kamu bisa mendengarkan musik atau melakukan permainan dengan penumpang yang lain. Hindari pula fokus obyek di dalam kendaraan. Usahakan agar fokus penglihatan kamu berada di luar kendaraan sehingga mabuk perjalanan dapat dicegah. Banyak kasus yang menunjukkan bahwa melakukan aktivitas yang terlalu terfokus di dalam kendaraan seperti bermain gadget dan juga membaca dapat menyebabkan mabuk perjalanan.

  1. Jangan lupa untuk membawa air putih, minumlah sebanyak banyaknya. Jangan sampe dehidrasi!

copyright by www.oto.com

Semalas apapun kamu untuk minum air putih, namun hal tersebut harus kamu lakukan selama melakukan perjalanan. Dehidrasi adalah salah satu faktor yang akan memperburuk kondisi tubuh ketika mengalami mabuk perjalanan. Namun, mengkonsumsi minuman bersoda atau berperisa juga tidak ada salahnya. Kedua jenis minuman tersebut akan mengalihkan perhatian pencernaan terhadap rasa mual sehingga mabuk perjalanan dapat dicegah. Beberapa jenis minuman yang memiliki kandungan protein juga terbukti efektif untuk mengatasi mabuk perjalanan.

Nah SmartGirl sudah tahu kan tips dan trik apa saja yang harus dilakukan saat melakukan perjalanan, semoga dengan tips diatas SmartGirl tidak mabuk di perjalanan ya. Happy Travelling!

Related posts