Jokowi Resmi Putuskan Ibu Kota Indonesia Dipindahkan ke Luar Jawa! Ini 3 Kota yang Akan Jadi Penggantinya!

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Presiden Joko Widodo telah resmi memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota Indonesia ke luar pulau Jawa. Hal itu diputuskan Jokowi dalam rapat terbatas yang membahas mengenai pemindahan Ibu Kota di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Bambang Brodjonegoro, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), mengungkapkan bahwa sebelum resmi memutuskan pemindahan Ibu Kota ke luar Jawa, terdapat tiga alternatif yang ditawarkan ke Jokowi. Pertama, Ibu Kota tetap di Jakarta dengan syarat daerah seputaran Istana dan Monas dibuat khusus untuk kantor-kantor pemerintahan, kementerian, dan lembaga. Sehingga seluruh kawasan pemerintahan berada di satu tempat dan itu menciptakan efisiensi di dalam tugas koordinasi pemerintah. Kedua, pusat pemerintahan pindah ke luar Jakarta, tetapi masih dalam radius sekitar 50-70 km dari Jakarta. Ketiga, memindahkan Ibu Kota ke luar pulau Jawa, khususnya mengarah kepada kawasan timur Indonesia.

Read More

“Dalam rapat tadi diputuskan, Presiden memilih alternatif ketiga, yaitu memindahkan Ibu Kota ke luar Jawa. Ini barangkali salah satu putusan penting yang dilahirkan hari ini,” kata Bambang, dikutip dari Kompas.com.

Lebih jauh, Bambang juga mengungkapkan bahwa keputusan Jokowi tersebut diambil dengan mempertimbangkan agar Indonesia tidak Jawa sentris, dan diharapkan nantinya pertumbuhan ekonomi bisa merata di setiap wilayah.

Kabarnya, akan ada tiga kota yang menjadi alternatif lokasi Ibu Kota yang baru, yakni Palangkaraya dan sekitarnya Provinsi Kalteng, Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, serta Panajam dan sekitarnya Provinsi Kalimantan Timur.

BACA JUGA :  Matthew Lewis, Pemeran Neville Longbottom dalam Harry Potter Resmi Menikah

Related posts