Muka Jerawatan tapi Pingin Coba-coba Tren Make Up? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Perhatiin!

  • Whatsapp

Muka berjerawat memang seringnya bikin khawatir dan nggak bebas. Salah satunya ketika pingin coba tren make up yang beragam, takutnya malah jerawatnya menjadi semakin meradang. Padahal akhir-akhir ini banyak banget tren make up dan riasan wajah yang menarik untuk di recreate. Bekas jerawat yang ada di wajah juga kerap bikin repot, inginnya ditutupi saja, tapi nantinya jika menggunakan make up yang terlampau tebal dan sering, jerawatnya malah akan semakin muncul. Bingung nggak sih?

1. Usahakan pilih make up base dengan produk bertekstur ringan.

https://www.youtube.com

Read More

Saat ini penggunaan base make up atau yang biasanya disebut dengan primer merupakan hal yang biasa dilakukan, sebelum pengaplikasian foundation. Bagi kamu yang wajahnya berjerawat pilihlah primer yang ringan dan teksturnya lebih cair. Ini bertujuan supaya pori-pori wajahmu nggak tersumbat dan nantinya bisa memicu tumbuhnya jerawat. Primer sendiri memang memberikan efek yang bagus untuk make up, yaitu membuat muka tampak lebih matte, nggak berminyak, dan pastinya lebih tahan lama.

2. Hati-hati dengan foundation.

http://www.biibiibeauty.com

Pemakaian foundation memang salah satu tahap yang penting dalam menentukan tampilan make up mu. Tapi bagi kamu yang berjerawat, disarankan untuk mendahulukan penggunaan foundation yang memang untuk kulit berjerawat. Sebab foundation ini biasanya memiliki kandungan yang bisa mencegah jerawatmu dari peradangan, ruam merah, dan sekaligus memberikan efek pereda radang. Foundation yang melekat langsung dan lama di kulitmu, serta dilakukan berulang kali bisa menimbulkan jerawat jika saja kamu nggak hati-hati dalam memilih. Ada foundation yang ramah jerawat dengan daya cover high, medium, dan low, kamu tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan kegiatanmu.

BACA JUGA :  Laris Manis, Film Jumanji Akan Dibuat Sekuel

3. Boleh pakai sunblock, tapi…

https://www.everydayhealth.com

Penggunaan sunblock memang disarankan untuk membantu kamu terlindung dari sinar UV. Namun untuk para pemilik kulit berjerawat disarankan untuk tidak menggunakan sunblock dengan kadar SPF yang terlalu tinggi. Kamu bisa menggunakan maksimal SPF 30. Sebab kadar SPF yang tinggi bisa menjadikan wajahmu lebih berminyak, gampang kotor, dan make up mu pun lebih cepat pudar.

4. Sebisa mungkin hindari penggunaan blush on.

http://beautynesia.id

Bagi kamu yang memiliki area jerawat di bagian pipi, penggunaan blush on nggak disarankan. Karena hal ini bisa menyebabkan jerawat di pipimu semakin terlihat. Sebab warna yang kamu pulaskan di bagian tersebut akan membuatnya menjadi pusat perhatian ketika seseorang memandangi wajahmu. Untuk memberikan kesan cerah pada make up kamu bisa memilih menonjolkan riasan pada bagian mata ataupun bibir, menggunakan warna-warna yang terkesan lebih bold.

5. Pilihlah bedak tabur.

https://ajcrimson.com

Penggunaan bedak tabur ini disarankan bagi kamu yang kulitnya berjerawat. Hal ini karena tekstur yang ada pada bedak tabur lebih ringan dan nggak megandung foundation di dalamnya, layaknya bedak padat. Jika memang kamu merasa bedak tabur nantinya mudah luntur atau pudar, maka kamu bisa menggunakan teknik baking make up, atau teknik dengan cara menempelkan bedak sacara tebal di bagian-bagian berminyak di wajahmu setelah penggunaan base make up dan foundation. Setelahnya biarkan selama 5-10 menit lamanya, baru kemudian kamu bisa hapus dan ratakan di seluruh bagian wajahmu. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan bedak lebih dahulu, bar u kemudian menggunakan foundation. Kedua cara ini terbukti bisa bikin wajahmu terlihat matte lebih lama.

Selain hal-hal di atas yang perlu kamu perhatikan juga adalah kebersihan alat-alat make upmu ya Smartgirl. Dimulai dari spons, brush, ataupun beauty blender yang kamu gunakan. Ingatlah untuk tetap memperhatikan tekstur dan kandungan yang ada di tiap produk make up yang kamu gunakan, sebab bagi wajah yang sensitif, peradangan jerawat memang cepat terjadi jika saja wajah terkena bahan yang nggak cocok dengannya.

Related posts