COMMPRESS 2019 COMPETITION : “Create to Unite” !

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Tahun 2019 ini dibuka oleh Universitas Multimedia Nusantara dengan menghadirkan sebuah kompetisi jurnalistik, yang bertajuk Create to Unite.

Apa sih maksudnya?

Read More

Maksud dari tajuk tersebuh adalah, diharapkan bahwa karya jurnalistik tidak menjadi pemecah melainkan pemersatu bangsa. Para jurnalis muda diajak tidak hanya sekadar memberi informasi pada karya jurnalistik yang dibuatnya melainkan ada unsur yang bisa mempersatukan masyarakat. Hal ini dikarenakan mulai marak produk-produk jurnalistik yang tidak menghiraukan etika jurnalistik dan menimbulkan persepsi-persepsi yang berpotensi memecah belah masyarakat. Oleh karena itu, Commpress 2019 ingin mengembalikan kembali produk jurnalistik yang mampu menjadi pemersatu agar kembali menjadi sumber informasi yang dipercaya oleh masyarakat.

Karena itulah kompetisi ini dihadirkan dengan mata lomba yang sangat mendukung para jurnalis muda untuk mengembangkan karya dan bakatnya. Apa sajakah itu??

Ada 3 jenis lomba yang diadakan :

1. Opinion Writing.

Banyaknya isu keragaman yang muncul belakangan menjadi sesuatu yang menarik untuk dibicarakan. Namun, adanya sebuah karya sangat mungkin menjadi pemersatu keragaman tersebut. Dalam lomba Opinion Writing, peserta diharapkan dapat menuliskan opininya mengenai upaya atau karya yang dapat dibuat untuk menyatukan keragaman yang ada.
Terdapat tiga tema yang dapat dipilih, yaitu:

● Politik,
● SARA, dan
● Strata Sosial.

Biaya pendaftaran : Rp25.000/karya (UMN), Rp35.000/karya (non-UMN)!

 

2. Photo Story.

Dokumentasi menjadi sesuatu yang bisa mengingatkan orang pada suatu hal yang baik. Dalam lomba Photo Story, peserta diajak untuk mendokumentasikan upaya atau karya yang dapat menyatukan keragaman dalam bentuk kumpulan foto. Foto yang diambil harus memiliki cerita dan nilai di baliknya.

BACA JUGA :  Catat Tanggalnya! Jadilah Saksi Lahirnya Jurnalis Muda Indonesia di Young Journalist Award 2019!

Biaya pendaftarannya : Rp25.000/karya (UMN), Rp35.000/karya (non-UMN)!

 

3. Video Feature.

Video feature merupakan karya jurnalistik visual yang memiliki alur cerita di dalamnya untuk menerangkan sebuah informasi. Biasanya, video feature dibuat demi menjelaskan suatu cerita secara mendalam agar audiens benar-benar memahaminya. Melalui media video, peserta lomba Video Feature diajak untuk dapat memvisualisasikan upaya atau karya yang dapat menyatukan keragaman secara mendalam.

Biaya pendaftarannya : Rp25.000/karya (UMN), Rp35.000/karya (non-UMN)!

Selain lombanya yang keren dan bermutu, didukung juga sama juri-juri yang sangat kompeten di bidangnya….

Nah, buat kamu yang tertarik, langsung aja siapin karyamu buat kompetisi COMMPRESS 2019 : Create to Unite ya!

Langsung cek  Instagramnya di @commpressumn dan bisa dihubungi lewat OA LINE : (@sbc2975h).

Lebarkan skill, pengalaman dan kemampuanmu di bidang jurnalistik, sekaligus menangin hadiah jutaan rupiah. Ditunggu yaa partisipasinya!

Related posts