KPU Telah Merilis Daftar Panelis Debat Perdana Pilpres 2019. Kira-kira Siapa Saja Orangnya?

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merilis daftar panelis untuk debat perdana Pilpres 2019 mendatang. Dalam daftar tersebut, terdapat delapan nama panelis yang akan menyusun pertanyaan untuk diajukan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden.

“Panelis sudah ditetapkan, ada delapan panelis. Tujuh sudah konfirmasi bersedia,” kata Ketua KPU Arief Budiman, Sabtu (29/12).

Read More

Pihak Humas KPU juga telah mengeluarkan rilis yang menyatakan bahwa delapan panelis debat pertama Pilpres 2019 terdiri dari kalangan akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), hingga pimpinan Lembaga Negara. Hanya saja, untuk saat ini baru tujuh panelis yang sudah dikonfirmasi bersedia. Sedangkan untuk panelis kedelapan, KPU masih menunggu konfirmasi. Rencananya panelis kedelapan merupakan unsur pimpinan KPK.

“Kita sudah kirim surat secara resmi karena dia mewakili institusinya,” imbuh Arief.

https://nasional.kompas.com

Tujuh panelis tersebut adalah:

1. Hikmahanto Juwana

Hikmahanto Juwana merupakan seorang Guru Besar Hukum Internasional, Universitas Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Tim Independen Penyelesaian Konflik Polri-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2015. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum Univesitas Indonesia (UI) periode 2004-2008.

2. Bagir Manan

Bagir Manan adalah seorang Doktor Hukum Tata Negara, Universitas Padjadjaran. Bagir perna menjabat sebagai Ketua Mahkamah Agung periode 2001-2008. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Pers periode 2010-2013.

3. Ahmad Taufan Damanik

BACA JUGA :  Drama Kasus Audrey: Dari Tagar #JusticeForAudrey Hingga #AudreyJugaBersalah! Netizen: Yaelah, AUdrey Ngprank Indonesia!

Ahmad Taufan adalah Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) saat ini. Dahulu, ia pernah menjabat sebagai komisioner di Komisi Badan Promosi dan Perlindungan Hak Asasi Perempuan dan Anak ASEAN (ACWC) mewakili Indonesia.

4. Bivitri Susanti

Bavitri SUsanti adalah ahli hukum tata negara lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Ia juga merupakan lulusan University of Warwick, Inggris dengan gelar Master di bidang hukum. Bavitri juga diketahui menjadi salah satu pendiri Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK). Ia juga masih aktif dalam menghasilkan berbagai penelitian bersama PSHK.

5. Adnan Topan Husodo

Adnan Topan Husodo merupakan seorang Koordinator Indonesia Corruption Watch.

6. Bambang Widjojanto

Bambang Widjojanto memiliki karier hukum yang dimulai dari menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Yayasan LBH Indonesia (YLBHI) pada tahun 1995-2000. Ia juga merupakan mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selain itu, Bambang juga pernah diangkat oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno sebagai anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) bidang pencegahan korupsi Pemprov DKI Jakarta.

7. Margarito Kamis

Margarito Kamis dikenal sebagai ahli hukum tata negara. Ia juga pernah menjabat sebagai Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara, dan pernah ikut serta dalam mempersiapkan Panitia Seleksi Komisioner KPK di Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara. Pada 2007-2008, Margito dipercaya menjadi anggota Tim Seleksi Hakim Mahkamah Konstitusi di Dewan Pertimbangan Presiden.

Debat perdana capres dan cawapres Pilpres rencanya akan pada 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan mendatang. Isu yang diangkat dalam debat perdana tersebut meliputi isu hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), korupsi, dan terorisme.

Related posts