Salah Hitung, Ternyata Jumlah Korban Meninggal Tsunami Selat Sunda Menurun

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah meralat laporannya terkait jumlah korban yang meningal dunia akibat tsunami Selat Sunda. Sebelumnya, yakni pada Rabu (26/12) BNPB mengatakan bahwa jumlah korban meninggal akibat bencana tersebut mencapai 429 orang. Namun kemudian diralat dengan membuat pernyataan resmi pada Jumat (28/12/2018) pukul 13.00 WIB, bahwa total dampak tsunami di lima kabupaten di Banten dan Lampung ternyata 426 orang. Jumlah tersebut menurun dari jumlah yang disebutkan sebelumnya.

“Kenapa terjadi penurunan? Setelah kita lakukan cross check, ternyata ada beberapa korban meninggal yang didata ganda. Ada yang di Pandeglang dicatat di Serang, begitu juga sebaliknya. Jadi data yang fix yang diumumkan hari ini,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB.

Read More

iNews.id

Sementara itu, untuk korban yang mengalami luka-luka tercatat sebanyak 7.202 orang dan 23 orang masih dinyatakan hilang, dan 40.386 orang lainnya masih mengungsi.

Sutopo menegaskan bahwa jumlah korban kemungkinan masih akan terus bertambah. Begitu pula dengan dampak kerusakan materil.

“Demikian juga dampak kerusakan fisik akan terus bertambah,” ujar Sutopo.

Sebelumnya, melalui konfrensi pers BKMG pada Minggu (23/12) pukul 02:00 dini hari, disampaikan bahwa telah terjadi tsunami yang diakibatkan oleh longsor bawah laut karena pengaruh erupsi Gunung Anak Krakatau. Selain itu, pada hari Sabtu (22/12) juga terjadi gelombang pasang akibat pengaruh bulan purnama, sehingga ada kombinasi antara fenomena alam yaitu tsunami dan gelombang pasang.

BACA JUGA :  Kamu Pengguna Aktif Softlens dan Nggak Merhatiin 5 Hal Ini?? Duh...Matamu Rawan Kena Infeksi!

BMKG juga mengatakan bahwa tidak ada gempa yang menyebabkan terjadinya tsunami di Pantai Anyer, Banten pada Sabtu (22/12/2018) malam. Melalui akun twitter resminya @infoBMKG disampaikan bahwa kejadian tersebut merupakan gelombang air laut pasang.

Related posts