Smartgirl Nggak Boleh Pake Motif Batik Sembarangan Saat Di Dalam Kraton Yogya! Bukan Karena Alasan Mistis Tapi Karena Ini….

GIRLISME.COM — Batik telah menjadi icon bagi negara Indonesia. Motif batik juga menjadi khas kerajaan terutama di Keraton-keraton Jawa. Salah satunya Ngayogyakarto Hadiningrat. Tapi ternyata memakai pakaian batik ada aturannya lho Smartgirl, didalam Kraton hanya orang-orang tertentu yang dapat menggunakan batik dengan motif tertentu. Kenapa ya? ini penjelasannya….

1. Keraton memiliki peraturan tentang penggunaan pakaian diarea Kraton terutama untuk motif-motif batik yang hanya boleh dikenakan oleh Raja, Permasuri, dan keturunannya…

Smartgirl motif yang dimaksud salah satunya adalah motif parang yang hanya boleh digunakan oleh para petinggi saja didalam Keraton. Bagi para tamu yang datang ke Kraton pun tidak boleh menggunakan motif batik tersebut apabila menghadiri acara didalam keraton.

Read More

2. Motif batik tersebut memiliki makna lho Bagi penggunanya, itulah alasan kenapa hanya boleh digunakan oleh keturunan Kraton saja…

Salah satu yang dimaksud yakni motif parang klitik yang melambangkan perilaku halus dan penuh kelemah lembutan.

3. Peraturan yang dibuat hanya berlaku didalam Kraton nih Smartgirl dan nggak berlaku lagi kalau udah diluar Kraton itu alasan sampai sekarang masyarakat diluar Kraton boleh bebas memakainya..

Jika menggunakan motif Raja didalam Kraton pasti ditegur oleh para penjaga hingga abdi dalem. Tetapi jika sudah diluar Kraton maka bebas saja menggunakan bajunya.

So Smartgirl itu dia alasan mengapa ada peraturan batik yang dikenakan didalam Kraton. Semoga bermanfaat 🙂

Related posts