Pengen Buat Bakso Sendiri di Rumah? Tenang, Ini Loh 4 Tips Membuat Bakso yang Lezat dan Bikin Nagih!

GIRLISME.COM- Makanan Indonesia yang tidak kalah terkenal dengan makanan luar negeri adalah bakso. Bulatan-bulatan daging yang biasa disebut pentol ini mempunyai banyak penggemar hingga mancanegara. Nah mau tau tips membuatnya seperti apa? Yuk langsung kita simak aja sama-sama

1.Pertama, perhatikan perbandingan bahan yang mau Kamu pakai

copyright by google.com

Untuk menghasilkan tekstur bakso yang pas, anda harus benar-benar memperhatikan perbandingan bahannya. Sebagai panduan, anda bisa mencoba membuat perbandingan antara daging sapi giling dan tepung tapioka atau tepung khusus bakso sebanyak 4:1 dan campur hingga rata.

2.Tambahkan es batu saat proses pembuatan!

copyright by google.com

Setelah adonan bakso tercampur rata, anda bisa menambahkan es batu bersamaan dengan bumbu. Penambahan es batu ini bertujuan agar tekstur bakso lebih bagus. Tapi perlu diingat, es batu yang dimasukkan harus sudah diserut halus. Atau agar lebih mudah, gunakan saja air es untuk mencampur bahan bakso.

3.Gunakan bahan pengenyal

copyright by google.com

Meskipun perbandingan bahannya sudah sesuai, tapi kadang tekstur bakso tetap lembek. Untuk mengakalinya, anda bisa menggunakan bahan pengenyal. Ada beberapa bahan pengenyal yang biasa digunakan. Seperti baking soda atau baking powder, putih telur, dan STP (pengenyal khusus makanan).

4.Rendam bakso ke dalam air hangat terlebih dahulu.

copyright by google.com

Masih banyak orang yang langsung merebus bakso setelah dicetak. Padahal hal tersebut bisa membuat tekstur bakso menjadi lembek. Sebaiknya masukkan bakso ke dalam air hangat (sekitar 70°C) terlebih dahulu.Lalu sajikan deh bisa kamu langsung santap.

Mudah kan Smartgirl ternyata membuat bakso sehat di rumah, jadi yuk coba sendiri di rumah!

Related posts