Keren! Kampanye Anti Kantong Plastik Karya Remaja Indonesia Sabet Penghargaan di Jerman!

Indonesia patut berbangga karena memiliki dua orang pahlawan perempuan yang ternyata memiliki kepedulian yang sangat besar untuk lingkungannya. Dua orang tersebut adalah Melati dan Isabel Wijsen. Dua perempuan asal Pulau Dewata Bali yang telah mendedikasikan dirinya untuk memerangi penggunaan kantong plastik sejak tahun 2013 yang lalu, melalui kampanyenya Bye Bye Plastic Bags.

Ingin Bali Bebas Plastik.

Kampanye Bye Bye Plastic Bags ini dimulai sejak April 2013 yang lalu. Kampanye ini terpinspirasi dari limbah plastik yang sangat besar jumlahnya di Bali ketika itu. Kemudian Melati dan Isabel mencoba untuk membuat suatu perubahan, yang diharapkan mampu membebaskan Bali dari penggunaan kantong plastik. Melati dan Isabel yang ternyata adalah kakak beradik ini pada awalnya menyadari bahwa sangat penting untuk mendapatkkan dukungan pemerintah agar kampanye anti plastik ini bisa berjalan dengan baik. Karenanya kemudian mereka mencuri perhatian pemerintah Bali dengan cara membuat petisi sebagai dukungan untuk memulai kegiatannya. Pengumpulan petisi dilakukan dengan cara mengumpulkan tanda tangan di Bandara Internasional Ngurah Rai, dengan terlebih dahulu mengantongi izin dari bagian Imigrasi dan Bea Cukai.

Read More

Efek positif yang ditimbulkan patut diacungi jempol. Kegiatan kampanye ini mampu mempengaruhi perilaku masyarakat dunia di 13 negara hingga tahun 2016 yang lalu, dengan mulainya mereka menerapkan kampanye yang sama di negaranya. Tak hanya itu gerakan berhenti menggunakan kantong plastik ini juga berhasil mengajak hingga 12 ribu orang untuk mengumpulkan sampah sejenis sampai jumlahnya 40 ton sampah di sepanjang pantai Bali pada tahun 2017 lalu dalam kegiatan One Island One Voice.

Apresiasi Dunia

Usaha yang dilakukan oleh Melati dan Isabel sejak 2013 lalu ini ternyata tidaklah sia-sia. Mereka bahkan mampu menarik perhatian dunia terhadap kampanye yang mereka lakukan, dengan membawa nama negara ke kancah internasional. Melati dan Isabel pernah diminta menjadi pengisi sebanyak dua kali pada acara berskala internasional dan bergengsi, yaitu di TED Talks, London, dan juga di acara PBB pada momentum World Oceans Day 2017.

Bye Bye Plastic mendapatkan penghargaan dari ajang bergengsi yang tertua di Jerman, yaitu Bambi pada November 2017 silam. Ajang ini merupakan penghargaan yang diberikan pada insan inspiratif terkait dengan berbagai bidang, layaknya seni, olahraga, budaya, dan hal-hal yang mampu mengispirasi masyarakat Jerman dan dunia lainnya. Ajang besar yang telah diadakan sejak tahun 1948 ini menobatkan Melati dan Isabel sebagai penerima penghargaan termuda.

Yuk  dukung kegiatan Melati dan Isabel untuk Indonesia yang semakin ramah lingkungan, dengan sebisa mungkin mengurangi penggunaan kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Related posts