Mau Buat Popcorn Sendiri di Rumah Untuk Teman Menonton Film? Eh Baca 4 Tips Ini Dulu Deh, Biar Popcornmu Ngga Gosong!

GIRLISME.COM- Popcorn merupakan cemilan atau jajanan yang terbuat dari jagung yang dimakan saat bersantai, menonton film, dan acara keluarga. Popcorn adalah panganan yang sangat diminati oleh anak-anak dan remaja yang banyak dijual di dalam bioskop, area taman bermain, pasar malam, sekolah, maupun kampus atau juga tempat orang-orang yang berkumpul. Nah tapi tenang, Kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah, ini dia tips membuatnya!

1.Kalau Kamu penyuka popcorn yang asin, pastikan kamu punya bahan-bahan ini ya Smartgirl!

copyright by google.com

minyak sayur, 75 gram jagung khusus popcorn, 1 sdt garam. Simpel banget kan bahan-bahannya? Bisa mudah kita jumpai di warung terdekat rumah kita hihi.

2.Eits tapi jagung khusus popcorn, bukan jagung biasa ya!

copyright by google.com

Iya bukan jagung biasa yang bisa dibuat untuk membuat ppcorn, tapi tenang aja kamu bisa mencari dengan mudah kok jagung popcorn di toko-toko bahan roti. Untuk hasil yang lebih semprna kamu bisa menjemurnya dulu agar nanti saat digoreng bisa mekar dengan sempurna.

3.Saat menggoreng, hindari api yang terlalu besar dan jangan lupa untuk selalu diaduk ya!

copyright by google.com

Gunakan api sedang atau besar sehingga jagung lekas matang dan tidak sampai gosong. Disarankan tidak memakai panci yang bahannya terlalu tipis. Kalau tidak ada panci, Anda bisa memakai wajan.

4.Nah buat si pecinta popcorn caramel, bisa kok! Kamu tinggal menambah bahan-bahan untuk membuat caramelnya!

Bahan-bahan

  • 1/2 gelas biji jagung popcorn
  • 1/4 gelas minyak sayur
  • 1 gelas gula pasir
  • 125 gr unsalted butter
  • 1/4 sdt garam

Membuat Caramel

  1. Dalam panci anti lengket masukkan mentega, gula pasir dan garam. Gunakan api sedang.
  2. Aduk hingga mentega leleh dan tercampur rata dengan gula.
  3. Diamkan hingga mendidih, tapi jangan diaduk.
  4. Masak sampai berwarna coklat keemasan atau maksimal 10 menit. Jangan lebih, karena caramel bisa gosong dan terasa pahit.
  5. Kalau sudah matang, angkat dan segera tuang merata ke popcorn yang berada dalam wadah besar.
  6. Aduk-aduk sampai merata. Proses pengadukan ini harus dilakukan dengan cepat, karena begitu dingin, maka caramel akan mengeras.
  7. Setelah rata, tuang ke permukaan yang telah dilapisi oleh kertas roti agar dingin dan mengering.
  8. Setelah dingin, popcorn yang saling menempel itu bisa Anda pisah-pisahkan dengan tangan. Dan popcorn caramel pun siap untuk dinikmati. Jangan lupa simpan di wadah kedap udara untuk bisa dinikmati setiap saat.

Gimana udah tahu kan tips-tips membuat popcorn? Jadi yuk langsung praktekkin di rumah aja!

Related posts