Taylor Swift Jadi Orang Paling Berpengaruh di Twitter Tahun 2018 Versi Brandwatch

GIRLISME.COM – Pelantun lagu Look What You Made Me Do,Taylor Swift, telah dinobatkan sebagai orang yang paling berpengaruh di Twitter sepanjang tahun 2018 oleh perusahaan pemantauan media sosial, Brandwatch.

Perusahaan tersebut merilis daftar tahunan tentang perempuan dan laki-laki paling berpengaruh di Twitter pekan ini dan penyanyi asal Amerika tersebut duduk di posisi teratas untuk kategori perempuan. Sedangkan, di kategori laki-laki posisi teratas diduduki oleh Liam Payne.

Read More

Meskipun sama-sama menduduki posisi teratas, namun ternyata skor Swift mengalahkan skor Payne yang berjumlah 97 dan membuatnya menempati posisi orang yang paling berpengaruh di Twitter sepanjang 2018 untuk semua kategori.

Namun uniknya, meskipun didaulat sebagai orang paling berpengaruhi di Twitter sepanjang tahun 2018, ternyata Swift hanya pernah mem-posting 13 twit selama tahun ini. Dia diketahui lebih aktif di platform media sosial seperti Instagram dan Tumblr.

Menanggapi hal tersebut, pihak Brandwatch mengatakan bahwa pemilihan akun-akun tersebut berdasarkan kriteria tertentu.

“Akun-akun itu (yang masuk daftar) diberi peringkat sesuai dengan pemilihan kriteria yang ditambahkan bersama-sama untuk menciptakan skor mereka. Kami mengukur seberapa besar pengaruh suatu akun dari waktu ke waktu, berdasarkan pada tingkat keterlibatan asli yang mereka buat. Banyaknya pengikut atau follower, retweet, dan balasan juga membantu. Semakin berpengaruh orang-orang yang terlibat dengan mereka, semakin baik skornya,” ungkap pihak Brandwatch menjelaskan tentang penelitian mereka. Sebagai informasi, Swift memiliki 83,1 juta pengikut di Twitter dan aktif me-retweet twit teman-temannya, seperti Camila Cabello dan Charli XCX tahun ini. Penyanyi End Game ini juga kerap kali menyukai banyak twit dari penggemar dan akun lain selama setahun terakhir.

Selain Taylor Swift dan Liam Payne, nama-nama lain yang masuk dalam daftar tersebut adalah Katy Perry, Kim Kardashian, dan Demi Lovato juga menduduki puncak daftar  influencer dengan skor 96. Kemudian, nama presiden AS Donald Trump juga berada di puncak atas dengan menerima skor 96. Sementara itu, Selena Gomez, Ellen DeGeneres, Shakira, Jennifer Lopez, Justin Bieber, Barack Obama, Cristiano Ronaldo, dan Niall Horan mendapat skor 95.

Related posts