Jangan Pernah Katakan 4 Hal Ini ke Anak! Kalimat yang Masih Sering Disepelekan padahal Efeknya Sangat Menyakitkan buat Anak Lho…

GIRLISME.COM – Buat orangtua yang masih sering mengomeli anak, tolong lebih serius ketika menata kalimat yang dikeluarkan. Karena memang apa yang dikatakan oleh orangtua akan masuk ke dalam alam bawah sadar anak dan justru snagat mempengaruhi bagaimana ia memandang dirinya sendiri….

 

Read More

1. “Kamu kok nakal banget sih, Ya Tuhan!”

Popsugar.com

Mengatai anak nakal justru akan memberikan stimulus dalam pikirannya bahwa ia memanglah anak yang nakal. Justru kalimat inilah yang kemudian dijadikan anak sebagai pembenaran dari hal-hal yang dia lakukan. Ketia orangtua secara intens menanamkan apda anak bahwa ia adalah seorang yang nakal, justru hal inilah yang akan paling diingat anak, dan dijadikan landasan tentang bagaimana ia memandang dirinya sendiri. Sehingga jangan sampai mengatakan hal-hal buruk ke anak, akrena memang nantinya itulah yang akan dipercayai dan diingat oleh anak.

 

2. “Kalau kamu gini terus, nggak ada yang sayang sama kamu. Bapak sama Ibu udah capek.”

Babble.com

Kalimat ini adalah salah satu yang sangat fatal efeknya bagi psikologis anak. Menyatakan bahwa ia tidak memiliki orang yang menyayanginya adalah salah satu hal yang snagat kejam, bagi anak sendiri. Hal ini akan tumbuh di dalam pikiran anak dan jsutru membuatnya merasa diasingkan. Hal ini akan menumbuhkan efek yang bermacam, layaknya pemberontakan yaitu anak akan makin nakal lagi. Atau anak akan menarik diri dan justru mengisolasi dirinya dari keluarganya.

 

3. “Coba itu kamu lihat Abangmu, atau Adikmu. Coba kamu bisa kaya mereka!”

boldnewmom.com

Nggak ada satu orangpun yang bahagia dibandingkan, termasuk anak. Membandingkan anak dan mengatakan agar dia bisa menajdi seperti saudaranya akan membuat anak merasa bahwa ia nggak berarti dan nggak cukup berharga. Dan ini adalah rasa yang sungguh berbahaya bagi anak. Kalimat ini bisa menjadi titik balik anak yang justru membenci sudaranya sendiri. Anak juga akan merasa berkompetisi dengan keluarganya, dan bukan lagi menerima keluarga sebagai sebuah ikatan yang penuh cinta. Anak akan berkonfrontasi dengan saudaranya sendiri sampai ke tahap yang sangat luas seiring mereka bertambah usia.

 

4. “Nakal banget, kamu udah kaya Bapakmu!”

https://www.kidsworldfun.com

Ups…jangan sampai begini ya Mom. Jangan menjelek-jelekkan anak dan menyamakannya dengan orangtuanya. Kalimat ini anak membuat anak kehilangan kepercayaan pada orangtuanya sendiri. Anak akan dipaksa untuk memilih mau di sisi bapak atau ibunya, padahal yang semacam ini sangat dini untuk anak, dan bukan ranah yang tepat. Jangan rusak citra orangtua di hadapan anak, terlebih lagi mengasosiasikannya dengan hal-hal yang begitu negatif.

Related posts