Mau Buat Sushi Sendiri di Rumah? Bisa, Ini 4 Tips Membuat Sushi yang Lezat dan Rapih!

GIRLISME.COM- Meskipun terlihat mudah, beberapa orang masih saja gagal saat membuat sushi. Biasanya, kegagalan yang paling sering dijumpai adalah nasi yang tidak menempel sempurna pada nori atau gulungan yang terlepas kembali. Nah, daripada mengalami hal tersebut, mending anda cek dulu tips di bawah ini

1.Perhatikan pemilihan nasi

copyright by google.com

Agar hasil sushi bisa bagus, sebaiknya anda memilih nasi yang berasal dari beras jepang jenis medium-grain yang bentuknya bulat dan mengkilat. Karena beras tersebut bisa menghasilkan nasi yang bertekstur lengket seperti beras ketan, sehingga nasi tidak akan bercerai berai ketika digulung.

Read More

2.Hindari mengisi sushi terlalu banyak

copyright by google.com

Mungkin anda berpikir jika semakin banyak isian sushi, maka rasanya akan semakin enak. Padahal sebenarnya hal tersebut bisa membuat sushi gagal lho. Isian yang terlalu banyak hanya akan membuat sushi susah digulung, sehingga nori pun akan robek dan tampilan sushi menjadi kurang cantik.

3.Gulung sushi menggunakan alat khusus

copyright by google.com

Sebelum sushi digulung, taruh nori di atas tikar kecil khusus bernama makisu atau sushi mat, lalu baru beri nasi dan isian. Selanjutnya, gulung sushi secara perlahan dengan sedikit menekannya agar nasi bisa padat dan tidak terburai kembali. Tahan posisi menggulung tersebut selama beberapa saat agar gulungan tidak kembali terlepas. Lalu potong sushi sesuai selera.

4.Basahi pisau

copyright by google.com

Biasanya, sushi dihidangkan dengan cara diiris agar lebih mudah disantap. Agar irisannya rapi dan tidak merusak nori, anda bisa membasahi pisau yang digunakan untuk memotong sushi terlebih dahulu. Pastikan juga pisau tersebut benar-benar tajam agar sushi tidak tertekan dan hancur.

Dengan mengikuti instruksi di atas, dijamin deh sushi anda tidak akan gagal. Siap mencoba?

Related posts