Gimana Ya Caranya Ngehadapin Anak yang Masih Takut buat Tidur Sendiri?? Hmm..padahal Dia Sudah Besar, dan Sudah Waktunya Tidur Pisah dengan Orangtua…

GIRLISME.COM – Tidur sendirian memang jadi problema yang sering terjadi pada anak. Seringnya mereka takut dan khawatir ketika di satu ruangan harus sendirian dan nggak ada orangtuanya di sana. Nah, gimana ya caranya agar anak bisa mandiri dan tidur sendiri??

1. Siapkan role model yang tepat untuk jadi media memberi pengertian ke anak…

kvf.fo

Read More

Memberikan pengertian ke anak bahwa dia sudah harus tidur sendiri itu nggak gampang ya Mom. Biasanya belum tentu anak bakalan paham dan mau ngelakuinnya jika hanya dari kata-kata saja. Nah, karenanya tugas orangtualah buat nemuin contoh yang pas untuk dia. Mom bisa ambilkan dari kartun atau animasi kesukaannya, tentang bagaimana tidur sendiri itu menyenangkan. Tidur sendiri juga menandakan bahwa seseorang itu sudah besar, dan Mom bisa beritahukan itu ke anak lewat buku-buku cerita sederhana. Dengan ini pengetahuan anak tentang tidur sendiri pastinya akan lebih mudah buat diperbaiki.

2. Jangan biasakan ngobrol ke anak dengan menggunakan contoh-contoh seram dan negatif!

todaysparent.com

Untuk membuat anak mau tidur sendiri, jangan sampai Mom memberikan kalimat-kalimat ancaman dan negatif ya! Ini sama sekali nggak boleh. Hal ini justru akan masuk ke alam pikiran bawah sadar anak dan semakin membuatnya membenci segala hal yang berkaitan dengan tidur sendiri. Sampaikanlah ke anak dengan cara yang baik. Berikan pengertian yang gampang ia terima, dan juga pelan-pelan dalam melihat hasilnya. Karena tegas nggak pernah sama dengan memarahi ya Mom!

3. Bantu anak mengatasi rasa takutnya dengan berdoa…

SpiritualRay.com

Banyak anak yang nggak mau tidur sendiri karena takut nanti ada hantu, atau sosok yang seram tiba-tiba muncul di kamarnya. Nah, Mom bisa atasi ketakutannya ini dengan beberapa cara, salah satunya adalah ajarkan anak untuk berdoa. Berdoa akan menanamkan keyakinan pada anak bahwa ada Tuhan yang senantiasa melindunginya dari hal-hal buruk. Tuhan akan menemani dia, dan akan membuatnya tenang sepanjang malam, sehingga nggak ada satupun hal yang berani mengusik tidurnya. Ini akan membuat anak lebih tenang dan nggak khawatir akan makhluk-makhluk seram dalam pikirannya.

4. Siapkan kamar yang super nyaman, sehingga dia betah…

Wotif.com

Anak akan sayang dan betah di kamarnya jika diatur semenarik mungkin. Mom bisa pasangkan stiker, kemudian gantikan seprai yang bermotif kesukaannya, taruhkan di sana boneka dan mainan yang selalu ia mainkan tiap harinya. Ketika anak sudah merasa aman dan nyaman di kamarnya sendiri, dorongan untuk tidur di sana akan makin besar. Biasanya anak ogah tidur sendiri karena nggak nyaman dan takut, iya kan? Nah, hadapilah kedua hal itu dengan menyuap kamarnya menjadi ruangan yang membuatnya betah di sana dan bahkan lupa akan rasa kahwatirnya itu.

Sudah siap nggak Mom memulai 4 tahap di atas?? Siap dong!

Related posts