Mau Travelling Ke Luar Negri Tapi Low Budget? Ikutin 7 Tips Ini!

  • Whatsapp

Bisa keliling dunia adalah impian yang dimiliki oleh banyak orang. Siapa sih yang nggak mau jadi traveler yang bisa merasakan indahnya pengalaman dari seluruh belahan di muka bumi? Pertanyaannya, dapet duit dari mana buat modal jalan-jalan keliling dunia?

Tenang, kalau kamu punya niat yang kuat pasti ada jalannya kok. Nih, GirlIsMe kasih cara-cara untuk mengatur uangmu agar impian mengitari seluruh belahan bumi bisa terwujud.

Read More

  1. Tentukan Tujuan Perjalananmu

copyright by google.com

Sebelum mulai menyimpan dan mengatur uangmu, penting untuk menentukan kemana kamu ingin pergi. Pilihlah tujuan yang paling memungkinkan untuk kamu saat ini. Jika kamu merasa belum mampu membiayai perjalanan ke luar negeri, maka tidak ada salahnya memutuskan untuk traveling di dalam negeri dulu. Setelah kamu punya tujuan, kamu mulai bisa mengira-ngira berapa dana yang kamu butuhkan

     2. Riset Semua yang Kamu Perlukan

copyright by www.huffingtonpost.com

Setelah tahu kamu ingin pergi kemana, mulailah mencari tahu biaya apa saja yang harus kamu keluarkan. Mulai dari biaya transportasi, penginapan, logistik, tiket masuk ke objek wisata, hingga menghitung rancangan pengeluaran untuk membeli barang-barang yang akan kamu butuhkan selama bepergian.

BACA JUGA :  Bingung Libur Lebaran Mau Kemana? Tenang Smartgirl 4 Tempat Ini Mungkin Cocok untukmu dan Keluarga...

Buatlah daftar yang rapi, cantumkan setiap item dan berapa pengeluaran yang kamu butuhkan. Jangan terpaku pada tips dan trik traveling yang mainstream. Selalu cari alternatif agar biaya perjalananmu bisa lebih murah. Kalau sudah selesai, tempelkan daftar tersebut di tempat yang bisa kamu lihat. Atau catat di agendamu dan bawa kemanapun kamu pergi. Dengan begitu kamu akan selalu ingat kalau kamu harus menyimpan uang sebesar itu demi mewujudkan rencana perjalananmu.

      3. Buat Komitmen Untuk Menyisihkan Pendapatan

copyright by google.com

Setiap bulan, berjanjilah pada diri sendiri untuk menyisihkan pendapatanmu demi rencana traveling yang kamu idamkan. Besarnya terserah kemampuanmu, yang penting setiap kamu dapat penghasilan selalu sisihkan uang untuk mendanai perjalanan. Tahan diri untuk tidak mengutak-atik simpanan itu. Kalau perlu bikin rekening sendiri yang berjangka. Jadi kamu tidak akan bisa mengambilnya sampai menjelang keberangkatan.

     4.Berhemat, Kurangi makan diluar!

copyright by woop.id

Kalau biasanya kamu makan siang diluar, cobalah untuk mulai merubah kebiasaan itu. Kamu bisa menghemat uang yang cukup lumayan hanya dengan membawa bekal sendiri dari rumah. Kalau uang makan siangmu sehari 30 ribu, dalam sebulan kamu sudah bisa menyisihkan Rp 900.000,00 untuk dana perjalanan. Selama setahun kamu udah bisa dapat 10 juta loh!

      5. Hemat Bensin

copyright by google.com

Demi bisa jalan-jalan jauh, potonglah pengeluaranmu untuk bensin. Jika biasanya dalam seminggu kamu menghabiskan Rp 150.000,00-Rp 200.000,00 untuk biaya transportasi cobalah untuk mulai mengurangi hingga 30%-40%.

Bukan berarti kamu harus ke kampus atau ke kantor jalan kaki ya, tapi pertimbangkanlah untuk berganti ke moda transportasi umum. Kalau rumahmu dekat dari tempat kegiatan sehari-hari sepeda bisa jadi pilihan oke. Atau minimal kurangilah bepergian yang nggak perlu-perlu amat. Habiskan lebih banyak waktu di rumah untuk merencanakan perjalananmu. Hemat bensin dapat, perjalanan yang tertatata juga bisa kamu miliki.

BACA JUGA :  Kamu Seorang SunsetHunter? Ini Nih 5 Spot Indah dan Gratis di Bali!

     6. Jangan Sering Keluar Sama Teman-Teman yang Hedon

copyright by instagram.com

Kadang kita udah niat hemat, tapi sekalinya keluar sama teman-teman yang hedon niat itu langsung buyar. Diajak nongkrong di tempat mahal gak bisa nolak, diajakin belanja kemudian lapar mata ikutan beli juga. Cobalah untuk tidak ikut kegiatan hura-hura dulu agar dirimu bisa mengendalikan pengeluaran.

Bukan berarti kamu harus kehilangan teman, tapi cobalah untuk tidak keluar bersama mereka saat agenda utamanya adalah membelanjakan uang. Kalau perlu beritahu mereka apa yang sedang kamu usahakan. Kalau mereka teman-teman yang baik pasti mereka akan mendukungmu, kok.

        7. “Jual Diri” Biar Dapat Penghasilan Tambahan

copyright by s.smart-money.co

Cara satu ini paling jitu untuk menambah pundi-pundi tabunganmu. Kamu bisa mencari penghasilan tambahan agar semakin cepat bisa mewujudkan impian jalan-jalan keliling dunia. Gak perlu harus kerja kantoran di dua tempat, tapi kamu bisa memanfaatkan hobimu buat jadi pekerjaan paruh waktu.

Suka ngejahit atau masak? Kamu bisa berjualan kue atau sarung bantal sederhana di internet. Kalau kamu jago ngedesain, bisa banget jualan kaos hasil desain kamu di Kaskus. Kalau punya kamera dan lumayan bisa foto-foto, juallah dirimu untuk mengabadikan momen wisuda atau pre-wedding.  Kreatiflah mengeksplor kemampuanmu biar bisa dimanfaatkan dan tentunya menghasilkan uang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *