Masih Dijaga Kelestariannya, Ini Mitos Unik Yang Ada Di Sekitar Gunung Api Purba!

GIRLISME.COM — Gunung Api Purba yang terletak di Yogyakarta adalah salah satu destinasi yang banyak menjadi referensi tempat liburan. Keindahan atas gunungnya yang indah membuat beberapa wisatawan tak luput untuk merekomendasikan Gunung Api Pura sebagai tempat destinasi wisata. Tapi Smartgirl, nggak cuma indah Gunung Api Purba ternyata juga menyimpan mitos-mitos tersembunyi. Apa saja ya? simak ya Smartgirl…

1. Masyarakat yang tinggal diatas gunung harus berjumlah 7 KK saja tidak boleh lebih.

Konon katanya masyarakat sekitar gunung api purba harus berjumlah 7 KK saja. Hal ini terkait aturan yang sudah ditetapkan oleh nenek moyang mereka, sehingga tradisi itu masih dijaga oleh masyarakat sekarang. Masyarakat percaya jika keluarga yang tinggal disana kurang atau lebih dari 7 KK maka hal-hal buruk akan terjadi.

Read More

2. Seperti Gunung lainnya, Gunung Api purba juga menyimpan misteri tatkala beberapa orang mengalami gangguan selama disana.

Ada beberapa orang yang mengaku diganggu selama melakukan pendakian di gunung api purba apalagi ketika cuaca sedang tidak baik. Gangguan yang dirasakan antara lain saat baris-berbaris ada yang merasa ditarik dari barisan kebelakang hingga ada yang kesurupan juga.

3. Adanya pohon termas yang diyakini masyarakat sekitar dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tapi hanya sang juru kunci yang mampu mengambil getahnya sebagai obat.

Smartgirl pohon termas ini diyakini bisa menjadi obat yang manjur bagi berbagai penyakit (kata orang setempat) namun tidak sembarangan orang bisa mengambilnya karena harus diambilkan oleh sang juru kunci gunung. Kemampuan juru kunci ini didapat dari nenek moyang terdahulu.

Melihat masih kentalnya adat istiadat yang diturun-temurunkan oleh masyarakat sekitar Gunung Api Purba tentu kita harus menjaga kelestarian alam disana dengan ikut menjaga kebersihan dan ketenangan yang ada disana. Semoga infonya bermanfaat ya! 🙂

Related posts