Aku Gagal Nikah! Lho Kenapa? Pacarku Gak Kuat Bayar Uang Panai! Katanya Kemahalan…..

GIRLISME.COM – Tradisi uang panai masih sering terdengar di Indonesia. Bagi yang belum tau, uang panai adalah uang belanja untuk pengantin mempelai perempuan yang diberikan oleh pengantin pria yang merupakan adat suku Bugis-Makassar di Sulawesi Selatan. Terkadang hal inilah yang menyebabkan terhalangnya seseorang menikah, karena harus menyiapkan Uang Panai juga. Apalagi untuk menikahi gadis-gadis didaerah tertentu. Nah Smartgirl emang nggak afdol ya kalau nikah tanpa Uang Panai? Ini penjelasannya…

“Nyesek itu, ketika uang panai jadi halangan kita menikah”

Read More

1. Uang panai itu kewajiban untuk menikahi seseorang atau tradisi?

Smartgirl uang panai ini bukan tuntunan syarat sah secara agama untuk menikahi seseorang. Jadi uang panai ini muncul dari tradisi, tapi lama kelamaan berkembang. Kalau nikahnya nggak pake uangc panai berarti nggak afdol nikahnya.

2. Uang panai yang dinilai terlalu fantastis dan tidak masuk akal

Uang panai itu ada tingkatan-tingkatannya Smartgirl, bisa tergantung pendidikan perempuannya atau pekerjaan perempuannya, kecantikan, dan keturunan. Nah semakin berkelas perempuan itu dipandang maka semakin besar pula uang panai yang harus diberikan.

3. Permasalahan terkadang muncul saat sang perempuan tidak meminta uang panai namun keluarga ngotot diberi uang panai…

Nah sebenarnya ini terjadi karena keluarga memandang bahwa uang panai ini sebagai simbol penghargaan untuk meminang gadis bugis. Namun makin lama, masyarakat terutama pihak lelaki banyak yang kemudian mengeluh karena keluarga perempuannya meminta uang panai yang terlalu tinggi.

Soal uang panai ini masih menjadi perdebatan juga ternyata di kalangan masyarakat. Ternyata tidak hanya di suku bugis namun Kalimantan, bahkan sebagian Jawa dan Sumatra juga menginginkan uang panai. Kalau menurutmu gimana Smartgirl?

Related posts