Cuka Apel dan Manfaatnya untuk Atasi Kulit Berjerawatmu.

Cuka apel adalah salah satu produk yang belakangan ini sering dijadikan alternatif bagi kulit berjerawat. Banyak yang sudah lelah dengan obat-obatan dari dokter ataupun skin care dari klinik kecantikan, dan menggunakan produk ini sebagai solusinya. Cuka apel atau yang biasa disebut sebagai Aple Cider Vinegar (AVC) ini adalah salah satu bahan makanan yang biasa ditemukan di dapur. Namun akhir-akhir ini memang para beauty enthusiast merekomendasikannya sebagai jalan keluar bagi para pemilik muka berjerawat.

Gimana sih cara pakai si cuka apel ini, dan apa manfaatnya bagi kulit wajah? Yuk simak!

Read More

1. Gunakan pada daerah yang ditumbuhi jerawat.

http://www.remediesforme.com

Sebelum kamu mulai buat menggunakan cuka apel ini, hendaknya kamu campurkan dulu dengan air bertakaran 1:1, 2:1, dan 3:1 dengan takaran air lebih banyak. Dari takaran tadi kemudian kamu coba dulu di sedikit area wajahmu, untuk melihat apakah kamu sudah cocok dengan takaran tersebut atau tidak. Cuka apel merupakan produk dengan tingkat asam yang tinggi, karena itu lebih baik jangan dioleskan langsung ke wajah,s ebab nantinya akan menimbulkanreaksi perih ataupun memerah.

Setelah kamu campurkan cuka apel dan air sesuai dengan takarannya, lalu kamu bisa menggunakan kapas atau cotton bud untuk kemudian ditotolkan ke daerah yang ditumbuhi jerawat. Kamu lakukan ini dengan ditekan-tekan perlahan agar cairannya meresap. Setelahnya diamkan 3-5 menit dan kemudian bilas. Namun jika kamu memang tidak terganggu dengan baunya atau rasa lengketnya, maka tidak dibilaspun tidak masalah.

2. Bisa dijadikan masker.

https://www.standard.co.uk

Cuka apel ini mengandung beta karoten yang tinggi. Zat ini berfungsi untuk membantu proses penyembuhan kulit yang terpapar radikal bebas. Cara lain buat menggunakannya adalah dengan dijadikan masker. Caranya sama dengan penggunaan ditotol tadi. Setelah dicampur dengan air kemudian kamu ambil kapas dna tuangkan cuka apelnya. Setelah dirasa cukup kamu bisa jejerkan kapas-kapas itu d bagian muka sampei menutup layaknya pemakaian masker biasa. Kamu bisa pakai ini antara 10-15 menit, kemudian dibilas dengan air.

Pemakaian si cuka apel ini juga memberikan manfaat membuka pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, dan membantu melembabkan kulit kering. Karena itu bagi kamu yang mungkin baru mencoba selama seminggu dan kulitnya langsung beruntusan, maka itu adalah reaksi detoksifikasi dari si cuka apel, karena pori-porimu dipenuhi oleh sumbatan kotoran.

3. Sebagai toner di keseharian.

https://lifestyle.okezone.com

Cara selanjutnya adalah kamu bisa gunakan cuka apel sebagai pengganti toner wajahmu, dan dipakai setiap hari.  Tentu saja dengan terlebih dahulu dicampur air sesuai takaran layaknya cara-cara sebelumnya. Cuka apel ini mengandung anti bakteri yang bisa membantu kamu menghidnari inflamasi maupun peradangan karena jerawat. Selain itu pH nya yang imbang dengan kisaran 4,6 – 6 yang mendekati dengan pH ideal tubuh membantu kulit wajahmu untuk melawan reaksi asam yang ada, yang disinyalir sebagai penyebab munculnya jerawat.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu gunakan dalam mengaplikasikan cuka apel di kulitmu. Bagi kamu yang kulitnya sensitif, baiknya jaagan langsung dibalurkan ke seluruh wajah, maleinkan dicoba dulu ke area yang lebih sedikit untuk mengecek kecocokanmu.

Ohiya, cuka apel dengan sari dikatakan lebih ampuh dalam melawan jerawat dibandingkan dengan yang sudah diolah sampai bening. Karena itu jika kamu berniat membelinya coba perhatikan dulu, cuka apel dengan sari biasanya lebih keruh dan masih terdapat endapan sisa apel di dalam kemasannya. Selamat mencoba!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.