Anak Sudah Waktunya Toilet Training, Mom?? Hmm..Gimana Ya Cara yang Tepat Mengajari Si Kecil?? Coba 4 Tips Ini Yuk!

GIRLISME.COM – Toilet training adalah masa dimana anak-anak mulai mengenal kebutuhan alaminya untuk buang air besar dan air kecil, di tempat yang tepat. Gimana cara yang tepat, agar anak bisa pipis dan BAB di toilet, bukan melulu di popok atau malah di sembarang tempat??

1. Kenali dulu tanda-tanda si kecil sudah siap untuk toilet training…

Wikipedia

Read More

Tahapan toilet training biasanya mulai bisa dilakukan ketika anak berumur 1 tahun ke atas. Pada masa ini anak sudah bisa melakukan komunikasi sederhana dengan orangtua, sudah bisa mengenali keinginannya juga. Nah, untuk tahapan toilet training sendiri, ternyata ada beberapa tanda yang Mom harus peka, kalau anak sudah masanya atau sudah saatnya untuk dilatih :

  • Memperlihatkan gelagat saat menahan BAK atau BAB.
  • Pokok sering kering dan baru BAK saat di kamar mandi.
  • Anak lebih sering BAB secara langsung daripada di popok.
  • Sudah mengenal toilet dan menunjukkan keinginan sendiri untuk ke sana.
  • Anak tidak nyaman dengan popok kotor, dan minta diganti, walaupun baru sebentar digunakan.
  • Tertarik setiap saat anda mengajaknya ke kamar mandi.
  • Tidak menangis atau meronta saat diajarkan toilet training.

2. Kenalkan anak pada toilet dan kebiasaan buang air besar dan air kecil…

Wikipedia

Mengenalkan anak dengan toilet Mom lakukan seiring dengan mengenalkannya pada BAB dan BAK. Mom bisa melakukan ini dengan cara berkomunikasi, tiap kali anak menunjukkan gelagat-gelagat ingin buang air. Setelah komunikasi tersebut terjadi, yang selanjutnya Mom lakukan adalah memperkenalkan toilet tersebut, tujuannya adalah agar anak mengetahui bahwa ketika ia merasakan keinginan untuk BAK dan BAB, maka ia akan melakukannya di tempat tersebut.

3.  Berikan contoh toilet sehari-hari…

mommyasia.id

Hal selanjutnya yang bisa Mom lakukan untuk melatih anak menggunakan toilet adalah dengan menunjukkannya prosesnya. Misalnya ektika Mom mengatakan ingin BAK atau BAB dan kemudian masuk ke kamar mandi. Biarkan anak mengenal fungsi toilet, dan aktivitas yang ada di dalamnya melalui aktivitas sehari-hari.

4. Saatnya ajarkan cara menggunakan toilet!

mommyasia.id

Pada tahapan ini sudah saatnya Mom untuk mengajari si kecil menggunakan toilet. Ada beberapa hal yang harus Mom lakukan :

  • Mengajarkan anak duduk di toilet, baik itu toilet jongkok ataupun duduk. Kenalkan bagaimana seharusnya duduk yang benar.
  • Setelah selesai BAK atau BAB, ajarkan anak untuk membersihkan alat vital dan bagian anusnya. Jika perempuan, maka ajarkan untuk membersihkan dari bagian depan menuju belakang. Dan jika laki-laki, ajarkan untuk BAK atau BAB engan cara duduk atau mengarahkan alat vitalnya ke bagian toilet, agar air kencing tidak menyebar kemana-mana. Pada masa di bawah umur 4 dan 5 tahun, biasanya anak masih belum bisa membersihkan alat vitalnya sendiri, nah di sinilah peran Mom untuk mendampingi.
  • Ajarkan anak untuk menyiram bekas BAK dan BABnya, jika menggunakan toilet jongkok. Dan perlihatkan juga bagaimana caranya menekan flush air untuk membersihkan sisa kotoran pada toilet duduk.
  • Selalu ajarkan anak untuk mencuci tangan setelah melakukan BAK dan BAB.

Aktivitas ini Mom ulangi dengan sabar dan kontinyu, maka si kecil akan terbiasa dnegan aktivitas toilet, dan kedepannya akan mulai meminta melakukannya sendiri.

Related posts