Gimana Ya Cara yang Tepat Melatih Anak untuk Berbicara?? Nah…Coba Cara-cara Ini Yuk Mom!

GIRLISME.COM – Melatih anak untuk berbicara memang nggak mudah ya Mom, punya kesulitannya sendiri. Tapi jangan khawatir, Mom bisa mulai dengan 4 cara ini…

1. Membacakan cerita dengan kalimat-kalimat singkat…

FamilyEducation.com

Read More

Cara yang pertama adalah mengajari anak mengenali kalimat melalui aktivitas membaca bersama. Gunakanlah buku bergambar menarik, supaya anak betah mendengarkan. Pilih buku cerita dengan kalimat-kalimat sederhana, yang sering anak dengar sehari-hari. Bacakan secara rutin, sehingga anak nggak asing lagi dengan bahasa. Cara Mom bercerita nantinya akan ditirukan olehnya, sekaligus belajar menghafal kata-kata.

2. Ajak belajar menyanyi…

TheGlobeandMail.com

Cara kedua untuk melatih anak bicara adalah melalui lagu. Ajak anak bernyanyi dengan lagu-lagu berkalimat sederhana, biasanya ada pada lagu anak-anak layaknya Pelangi, Balonku, atau mungkin Cicak di Dinding. Dari nyanyian inilah anak akan belajar tanpa merasa terpaksa. Dan lebih mudah untuk distimuli.

3. Jangan gunakan bahasa cadel saat bicara dengan anak…

phys.org

Hal yang penting bagi orangtua ketika mengajar anaknya bicara adalah jangan menggunakan bahasa-bahasa cadel. Jangan diimut-imutkan atau sengaja dianak-anakkan cara pengucapannya. Bicaralah dengan jelas dan normal, layaknya bicara pada orang dewasa. Sebab berbicara cadel kepada anak akan membuatnya mempelajari bahasa cadel juga dan lebih susah untuk menggunakan bahasa yang jelas. Jadinya jangan sengaja di-bayi-kan ya Mom cara ngomongnya.

4. Ajak anak interaksi dengan orang lain…

koodakeshenava.com

Cara belajar bicara ampuh lainnya adalah dengan mengajak anak berinteraksi dengan orang lain. Ia bisa mendengar bagaimana orang lain berbicara, ngobrol, tertawa, merespon satu sama lain. Anak adalah peniru ulung, karena itu membawa anak ke lingkungan yang baik dan menyenangkan akan membuka pengetahuannya juga, termasuk dalam hal mempelajari penyebutan kata-kata.

Related posts