Apa Aja Sih Hal-hal yang Kudu Diperhatikan Saat Mulai Mengajarkan Anak Berenang?? Yuk Mom Simak 4 Penjelasannya!

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Berenang memang baik buat kesehatan dan daya tahan tbuh anak. Juga melatih mentalnya dan responnya pada lingkungan. Tapi sebelum memulai belajar renang, kamu harus perhatikan dulu ya hal-hal berikut ini!

1. Perkenalkan anak dengan air pelan-pelan…

invitationhilladventist.church

Read More

Supaya anak punya pengalaman yang baik dengan air, baiknya Mom memperkenalkan dulu dengan pelan-pelan. Ajak menyentuh air, tanpa langsung mengajaknya masuk dan berenang. Baiknya ciptakan dulu kesenangan anak pada air, hingga nanti ia mau masuk sendiri atau tidak akan menangis jika diajak masuk ke dalamnya. Mom bisa pakai mainan-mainan air untuk menarik perhatiannya, atau ajak ke dekat air dan cipratkan ke tubuh anak supaya basah.

Intinya anak jangan sampai takut air ya Mom…

2. Dampingi si kecil dan berikan arahan-arahan jelas…

RedTri.com

Jika si kecil sudah suka pada air, maka Mom jangan sampai lengah dan membiarkannya berkeliaran sendiri di kolam renang ya Mom. Jika Mom sudah liat gelagat anak menyukai air dan tertarik berenang, maka ida harus selalu didampingi, dan juga diberikan intruksi agar tidak masuk kolam sendiri, tanpa orang dewasa. Dia harus menunggu aba-abak dulu untuk bisa masuk ke kolam, sebab masih belum bisa berenang.

BACA JUGA :  Anak Sudah Waktunya Toilet Training, Mom?? Hmm..Gimana Ya Cara yang Tepat Mengajari Si Kecil?? Coba 4 Tips Ini Yuk!

3. Perhatikan beberapa hal jika si kecil masih berusia bayi…

MomJunction.com

Mulailah mengajak si kecil berenang pada usia 3 bulan ke atas, di saat tubuhnya sudah mampu memproduksi sistem imun dengan lebih baik. Mom juga harus perhatikan suhu air yang digunakan, agar jangan sampai terlalu dingin baginya. Selain itu hal yang harus diperhatikan adalah intensitas dan durasi di dalam air, yaitu rentang antara 15 hingga 25 menit. Jangan sampai terlalu lama,s ebab bayi bisa saja mengalami kedinginan dan mengigil walaupun berenang dengan air hangat. Dan jangan juga di bawah 15 menit, sebab pada rentang itu bayi masih belum beradaptasi sempurna.

4. Jika menggunakan jasa les renang, pilihlah pelatih dengan selektif…

ACTIVEkids.com

Sebelum Mom menyerahkan urusan belajar renang anak ke orang lain, maka perhatikan dulu rekam jejak si pelatih tersebut. Mom juga harus ikut dan melihat bagaimana proses anak ketika belajar dengannya. Anak adalah masa-masa dimana si kecil akan dengan mudah belajar dan merekam segala sesuatunya. Memilih pelatih renang yang salah bisa jadi menimbulkan ketakutan pada anak akan renang dan membuatnya berhenti merasa nyaman masuk ke air.

Related posts