Mom, Gimana ya Caranya Menguatkan Mental Anak buat Bergaul?? Nah….Coba Pakai 4 Trik Ini Yuk!

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Melatih mental si kecil supaya berani dan percaya diri memang nggak mudah, tapi bukan berarti nggak bisa ya Mom…

 

Read More

1. Kenalkan kebiasaan komunikasi yang baik…

newscult.com

Anak yang pemalu biasanya mengalami kesulitan untuk memulai percakapan dengan orang di sekitarnya. Mom bisa latih hal ini dengan menerapkan komunikasi yang baik. Misalnya kebiasaan bercerita satu sama lain, menanyakan pendapat si kecil mengenai hal-hal sehari-hari, dari makanan, baju, acara yang ditonton, apapun. Ajak ia untuk terlibat dan biasa dalam mengungkapkan pendapat,s ehingga nantinya nggak kaku kalau harus melakukannya bersama temannya.

 

2. Biasakan untuk memberi respon-respon menyenangkan…

www.todaysparent.com

Biasanya respon anak terhadap sekelilingnya ditentukan juga dengan bagaimana respon orangtuanya. Misalnya Mom takut cicak, dan selalu menjerti di depan si kecil tiap kali ada cicak. Nah, kedepannya si kecil akan memiliki ketakutan yang sama, sebab dibiasakan seperti itu. Mom harus memperlihatkan bagaimana respon yang baik dalam berkomunikasi dan bergaul, sehingga si kecil bisa belajar. Misalnya bagaimana merespon orang yang berbicara, bukan malah malu dan pergi, tapi harus duduk sopan dan menghargai. Atau bagaimana baiknya dalam bermain bersama, bukan hanya sibuk sendiri tapi berbagi mainan dengan yang lain.

BACA JUGA :  Mom, Sudah Tahukah Posisi-posisi yang Tepat buat Menggendong si Kecil?? Awas Jangan Sampai Salah Lho...

 

3. Membiasakan bertemu dengan banyak orang…

www.fishphilosophy.com

Biasanya anak yang sudah terbiasa diajak jalan dan main oleh orangtuanya, lebih mudah untuk menerima kehadiran hal-hal baru, daripada anak yang sebagian besar menghabiskan waktu di rumah saja. Dengan bermain di luar, anak bisa langsung melihat banyak jenis orang, banyak penampilan, dan juga langsung belajar cara berkomunikasi di sana. Sehingga kedepannya si kecil nggak akan merasa asing kalau kembali diharuskan beradaptasi di lingkungan yang ramai.

 

4. Batasi pemakaian gadget…

NYPost.com

Nah, saran terakhir adalah batasi interaksi anak dengan gadget, haruslah diimbangi dengan interaksi dengan lingkungan sekelilingnya. Jangan sampai anak sangat ahli dengan makhluk virtual dalam layar, tapi malah takut ketika diminta bermaind engan anak sebayanya. Anak adalah peniru yang ulung, kebiasana-kebiasaan yang Mom ajarkan kepadanya akan menjadi budayanya juga. Itulah sebabnya penggunaan gadget haruslah secukupnya, supaya anak juga bisa bermain dan berinteraksi langsung dengan lingkungannya.

 

Gimana Mom?? Sudah siap buat nyoba??

Related posts