Mom, Kenapa Ya Si Kecil Sering Ileran atau Ngeces?? Masa Iya Karena Ngidam Nggak Keturutan??

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Mom sering bingung nggak kalau si kecil sering ngeces? Tiba-tiba sudah banjir aja di sekitaran baju, dan harus dipakaikan celemek kemana-mana. Apa sih penyebabnya ya?

 

Read More

1. Bayi ngeces itu wajar kok…

akurat.co

Kalau Mom melihat si kecil tiba-tiba jadi sering ngeces mulai di usia 18 bulan, itu adalah hal yang wajar, sebab pada usia inilah kelenjar air liur si kecil sedang aktif-aktifnya. Pada masa 2 hingga 3 bulan inilah bayi juga sudah mulai sering memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya, yang juga menjadi penyebab liurnya jadi semakin deras. Kebiasaan inlah yang juga bisa bikin becek tangan dan bajunya, karena memang si kecil sering memasukkan tangan atau benda lain ke mulutnya dan air liurnya jadi meleber kemana-mana.

 

2. Coba periksa..siapa tau si kecil sedang tumbuh gigi…

Merdeka.com

Penyebab lain ngeces adalah proses tumbuh gigi. Pertumbuhan gigi ini biasanya akan membuat air liur si kecil juga jadi makin deras ya Mom, dan biasanya jadi susah buat dikendalikan karena si kecil pastinya merasa tidak nyaman, gatal dan senut-senut di mulutnya.

BACA JUGA :  Meningkatkan Nafsu Makan Anak bikin Pusing Ya Mom?? Sudah Coba Cara-cara Ampuh Ini Belum?

 

3. Apakah ngeces si kecil dibarengi dengan tangisan tidak nyaman?

BeritaSatu.com

Selain karena penyebab alami, ternyata ngeces juga menandakan hal lain Mom, seperti beberapa penyakit, layaknya radang tenggorokan, dan sariawan di mulut bagian dalam atau di bibir. Biasanya terjadi karena daya imunnya lemah dan kurang serat serta vitamin. Hal ini akan merangsang kelenjar air liur bayi untuk memproduksi lebih aktif.

 

4. Mom perlu perhatikan jika ngecesnya tetap berlanjut hingga usia di atas 2 tahun…

detik.Health.com

Dikatakan usia normal si kecil untuk ngeces secara tidak teratur adalah sampai usia 2 tahun. Selebihnya si bayi sudah tidak menelungkup lagi, dan sudah menghabiskan wkatu lebih banyak untuk duduk, berdiri dan bermain, sehingga ngecesnya harusnya sudah sangat berkurang. Otot mulut bayi juga sudah lebih kuat pada umur ini, disertai dengan adaptasi makanan yang lebih baik. Jika si kecil masih memperlihatkan kebiasaan ngeces hingga usia di atas 2 tahun, bijaknya Mom segera memeriksakan ke dokter, apakah ada gejala penyakit pada si kecil yaa.

 

 

Nah itu dia Mom, ternyata anak ngeces bukan berarti ngidam nggak kesampaian ya! Hihi…

Related posts