Pro dan Kontra Anak Memakai Empeng, Sebenarnya Baiknya Gimana Ya Mom??

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Menurut Mom empeng itu lebih banyak positif atau negatifnya ya buat anak?? Nah dalam pembahasan ini Girlisme akan paparkan sisi negatif dan positifnya yaa.

1. Empeng bisa menenangkan si kecil…

HelloSehat.com

Read More

Biasanya penggunaan empeng bisa sangat membantu dalam menjaga mood atau suasana hati si kecil. Dan juga agar tidak selalu nemplok di nenen Mom. Empeng ini efektif untuk mengalihkan perhatian si kecil dan membuatnya tenang, sehingga tetap bisa bermain dan beraktifitas walaupun Mom tidak di sekelilingnya. Empeng ini bisa juga membantu bayi buat tetap tenang selama aktifitas yang rawan heboh, misalnya seperti kegiatan imunisasi.

2. Empeng bisa diganti berkala dan dijaga kebersihannya…

cnn.com

Hal ini berbeda dengan membiarkan si kecil mengemut jempol tangan ataupun selimut, juga benda-benda asing di sekelilingnya. Empeng memang ditujukan untuk khusus diemut oleh si kecil, karenanya kondisi dan kebersihannya bisa lebih Mom jaga. Empeng juga bisa diganti tanpa ribet, dan juga bisa dibersihkan tanpa makan waktu yang lama.

3. Menyebabkan kesulitan dalam menyusu langsung…

familyherbal.net

Bayi yang lebih sering menggunakan empeng biasanya akan merasa kesulitan untuk menyusu langsung pada Mom. Karakteristik penggunaan empeng memang berbeda dengan proses nyusu langsung pada payudara. Karena itu penggunaan empeng bisa jadi membuat si kecil menolak puting susu ibunya sendiri, dan malah lebih asik dengan empengnya. Dalam hal ini kontrol waktu pemberian empeng harus Mom perhatikan yaa, agar si kecil tetap akrab dengan ASI walaupun sudah asyik pakai empeng.

BACA JUGA :  Si Kecil Udah Waktunya MPASI Nih Mom?? Coba Menu-menu Ini Yuk! Mudah dan Gampang!

4. Bisa susah berhenti dan ketergantungan…

Alodokter.com

Sisi negatif lain dari empeng adalah si kecil bisa jadi ketergantungan dan susah untuk lepas. Jika sudah begini maka bukannya jadi tenang, malah si kecil jadi makin manja dan gelisah tiap kali tidak mengemut empeng. Terlalu lama menggunakan empeng juga bisa berpengaruh pada struktur pertumbuhan giginya. Nah mengatasi ini Mom bisa membatasi penggunaan empeng sampai 1 atau 1 tahun setengah saja ya, setelahnya bisa diajarkan untuk berhenti.

Nah itu tadi Mom negaif dan positif dari empeng, semoga bisa membantu yaa!

Related posts