Ih Ngga Mau Masak Cumi, Ntar Pasti Alot Kalau Udah Mateng! Eits, Ini Loh Trik Masak Cumi yang Bener Smartgirl!

  • Whatsapp

GIRLISME.COM- Disini siapa nih yang jadi penggemar berat cumi? cumi tuh termasuk seafood yang susah-susah-gampang buat diolah, kalau ngga tepat pengolahannya, pasti cumi jadi alot dan ngga enak rasanya. Nah  kali ini GirlIsMe bakal ngasih tipsnya biar kamu bisa mengolah cumi dengan benar!

1.Pertama, pilih cumi yang benar dan tentunya yang bersih ya Smartgirl!

copyright by https://kumparan.com

Agar proses memasak lebih baik, memilih bahan baku pun harus jeli. Pilihlah cumi yang segar dan bak kualitasnya. Bisa dilihat dari teksturnya yang mulus tanpa sobekan, warna daging putih segar dengan semburat cokelat kemerahan.

2.Sebelum diolah, lumuri dulu pake perasan jeruk nipis.

copyright by youtube.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa air perasan jeruk nipis mampu menghilangkan bau amis dan melunakkan daging seafood. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar asam, yang membantu mengurai protein dalam seafood ke bentuk lebih sederhana.

3.Celupkan cumi-cumi ke dalam air dingin sebelum kamu menyimpannya!

Copyright by vemale.com

Jika rebusan cumi tidak semuanya langsung dimasak, celupkan dulu sebentar dalam air es sebelum disimpan. Siapkan mangkok berisi air lalu beri es batu secukupnya. Celupkan cumi, bolak-balik sebentar, kemudian tiriskan. Simpan di kulkas untuk masakan berikutnya. Cara ini menjaga kualitas daging cumi tetap segar dan empuk lho!

4.Tumis semua bumbu, masukkan cumi belakangan.

copyright by https://lifestyle.okezone.com

Memasak cumi terlalu lama akan membuatnya keras atau alot. Maka untuk tumisan atau sup, masak dulu semua bumbu dan bahan lainnya sampai matang. Baru kemudian masukkan cumi paling akhir, aduk-aduk sebentar 1-3 menit saja.

Related posts