Gejala PMS Bikin Badmood? Makanan ini Bakal Bantu Kamu Buat Ngatasinnya!

PMS atau Premenstrual Syndrome adalah keadaan perempuan ketika tengah berada di masa-masa sebelum datang bulan. Biasanya masa-masa ini diikuti oleh beberapa gejala seperti payudara yang mendadak membesar dan sakit, perut kembung, mual sampai kram. Nggak hanya itu biasanya perempuan juga ada yang terserang pegal linu, sakit punggung, sampai sakit kepala. Belum selesai juga cewek biasanya juga bakal ketemu jerawat dan nafsu makan yang meningkat. Makanya nggak jarang kalau tiap kali PMS para perempuan bakal diklaim berubah kaya monster.

Rasa nggak nyaman ini yang akhirnya bikin mood perempuan turun dan berantakan. Walaupun memang nggak semua gejala yang disebutkan tadi bakal menyerang, dan tergantung tiap individunya. Nah, bagi kamu yang hari-harinya berasa down terus karena gejala PMS ini, mending konsumsi makanan ini deh buat naikin mood lagi.

Read More

1. Pisang

https://www.livescience.com

Si buah yang sangat mudah ditemukan dimana-mana ini ternyata punya khasiat untuk meredakan kram perut lho. Bahkan pisang sudah digunakan sejak lama untuk mengatasi kram perut para olahragawan, sekaligus memenuhi kebutuhan energi mereka. Pisang sendiri memiliki kandungan kandungan potasium dan magnesium , yang bisa membantu mengurangi rasa nyeri di perutmu ketika gejala PMS mulai menyerang. Sebab kandungan tadi dikatakan mampu menurunkan kadar estrogen dalam tuubuhmu, yang menjadi penyebab gejala PMS yang bergejolak tadi.

2. Dark Chocolate

https://www.cargill.com

Makanan yang satu ini ternyata bukan cuma enak, tapi jga bisa bantu balikin mood kamu kala gejala PMS, Smartgirl. Hal ini karena dark chocolate punya kandungan antioksidan yang tinggi. Ia bisa membantu peningkatan produksi hormon serotonin, yaitu salah satu hormon pemberi rasa bahagia di dalam tubuhmu, sehingga moodmu akan membaik setelahnya. Karenanya konsumsi cokelat ini ketika kamu tengah dijangkiti PMS bisa membantu mengurasi rasa sebalmu.

3. Air Putih dan Teh Herbal

https://sudy.co.hu

Seperti yang diketahui bahwa minum air putih dua liter sehari bisa memberikan efek detokfikisasi bagi tubuh, dengan melancarkan pengeluaran racun dalam tubuh. Nah, ternyata minum air putih teratur selama PMS juga bisa membantu kamu menghindari perut kembung dan nyeri perut. Begitu juga dengan teh herbal seperti teh hijau atau teh pepermint. Teh yang memiliki antioksidan juga ternyata bisa ngebantu kamu untuk meredakan kembung, mual, dan bikin perut nyaman ketika diminum hangat, sehingga menurunkan kram yang kamu rasakan.

4. Jus Nanas

https://www.arabiaweddings.com

Funfact tentang nanas yang selama ini selalu dikaitkan dengan keputihan dan juga bikin keguguran di perempuan, ternyata si kuning ini bisa mengatasi kram perut  lho. Semua itu karena nanas punya kandungan Bromelain, yaitu senyawa yang bisa membantu pengenduran otot-otot yang kram. Nah, minuman ini bisa kamu coba ya ketika otot perutmu sedang kencang dan mulas.

5. Alpukat

http://kauaiseascapesnursery.com

Buah yang satu ini memiliki kandungan yang kaya dengan asam lemak Omega-3. Dan konsumsi buah ini selama PMS bisa membantu meredakan inflamasi dan juga nyeri pra haid . Ia sekaligus bisa membantu mengatasi rasa melilit dan kram yang kamu rasakan.

Itu dia tadi makanan yang bisa membantu kamu melewati gejala PMS ya, Smartgirl. Konsumsi makanan tersebut secara cukup dan kontinyu akan memberikan dampak yang baik bagi tubuhmu. Dan ingat, hindari penggunaan obat pereda sakit ataupun jamu yang berbahan pengawet ketika kamu tengah diserang gejala PMS. Ambillah bahan-bahan alami dari sayuran maupun buah-buahan, agar tidak berefek negatif bagi rahimmu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.